Ternyata ini Manfaat Membaca Buku

Ternyata ini Manfaat Membaca Buku

Apakah kamu termasuk orang yang gemar membaca buku? Atau mungkin seseorang yang ingin memulai kebiasaan tersebut? Tak disangka, ternyata membaca buku memiliki banyak manfaat. Di artikel ini, terdapat beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menjadikannya sebagai rutinitas.

Klik Untuk Donasi - Berbagi Buku Untuk Tingkatkan Literasi Anak Indonesia
  1. Terdanai Rp.81,366,000
  2. Pencapaian 17.69%
  3. Donatur 17

Daftar isi:

  1. 1. Memperkuat Fungsi Otak
  2. 2. Mengurangi Stress
  3. 3. Membantu Meminimalisasi Resiko Alzheimer
  4. 4. Menumbuhkan Empati
  5. 5. Membantu Mengurangi Gejala Depresi
  6. 6. Meningkatkan Kualitas Tidur
  7. 7. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Memperkuat Fungsi Otak

Semakin sering membaca ternyata bisa meningkatkan fungsi otak. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian di dunia. Para peneliti mengatakan bahwa dengan membaca buku, jaringan – jaringan di dalam otak dapat menjadi lebih kuat.

Mengurangi Stress

Stress adalah hal yang dapat menghampiri kapan saja, penyebabnya bisa dari pekerjaan, lingkungan hingga hal – hal yang dianggap sepele. Ada berbagai cara untuk mengatasi hal ini, dan ternyata salah satunya adalah dengan membaca buku.

Menurut para peneliti dari University of Sussex, dengan membaca selama 6 menit kamu sudah menurunkan tingkat stresmu. Hal ini karena adanya imajinasi yang muncul pada saat membaca buku. Imajinasi tersebut dapat menjadi pengalih perhatian, sehingga dapat melupakan stress yang dialami untuk sejenak.

Membantu Meminimalisasi Resiko Alzheimer

Pada fase lanjut usia, penurunan kemampuan mental dapat menghantuimu. Salah satu jenis penyakitnya adalah Alzheimer. Penyakit yang menyerang daya ingat ini, belum diketahui penawarnya. Nah, membaca diketahui sebagai suatu aktivitas sehari – hari yang dapat membantu mencegah Alzheimer.

Mengapa bisa demikian? Menurut penelitian dari American Academy of Neurology, membaca buku adalah olahraga otak yang dapat menstimulasi kebiasaan untuk mengolah ingatan dan pikiran. Maka dari itu, dengan membaca kamu juga melakukan olah raga terhadap otakmu, sehingga kemampuan berkonsentrasi dan daya ingat tetap stabil.

Bantu Bangun Jembatan dan Perpustakaan untuk SDN 1 Mejusi Timur

Terdapat penelitian – penelitian yang menemukan bahwa salah satu manfaat membaca buku adalah melatih kemampuan berempati. Hal ini berlaku untuk kamu yang gemar membaca sastra dan fiksi. Dengan demikian, kamu bisa memahami perasaan yang merupakan salah satu kemampuan penting dalam bersosialisasi.

Membantu Mengurangi Gejala Depresi

Stress berbeda dengan depresi. Masalah mental yang banyak mengambil nyawa ini memang menakutkan. Apabila kamu merasa sedang mengalaminya, segera hubungi tenaga medis yang ahli, seperti psychiatrist. Saat sudah berkonsultasi, kamu bisa mencoba untuk membaca buku fiksi.

Aktivitas tersebut dapat mengalihkan pikiranmu dari dunia untuk sementara waktu, sehingga dapat membantu meringankan gejala depresi. Selain membaca, kamu juga bisa mencoba terapi musik untuk membantu pengobatan yang telah kamu terima.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Terdapat sejumlah dokter yang menyarankan untuk membiasakan membaca buku sebelum tidur. Dengan adanya rutinitas tersebut, kamu bisa merasa lebih nyenyak saat tidur. Untuk hasil yang lebih baik, bacalah buku kertas daripada buku digital, karena penggunaan layar saat membaca buku digital dapat membuatmu terjaga dan tidak mengantuk.

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Dengan membaca kamu sudah memperluas pengetahuan, baik fiksi maupun non-fiksi. Buku non-fiksi sudah jelas manfaatnya adalah ilmu sesuai dengan topik yang ada dalam bukunya. Lalu bagaimana dengan buku – buku fiksi?

Buku – buku fiksi memiliki banyak kosakata, sehingga dengan membacanya kamu secara tidak langsung dapat mempelajari kosakata yang baru. Selain itu, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, buku fiksi juga dapat menstimulasi imajinasi otak. Kamu bisa berpikir lebih kreatif dan juga melupakan sejenak masalah yang ada di sekitarmu.

Itulah beberapa manfaat membaca buku yang bisa kamu rasakan. Mari jadikan membaca buku sebagai suatu rutinitas di waktu luang.  Sayangnya, terdapat banyak dari kita yang tidak beruntung, terdapat banyak anak yang kekurangan bahan baca. Dengan bersedekah di link WeCare.id ini, kamu sudah membantu dalam memerangi tuna aksara pada anak – anak Indonesia, ayo berdonasi sekarang!

Untuk info menarik dan bermanfaat lainnya bisa dengan mudah kita dapatkan hanya dengan men-download aplikasi WeCare.id di App Store atau Play Store

Klik Untuk Donasi - Bantu Para Penghafal Qur’an mendapatkan 500 kacamata
Bantu Para Penghafal Qur’an menda...
500 kacamata gratis
Oleh Medikator WeCare.id
  1. Terdanai Rp.4,834,800
  2. Pencapaian 1.67%
  3. Donatur 72

Referensi:

Anonim. 2018. Biasakan Membaca Buku dan Temukan Manfaat Istimewanya!. Diakses dari: https://www.gramedia.com/blog/manfaat-istimewa-membaca-buku/ 

Anonim. 2020. 7 Manfaat Membaca Buku Setiap Hari. Diakses dari: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200423134129-284-496531/7-manfaat-membaca-buku-setiap-hari/ 

Fadhli, Makarim. 2020. 6 Manfaat Membaca Buku untuk Otak. Diakses dari: https://www.halodoc.com/artikel/manfaat-membaca-buku-untuk-otak/ 

Sepriani, Limbong. 2020. Beragam Manfaat Membaca bagi Kesehatan Anda, Apa Saja?. Diakses dari: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3047010/beragam-manfaat-membaca-bagi-kesehatan-anda-apa-saja/

Sumber Foto: Unsplash.com