Mau Ambil Cuti Tahunan? Ini Kalender 2021 Indonesia Buat Kamu

Mau Ambil Cuti Tahunan? Ini Kalender 2021 Indonesia Buat Kamu

Tahun sudah berganti. Saatnya membuka lembaran baru dan pastinya hari libur baru. Tahun ini adalah tahun yang istimewa bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, hari raya Idul Fitri 1441 H jatuh hampir bersamaan dengan hari kenaikan Isa Al Masih. Hal itu membuat tanggal merah 2021 memenuhi 10 hari terakhir bulan itu. 

Menarik, bukan? Namun, apa itu saja hal menarik dari sistem kalender tahun ini? Yuk, cari tahu!

Daftar isi:

  1. 1. Kalender Indonesia 2021
  2. 2. Kalender-Kalender Lain di Indonesia

Klik Untuk Donasi - Tiap Detik Nyawanya Terancam, Yuk Bantu Biaya Cangkok Hati untuk Nisa
Atresia Bilier
Khairul Nisa Salsabila
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.27,673,789
  2. Pencapaian 9.63%
  3. Donatur 764

Kalender Indonesia 2021

Setiap akhir tahun, kamu pasti sudah mendapatkan kalender tahun berikutnya, bukan? Kamu tahu tidak kalau sebenarnya rapat perumusan kalender 2021 sudah dilakukan pada September 2020, lho.

Rapat Tingkat Menteri (RTM) itu dipimpin oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. Rapat tersebut dihadiri oleh Menteri Agama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Tenaga Kerja, Menteri Perhubungan, dan Menteri PAN-RB. RTM tersebut menyepakati bahwa jumlah hari libur ditambah cuti bersama di kalender 2021 Indonesia adalah 23 hari.

Hari Libur dan Cuti Bersama

Berdasarkan jumlah hari libur, Indonesia menempati peringkat kelima bersama Thailand, Turki, dan Pakistan. Namun, posisi tersebut bisa naik ke peringkat ketiga, bahkan kedua, jika libur cuti bersama diikutsertakan. 

Penentuan libur nasional tidak sembarangan dilakukan. Sebagaimana negara lain, Indonesia juga menetapkan hari libur berdasarkan momen penting, seperti hari kelahiran Pancasila dan hari kemerdekaan. Sisanya adalah hari raya tiap agama di Indonesia. Semuanya ditentukan dengan mempertimbangkan laju pertumbuhan ekonomi dan pengaturan lalu lintas setelah Idul Fitri.

Klik Untuk Donasi - Nyawa Arkhan Terancam karena Kanker Darah, Yuk Bantu Arkhan Bertahan Hidup!
Leukemia
Arkhan Rizqhi Hasan
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.29,083,000
  2. Pencapaian 42.15%
  3. Donatur 541

Berikut hari libur berdasarkan kalender Indonesia 2021.

1 Januari : tahun baru

12 Februari : tahun baru Imlek

11 & 12 Maret : Isra Mikraj Rasulullah SAW dan cuti bersama

14 Maret : hari raya Nyepi

2 April : wafat Isa Al Masih

1 Mei : hari buruh Internasional

12 Mei : cuti bersama Idul Fitri

13 Mei : kenaikan Isa Al Masih

13 & 14 Mei : hari raya Idul Fitri

17–19 Mei : cuti bersama Idul Fitri

26 Mei : hari raya Waisak

1 Juni : hari lahir Pancasila

20 Juli : hari raya Idul Adha

10 Agustus : tahun baru Hijriyah

17 Agustus : hari Kemerdekaan RI

19 Oktober : Maulid Rasulullah SAW

24 & 27 Desember : cuti bersama Natal

25 Desember : hari raya Natal

So, di tanggal berapa kamu akan ambil cuti?

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

Kalender-Kalender Lain di Indonesia

Berdasarkan daftar hari libur di atas, kamu pasti bisa melihat bahwa ada tahun baru Hijriyah. Penentuan tanggal tersebut didasarkan pada kalender hijriyah. Kalender ini ditentukan berdasarkan revolusi bulan. Dalam sekali putaran mengelilingi bumi, bulan membutuhkan waktu 29,5 hari. Hal itulah yang membuat kalender ini lebih cepat dibandingkan kalender kita. 

Lalu, apa kamu tahu bahwa pendidikan juga memiliki kalender? Kalender pendidikan bisa dibilang unik. Pasalnya, kalender ini dimulai pada pertengahan tahun dan berakhir pada pertengahan tahun berikutnya. Seperti kalender pada umumnya, kalender ini juga memiliki hari libur. Namun, hari libur ini hanya berlaku bagi siswa, ya. Kalender ini juga mengenal hari pertama masuk sekolah, ujian, hingga pembagian rapor.

Apa kamu orang Jawa? Jika iya, kamu perlu mengenal kalender Jawa. Kalender ini adalah gabungan dari sistem penanggalan Romawi, Hindu, dan Islam. Sistem ini pertama kali digunakan pada masa pemerintahan Raja Mataram Adi Prabu Hanyakrakusuma.

Klik Untuk Donasi - Sejak Lahir Giska Alami Katarak, Bantuanmu Sangat Diharapkan!
Gangguan Pendengaran, Katarak Konge...
Giska Alea Putri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.5,091,539
  2. Pencapaian 6.28%
  3. Donatur 46

Berbeda dari kalender Indonesia, kalender ini memiliki dua siklus hari: siklus mingguan dan siklus pekan pancawara. Siklus pekan pancawara yang juga disebut hari pasaran terdiri dari Paing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi. Tiap-tiap hari dalam siklus mingguan maupun pasaran memiliki bobot tersendiri. Keduanya biasa digunakan untuk menentukan hari baik menurut kepercayaan masyarakat Jawa.

Setelah mengetahui kalender 2021, kamu bisa memberikan informasi ini kepada orang lain. Kamu juga bisa berbagi manfaat dengan membantu pasien yang membutuhkan di WeCare.id! Cukup download aplikasi WeCare.id, donasimu akan bermanfaat lho bagi masyarakat di Indonesia yang tidak mampu dalam membiayai pengobatan!

download_app

Referensi:

Kominfo.go.id. (2020). Pemerintah Tetapkan Libur Nasional dan Cuti Bersama 2021.