Inilah Manfaat Saffron, Rempah Termahal di Dunia!

Inilah Manfaat Saffron, Rempah Termahal di Dunia!

Ketika berbicara soal manfaat saffron, rempah termahal di dunia, orang pasti akan langsung mengaitkannya dengan bahan kuliner. Saffron adalah kepala putik dari bunga Crocus Sativus yang dikeringkan. Kata saffron berasal dari bahasa Arab zafaran, yang berarti kuning. Berdasarkan salah satu referensi sejarah disebutkan bahwa saffron pertama kali digunakan di Mesir Kuno dan penggunanya adalah Cleopatra dan Firaun lainnya.

Klik Untuk Donasi - Bantu Bangun Asrama Kucing Terlantar
  1. Terdanai Rp.6,590,779
  2. Pencapaian 6.28%
  3. Donatur 77

Rempah yang selama berabad-abad telah dibudidayakan di Iran, India, dan Eropa Selatan ini harga satu ponnya bisa mencapai 5.000 dolar Amerika. Yang membuat saffron mahal adalah karena untuk memanen saffron diperlukan banyak pekerjaan menggunakan tangan, mulai dari memetik bunganya dan memisahkan kepala putik dari bunganya. Untuk menghasilkan satu pon atau sekitar 500 gr saffron harus memetik sekitar 170.000 bunga. Maka tak heran harganya mahal sekali. Selain itu, manfaat saffron juga sudah dikenal sejak dulu. Dalam budaya kuno, saffron digunakan untuk meredakan sakit perut dan batu ginjal dan meningkatkan sirkulasi darah.

Beragam Manfaat Saffron

Selain digunakan dalam kuliner seperti yang banyak digunakan di Iran, India dan beberapa negara Eropa seperti Spanyol, Belanda, Italia, India dan Afganistan, manfaat saffron lainnya adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat saffron untuk membantu meningkatkan suasana hati serta menjadi tambahan yang berguna untuk pengobatan depresi sudah dibuktikan melalui beberapa studi. Hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Ilmu Kedokteran Tehran, Iran, menemukan bahwa ekstrak dari saffron dapat meningkatkan kadar dopamin dalam otak dengan tidak mengubah kadar hormon otak yang lainnya, contohnya serotonin.

Sementara para peneliti dari Universita Ilmu Kedokteran Mashhad memperlihatkan bahwa dengan mengkonsumsi saffron sebanyak 30 mg tiap hari bisa menghasilkan efek yang sama seperti obat yang digunakan untuk pengobatan depresi ringan sampai sedang. Walaupun sudah direkomendasikan untuk digunakan dalam penggunaan terapi memperbaiki mood atau suasana hati, manfaat saffron untuk digunakan dalam pengobatan gejala depresi dianggap terlalu dini.

Antioksidan yang Kuat

Selain meningkatkan suasana hati, manfaat saffron lainnya terdapat dalam kandungan beragam senyawa tanaman yang dimilikinya. Senyawa tersebut berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan safron yang terkenal di antaranya crocin, safranal, crocetin, dan kaempferol. Crocetin dan crocin diperkirakan mempunyai sifat antidepresan, memberikan perlindungan bagi sel-sel otak dari kerusakan progresif, memperbaiki peradangan, mengurangi nafsu makan serta membantu penurunan berat badan. 

Sementara safranal menurut penelitian yang dilakukan Universitas Ilmu Kedokteran Mashhad menunjukkan bahwa senyawa tersebut bisa membantu meningkatkan suasana hati, kemampuan belajar, memori, dan melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif.

Yang terakhir kaempferol, diketahui dikaitkan dengan manfaat kesehatan, di antaranya mengurangi peradangan, aktivitas antidepresan, dan sifat antikanker.

Mengurangi gejala PMS

Sering sakit saat PMS? Manfaat saffron berikut ini bisa dirasakan kaum wanita. Saffron juga bisa berfungsi untuk mengurangi gejala sebelum menstruasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada perempuan dengan usia antara 20 dan 45 tahun diketahui bahwa mereka yang mengonsumsi 30 mg saffron tiap hari mengalami gejala PMS yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang mengonsumsi plasebo. Sementara untuk mereka yang mencium saffron sekitar 20 menit, kadar hormon kortisolnya, yaitu hormon stres, lebih rendah. Ini juga bisa berkontribusi untuk penurunan gejala PMS.

Klik Untuk Donasi - Menderita Kanker Mata Stadium Lanjut, Yuk Bantu Adik Dini Berjuang Melawan Penyakitnya!
Kanker Mata
Dini Cahyani
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.5,020,891
  2. Pencapaian 79.35%
  3. Donatur 87

Kemungkinan Memiliki Sifat Melawan Kanker

Karena kaya akan antioksidan, manfaat saffron lainnya yaitu membantu menetralkan radikal bebas yang berbahaya yang dihubungkan dengan penyakit kronis, contohnya kanker. Pada studi In vitro yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Chicago, Amerika Serikat, saffron dan senyawanya telah terbukti membunuh sel kanker usus besar secara selektif atau menekan pertumbuhannya, dengan tidak merusak sel normal.

Efek yang sama juga berlaku untuk kanker kulit, prostat, sumsum tulang, payudara, paru-paru, leher rahim, dan beberapa sel kanker lainnya. Terlebih lagi, studi in vitro telah menemukan bahwa senyawa crocin bisa membuat sel kanker lebih sensitif terhadap obat kemoterapi.

Meningkatkan Gairah Seks

Mungkin manfaat saffron yang ini sangat membantu untuk para pasangan suami istri karena Saffron juga dapat meningkatkan gairah seks dan fungsi seksual pada pria dan wanita. 

Para peneliti dari Universitas Ilmu Kedokteran Mashhad meninjau efek saffron pada masalah kesuburan pria dan mencatat bahwa meski mempunyai efek positif pada disfungsi ereksi dan dorongan seks secara keseluruhan, tapi saffron tidak mengubah kelangsungan hidup air mani.

Bangun Hunian Layak Untuk Saudara Terdampak Bencana!<3

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Ilmu Kedokteran Tehran mengamati efek pada perempuan yang dilaporkan mengalami disfungsi seksual karena mengonsumsi antidepresan fluoxetine. Perempuan yang mengonsumsi saffron 30 mg tiap hari selama 4 minggu, hasrat seksual dan lubrikasi vagina mereka mengalami peningkatan dibandingkan dengan perempuan yang mengonsumsi plasebo.

Sesudah mempelajari manfaat saffron, kamu bisa terus sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

Referensi

Hasan, I. et al. (2011). The incredible health benefits of saffron: A Review. jprsolutions.info.
Johnson, J. (2019). What are the health benefits of saffron? medicalnewstoday.com.
Raman, R (2019). 11 Impressive Health Benefits of Saffron. healthline.com.
Singletary, K. (2020). Saffron. journals.lww.com.

Sumber Featured Image :  Ulrike Leone dari Pixabay