Rencanakan Kehamilan Anda dengan Kalkulator Masa Subur

Rencanakan Kehamilan Anda dengan Kalkulator Masa Subur

Kalkulator masa subur dapat banyak Anda temukan online. Seperti namanya, kalkulator menghitung masa subur adalah untuk mengetahui kapan terjadinya ovulasi, karena setiap individu tentunya memiliki waktu ovulasi yang berbeda – beda.

Daftar isi:

  1. 1. Fakta Kalkulator Masa Subur Wanita
  2. 2. Fungsi Kalkulator Masa Subur Wanita
  3. 3. Kalkulator Masa Subur Pria
  4. 4. Hal yang Mempengaruhi Kesuburan Pria

Klik Untuk Donasi - Kanker Darah Mengancam Nyawa Qiana, Uluran Tanganmu Sangat Diharapkan!
Leukemia Limfoblastik Akut
Ni Made Qiana Adhista Putri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,145,008
  2. Pencapaian 39.99%
  3. Donatur 86

Fakta Kalkulator Masa Subur Wanita

Dalam menghitung masa subur seseorang, kalkulator ini harus mempunyai data siklus haid yang teratur. Apapbila tidak teratur, maka akan sulit untuk menghitung hari dimana Anda mengalami ovulasi. Perlu disadari bahwa kalkulator ini tidak 100% akurat, tapi pada beberapa kasus tertentu kalkulator masa subur sangatlah membantu.

Dengan menggunakan data Riwayat haid yang teratur, kalkulator ini akan mampu mengasumsikan kapan Anda mengalami fase luteal atau hari pertama haid.

Fungsi Kalkulator Masa Subur Wanita

Adapun fungsi dari menggunakan kalkulator masa subur adalah untuk mencegah kehamilan. Selain itu, banyak yang menjadikan metode ini sebagai KB alami tanpa mengandalkan obat – obatan. Orang – orang yang mengandalkan kalkulator ini akan menghindari hubungan seksual saat ovulasi, dan akan berhubungan intim saat tidak subur atau biasa dikenal dengan sebutan “safe day”.

Tidak ada cara hitung masa subur akurat dan berhasil, karena metode ini hanya menggunakan tanggal berdasarkan data yang sudah Anda input. Jadi, masih ada kemungkinan untuk bisa hamil meskipun berhubungan saat “safe day”.

Kalkulator masa subur friso adalah salah satu contoh kalkulator yang bisa Anda gunakan online. Selain menghitung masa subur wanita, website ini juga mengedukasi. Mulai dari menjelaskan kenapa kalkulator ini begitu penting.

Klik Untuk Donasi - Menderita Kanker Langka Stadium 4, Devino Butuh Pertolonganmu!
Neuroblastoma
Devino Athala Ardhani
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.14,795,045
  2. Pencapaian 100.12%
  3. Donatur 158

Kalkulator Masa Subur Pria

Tidak hanya wanita, pria juga memiliki masa subur. Bahkan, sekitar 20% masalah kesuburan merupakan salah dari pihak sang pria. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mempelajari tubuh Anda sendiri untuk menambah wawasan. Terutama menjelang melakukan program hamil bersama pasangan.

Selain melakukan hubungan seksual yang teratur, pastikan juga kalau Anda sedang dalam masa subur. Masa subur seorang pria tentunya berbeda dengan sang wanita. Secara umum, kualitas terbaik pria adalah pada umur 25 hingga 40 tahun.

Cara Menghitung

Masa subur pira dapat dihitung, salah satunya dengan menggunakan waktu. Berdasarkan jurnal Chronobiology International masa subur pria umumnya adalah sebelum jam 7.30 pagi. Pada saat bagi, kualitas sperma pria adalah yang terbaik.

Penelitian jurnal tersebut tentunya tidak dilakukan di Indonesia, lantas bagaimana? Di negara tropis Indonesia, masa suburnya adalah saat subuh hingga pagi hari saat suhu udara belum terlalu panas. Hal ini karena cuaca juga dapat mempengaruhi kualitas dari sperma yang dihasilkan pria.

Klik Untuk Donasi - Bantu Fitri Lunasi Biaya Tagihan Rumah Sakitnya
Demam Tifoid
Laila Maulida Fitri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,340,596
  2. Pencapaian 100.25%
  3. Donatur 111

Hal yang Mempengaruhi Kesuburan Pria

Selain cuaca, kesuburan pria juga dapat terganggu oleh banyak hal lainnya. Berikut adalah daftarnya:

  • Umur, penurunan masa subur biasanya terjadi saat usia 40 tahun ke atas.
  • Berat badan berlebih
  • Konsumsi Alkohol dan Rokok
  • Mengonsumsi obat yang membuat hormone tidak seimbang
  • Sering terpapar bahan kimia berbahaya
  • Stress
  • Penis sering terkena suhu panas
  • Melakukan aktivitas fisik yang melelahkan dan duduk terlalu lama.

Tidak seperti wanita yang masa suburnya dapat dilihat dari fisiknya, pria terus memproduksi sperma dan disimpan pada testis untuk digunakan kapan saja. Menjaga dan melakukan pola hidup sehat adalah cara yang terbaik.

Berdasarkan paparan di atas, kalkulator masa subur tidaklah 100% akurat. Untuk menjaga kesuburan, baik pria dan wanita harus menerapkan pola hidup sehat dan memiliki gizi yang seimbang. Akan tetapi, kalkulator masa subur tetaplah berguna sebagai sebuah pedoman untuk merencanakan kehamilan Anda.

Yuk download aplikasi WeCare.id di ponselmu agar kamu bisa bersedekah kapanpun dan dimanapun!

download_app

Referensi:

Upahita, Damar. 2020. Kapan Masa Subur Pria dan Bagaimana Cara Menghitungnya?. Hellosehat.com.
Friso. Kalkulator Masa Subur. Friso.co.id.
Karnesyia, Annisa .2020. 3 Fakta Kalkulator Masa Subur yang Harus Bunda Tahu. Haibunda.com.