Jahe, Daun Kelor, dan Saffron, Trio Penjaga Imunitas Tubuh

Jahe, Daun Kelor, dan Saffron, Trio Penjaga Imunitas Tubuh

Menjaga imunitas tubuh semakin penting pada masa pandemi seperti sekarang. Kamu bisa mencoba ramuan herbal dari beragam tanaman obat dan rempah sebagai solusi alaminya. Jahe, daun kelor, serta saffron adalah contoh tanaman dengan sejuta manfaat, termasuk menjaga daya tahan tubuhmu. Bagaimana caranya?

Klik Untuk Donasi - Sedekah bibit pohon untuk petani kurang mampu di Kalimantan untuk pengobatan di KLINIK ASRI
  1. Terdanai Rp.12,889,501
  2. Pencapaian 11.16%
  3. Donatur 168

Khasiat Jahe, Daun Kelor, dan Saffron

Kamu mungkin sudah kenal manfaat jahe sebagai bahan obat herbal, namun bagaimana dengan daun kelor dan saffron? Walau merupakan tanaman yang jauh berbeda, ketiganya ternyata sama-sama memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan mengurangi efek stres. Yuk, simak penjelasan masing-masing!

Jahe

Jahe, terutama jahe merah, memiliki efek menghambat efek oksidasi akibat stres yang bisa menurunkan daya tahan tubuh. Menurut Mashhadi dan kawan-kawan (2013) dalam Leech (2020), jahe mengandung komponen antioksidan seperti gingerol, shogaol, dan paradol. Ketiganya bermanfaat mengurangi efek antioksidasi akibat stres dan polusi.

Manfaat jahe merah bukan sebatas pada ketahanan tubuh. Minyak alami di dalamnya memberi rasa hangat pada perut, cocok sebagai penghilang mual. Jahe merah juga membantu tubuh menghadapi hawa dingin terutama saat musim hujan serta mengurangi efek peradangan dalam tubuh.

Daun Kelor

Manfaat daun kelor juga tidak kalah dari jahe. Menurut Chumark dan kawan-kawan dalam Arnarson (2020), ekstrak daun kelor (moringa leaves) memiliki bahan aktif pencegah radikal bebas akibat stres. Contohnya adalah suplemen alami quercetin yang menurunkan tekanan darah serta beta-karoten dan vitamin C yang menjaga imunitas tubuh.

Khasiat daun kelor juga hadir pada efek pengurangan radang, seperti jahe. Efek ini tidak hanya hadir dalam ekstrak daunnya, tetapi juga biji.

Saffron

Saffron terkenal sebagai rempah berbentuk serabut berwarna kemerahan yang berbau harum dan berharga mahal. Akan tetapi, manfaat saffron tidak terbatas pada makanan! Menurut Rena Goldman dan Natalie Butler, R. D, L. D (2017), mengonsumsi saffron dalam bentuk seduhan bisa memberimu manfaat kesehatan, terutama untuk daya tahan tubuh.

Saffron mengandung antioksidan dan flavonoid yang penting untuk mengatasi radikal bebas. Secara alami, komponen ini hadir untuk mencegah jamur menyerang tanaman saffron. Walau belum ada hasil penelitian yang benar-benar pasti, manfaat saffron bisa kamu tambahkan ke dalam upaya menjaga kesehatan secara alami.

Klik Untuk Donasi - WeCare.id #UsahaBareng GandengTangan
  1. Terdanai Rp.36,885,076
  2. Pencapaian 70.97%
  3. Donatur 283

Bagaimana Cara Mengonsumsi Mereka?

Pertama, kamu harus ingat bahwa tanaman herbal adalah alat pendukung dalam menjaga kesehatan tubuh. Makan makanan bergizi, tidur cukup, dan berolahraga ringan secara rutin tetap cara paling ideal dalam menjaga imunitas. Akan tetapi, kamu bisa menambah manfaat herbal ke dalamnya.

Kamu bisa memilih antara jahe, daun kelor, atau saffron, tergantung mana yang paling mudah kamu temukan. Lakukan cara-cara ini untuk menjaga daya tahan tubuh:

  • Bakar sepotong jahe di atas kompor lalu seduh dengan air panas. Minum sekali sehari
  • Rebus dua sendok makan daun kelor kering dalam seliter air sampai berkurang setengah. Saring dan minum setiap hari
  • Masukkan sejumput saffron ke dalam segelas air hangat, biarkan larut selama dua hingga tiga menit sebelum meminumnya sekali sehari

Semua minuman herbal ini bukan obat ajaib, namun kamu akan mendapat khasiat tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh. Jadi, pastikan kamu menyeimbangkan konsumsi tumbuhan herbal dengan gaya hidup sehat.

Mengingat pentingnya menjaga daya tahan tubuh agar tidak sakit, kamu bisa membantu meringankan beban orang lain yang mengalami kondisi medis agar cepat sembuh. Yuk, bantu mereka dengan donasi lewat WeCare.id. Unduh segera lewat Apple Store dan Google Play Store, dan buat aktivitas donasimu lebih mudah!

download_app

Referensi:

Butler, N., Goldman, R. (2017). Saffron Tea: 5 Benefits and How to Make It.
Anarson, Atli. 6 Science-Based Health Benefits of Moringa Oleifera.
Leech, Joe. 11 Proven Health Benefits of Ginger.