Mengenal 5 Manfaat Essential Oil

Mengenal 5 Manfaat Essential Oil

Essential oil adalah minyak yang diperoleh dari hasil distilasi bahan tertentu. Minyak ini memiliki karakteristik yang wangi dan encer. Produk ini umumnya dijual secara bebas dan dibuat dari bahan-bahan alami, mulai dari aneka rempah, bunga-bungaan, buah, hingga tanaman herba.

Secara umum, minyak esensial dipercaya mengandung sejumlah manfaat bagi kesehatan. Asyiknya, kamu kini bisa menemukan minyak tersebut di hampir semua tempat, mulai dari toko obat hingga swalayan, dan membelinya dengan harga sangat terjangkau.

Menurut para ahli, inilah macam-macam manfaat dari minyak esensial jika digunakan secara rutin:

Klik Untuk Donasi - WeCare.id #UsahaBareng GandengTangan
  1. Terdanai Rp.36,885,076
  2. Pencapaian 70.97%
  3. Donatur 283

Meningkatkan Kualitas Tidur

Beberapa essential oil dengan aroma lembut seperti lavender, kamomil, atau mawar terbukti mampu membuat tidurmu lebih nyenyak. Aroma minyak tersebut juga dipercaya bisa mengatasi gangguan tidur, seperti insomnia, apabila digunakan secara rutin.

Untuk mendapat manfaatnya, kamu bisa mengoleskan minyak tersebut ke leher atau memakai diffuser sebelum tidur. Jika dipakai secara rutin dalam beberapa minggu, kamu akan meras tidurmu makin berkualitas setiap malam.

Mengurangi Stres dan Kecemasan

Stres dan kecemasan adalah masalah yang rentan muncul pada remaja dan orang dewasa. Meski sering dianggap sepele, kedua hal tersebut dapat memicu hadirnya penyakit serius pada tubuh, mulai dari penyakit dalam hingga gangguan kesehatan mental.

Untungnya, beberapa essential oil terbaik, seperti essenzo essential oil atau young living essential oil, mampu menstimulasi pikiran untuk memerangi stres dengan cara memberikan efek relaksasi secara berkelanjutan. Beberapa jenis aroma lain yang ampuh meredakan stres adalah bergamot, lemon, spearmint, citrus, dan vanili.

Klik Untuk Donasi - Bantu Pembudidaya Ikan yang Kesulitan Saat Pandemi!
  1. Terdanai Rp.5,849,464
  2. Pencapaian 16.88%
  3. Donatur 154

Meningkatkan Kualitas Imun Tubuh

Salah satu hikmah di balik merebaknya pandemi Covid-19 adalah meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kualitas imun tubuh yang baik. Untungnya, beberapa jenis essential oil memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas imun tubuh dengan cara memperkuat sistem pernapasan, menstimulasi produksi antibodi, dan menjaga tubuh tetap segar.

Minyak pohon teh, kayu putih, pinus, rosemary, dan helichrysum adalah beberapa produk yang sangat direkomendasikan. Jika mau, Anda pun bisa membuat campuran minyak esensial dari kayu manis, air lemon, dan kayu putih untuk meningkatkan efeknya.

Mencegah dan Mengobati Gigitan Serangga

Sebagai penduduk negara tropis, gigitan serangga merupakan hal yang tak terhindarkan. Rasa gatal akibat gigitan serangga tak hanya membuat orang dewasa merasa tidak nyaman, tetapi dapat membuat bayi rewel, atau bahkan memicu berbagai penyakit, seperti demam berdarah dan malaria.

Untuk melindungi diri dan keluarga, kamu bisa memakai beberapa jenis minyak esensial yang dikenal ampuh mencegah dan mengobati gigitan serangga, yaitu minyak pepermin, sereh, geranium, juniper, dan kayu cedar. Cara mengaplikasikannya sangat mudah, kamu hanya perlu mengosokkan minyak tersebut ke kulit yang terasa gatal atau kulit yang tidak tertutup oleh pakaian.

Menghilangkan Bau Tak Sedap

Jika Anda kerap mengalami masalah dengan bau tak sedap yang muncul di sekitar rumah atau ruangan, penggunaan minyak esensial bisa menjadi solusi yang cepat, mudah, dan murah. Tak sekadar menghilangkan bau, minyak juga bisa membuat ruangan atau area di sekitar rumah terasa lebih wangi dan segar.

Minyak cengkih, verbana, citronella, vanili, lemon, dan sereh adalah beberapa pilihan yang dikenal ampuh menyerap dan menghilangkan bau menyengat. Untuk penggunaannya, kamu hanya perlu menyemprotkan minyak tersebut langsung ke sumber bau. Aplikasikan beberapa kali dalam sehari apabila bau tersebut tak kunjung hilang.

Demikianlah beberapa manfaat essential oil bagi penggunanya. Selain poin-poin di atas, sebenarnya masih banyak fungsi lain dari produk tersebut apabila dipakai secara rutin, termasuk mencegah munculnya penyakit berbahaya seperti gangguan pernapasan. 

Sayangnya, tidak semua masalah gangguan pernapasan dapat dicegah dengan minyak esensial. Banyak dari saudara kita yang membutuhkan perawatan ekstra. Untuk itu, mari tunjukkan kepedulian terhadap mereka dengan berdonasi untuk pasien tidak mampu  yang bisa Anda temukan di situs web dan aplikasi resmi WeCare.id.

download_app

Referensi

Dr. Michael Breus (2018). 7 Essential Oils For Relaxation And Better Sleep. thesleepdoctor.com

Aroma Essential; 12 Essential Oil Diffuser Benefits You Need to Know About. Diakses pada 2020

Cathy Wong (2020) An Overview of Essential Oil. verywellhealth.com