Ini Ukuran Suhu Tubuh Normal Orang Sehat

Ini Ukuran Suhu Tubuh Normal Orang Sehat

Di saat pandemi seperti sekarang, suhu tubuh seseorang seringkali diukur sebelum memasuki ruangan publik tertentu. Umumnya suhu tubuh normal orang dewasa berkisar di angka 36,5-37,2 derajat Celcius. Sementara suhu tubuh normal orang tua dan anak-anak berada di kisaran sedikit lebih rendah.

Klik Untuk Donasi - Bantu Tenaga Medis Melawan Covid-19!
  1. Terdanai Rp.7,420,000
  2. Pencapaian 0.74%
  3. Donatur 175

Apa sih sebenarnya suhu tubuh itu? Suhu tubuh merupakan ukuran kemampuan tubuh seseorang untuk menghasilkan dan membuang hawa panas. Suhu tubuh seseorang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang beragam. Selain itu, suhu tubuh seseorang dapat dipakai untuk mengukur kondisi kesehatan tubuhnya.

Daftar isi:

  1. 1. Ini Hal yang Memengaruhi Suhu Tubuh Manusia
  2. 2. Indikator Apa saja jika Suhu Tubuh Tinggi?

Ini Hal yang Memengaruhi Suhu Tubuh Manusia

Sebenarnya suhu tubuh normal seseorang berbeda tergantung pada beberapa faktor yaitu usia, jenis kelamin, dan waktu serta seberapa aktif seseorang itu sepanjang hari. Oleh karenanya, bisa dikatakan tidak ada kepastian suhu tubuh yang normal.  Suhu tubuh seseorang dapat bervariasi. Suhu tubuh yang lebih panas pun belum tentu menunjukkan kondisi kesehatannya lebih buruk dari yang lebih rendah. 

Suhu tubuh manusia harian dipengaruhi oleh banyak hal-hal berikut ini:

  • Aktivitas olahraga yang dilakukan, status hidrasi, dan baju yang dipakai. 
  • Usia:  Suhu badan merupakan gambaran adanya metabolisme yang lebih cepat dari seseorang dengan usia lebih muda. 
  • Jenis kelamin juga memengaruhi suhu tubuh seseorang: umumnya suhu tubuh seorang  pria lebih tinggi jika dibandingkan dengan wanita akibat jumlah lemak di tubuhnya.  Suhu tubuh normal di antara  wanita sendiri bisa berbeda-beda tergantung siklus haid bulanan masing-masing.
  • Cuaca: Suhu tubuh manusia sewaktu tidur di malam hari akan mengalami penurunan dan mencapai titik terendah pada pukul 04.00 pagi. Sebaliknya di siang hari suhu tubuh akan terus mengalami peningkatan dan mencapai puncaknya pada pukul 17.00 sore.

GERAKAN 1.000.000 FACE SHIELD UNTUK INDONESIA

Indikator Apa saja jika Suhu Tubuh Tinggi?

Jika suhu tubuh  melebihi 40 derajat Celcius, bisa saja seseorang itu mengalami hipertermia. Hipertermia yaitu kondisi saat tubuh mengalami kegagalan dalam mengatur suhunya dan menyebabkan suhu tubuh terus naik. Apabila suhu tubuh mencapai 41,1 derajat Celcius, seseorang dikatakan mengalami hiperpireksia.

  • Hipertermia – suhu tubuh yang tinggi di luar kendali sistem pengaturan suhu tubuh – bila berkelanjutan dapat mengakibatkan dehidrasi akut dan organ tubuh seperti otak dapat mengalami kerusakan permanen. 
  • Hipertermia ini biasanya disebabkan adanya heatstroke atau sengatan panas di tubuh dan tidak mampu mendinginkan tubuhnya sewaktu ada di lingkungan panas.
  • Seseorang yang mengalami demam tidak dapat digolongkan pada penyakit  hipertermia. Penyakit demam disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri serta masih dalam kendali sistem pengaturan suhu tubuh.

Jadi, kapan saatnya kita memeriksakan diri ke dokter saat mengalami panas tinggi? Jika orang dewasa suhu tubuhnya telah mencapai 39,4 derajat Celcius dan anak-anak telah mencapai 38 derajat Celcius, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan  penanganan medis.

Nah, itulah penjelasan tentang kondisi suhu tubuh normal  manusia dan gambaran kondisi kesehatannya saat suhu tubuh meningkat. Pastikan untuk tetap waspada apabila suhu tubuhmu meningkat. Jangan lupa lakukan hal spesial bagi sesama ya! Mulailah dengan membantu pasien penderita berbagai penyakit. 

Klik Untuk Donasi - Alami Kejang dalam 10x Sehari, Adik Arfa Butuh Pertolonganmu!
Epilepsi, Cerebral Palsy, Mikrosefa...
Arfa Munayang
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,985,000
  2. Pencapaian 6.90%
  3. Donatur 25

Kunjungi situs WeCare.id atau unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau Play Store agar kamu lebih mudah saat berdonasi. Yuk, jangan tunda lagi untuk membantu sesama di WeCare.id. Uluran tanganmu akan sangat membantu kondisi mereka yang sedang sakit khususnya di saat pandemi ini agar dapat segera sembuh dari penyakit yang diderita.

Referensi :

Dr.Kevin Adrian (2021), Memahami Suhu Tubuh, Diakses pada 25/5/2021 dari link https://www.alodokter.com/memahami-suhu-tubuh.

Gading Perkasa (2020), Berapa sebenarnya suhu tubuh normal manusia? Diakses pada 26/5/2021 dari link https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/10/151933120/berapa-sebenarnya-suhu-tubuh-normal-manusia?page=all

Sumber Foto: Pixabay.com