Inilah 7 Fakta Menarik Tentang Suhu Tubuh

Inilah 7 Fakta Menarik Tentang Suhu Tubuh

Tahukah kamu bahwa suhu tubuh bisa mengungkapkan banyak hal mengenai kesehatan tubuhmu? Menurut Johns Hopkins Medicine dari empat tanda vital utama yang dilihat dokter,  suhu tubuh adalah salah satunya. Jika kamu terkena Infeksi, kamu akan mengalami demam. Namun subuh suhu tubuh juga bisa berubah-ubah sesuai dengan jenis kelamin, usia juga bahkan saat kamu berbohong. Berikut ini adalah fakta menarik tentang suhu tubuh juga faktor lain yang bisa mempengaruhinya.

Klik Untuk Donasi - 13 tahun Rosliana Berjuang Melawan Penyakit Tumor Langka
Tumor Filodes
Rosliana
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,643,500
  2. Pencapaian 11.49%
  3. Donatur 37

Suhu Tubuh Menurun dengan Bertambahnya Usia

Suhu tubuh seseorang akan berubah seiring dengan bertambahnya usia. Menurut sebuah penelitian, Orang-orang yang berumur tidak bisa mengatur suhu tubuh mereka ke tingkat yang sama dengan orang yang lebih muda karena respon mereka terhadap perubahan suhu tubuh juga berubah. Hal itu karena suhu tubuh normal bisa menurun seiring bertambahnya usia.

Demam Bisa Membantu Melawan Infeksi

Banyak orang yang menjadi khawatir ketika mengalami demam. Sebenarnya deman itu bisa membantu. Berbagai obat dari apotik bisa menurunkan demam, seperti acetaminophen/paracetamol atau ibuprofen tapi menurut Mayo Clinic terkadang demam itu lebih baik tidak diobati. Hal ini karena demam sepertinya memiliki peranan penting dalam membantu tubuh melawan infeksi. Namun, mungkin dokter akan meresepkan antibiotik bila dia mencurigai kamu terkena infeksi bakteri, seperti radang tenggorokan atau pneumonia.

Berapakah Suhu Tubuh Normal Manusia?

Kebanyakan orang menganggap bahwa suhu tubuh yang normal adalah 37 derajat Celcius. Memang benar, suhu tubuh normal itu berkisar di angka tersebut. Namun sebenarnya suhu tubuh yang normal  tidak selalu harus 37 derajat Celcius. Suhu tubuh normal bisa di antara 36,5 sampai dengan 37,2 derajat Celcius.

Selain itu, suhu tubuh yang normal juga bisa berubah sepanjang hari. Suhu tubuh akan dipengaruhi oleh aktivitas yang dilakukan sepanjang hari. Umumnya, sepanjang hari suhu tubuh akan mengalami kenaikan sampai 0,6 derajat Celcius. Misalnya, saat berolahraga di cuaca yang panas, suhu tubuh pun bisa naik 0,6 derajat Celcius. Ketika perempuan berovulasi atau sedang mengalami siklus haid, suhu tubuh normalnya bisa tinggi atau rendah. 

Klik Untuk Donasi - Bantu Bangun Asrama Kucing Terlantar
  1. Terdanai Rp.6,590,779
  2. Pencapaian 6.28%
  3. Donatur 77

Suhu Tubuh Bisa Mempengaruhi Tidur

Ketika tidur, suhu inti alami tubuh akan menurun. Namun menjelang akhir siklus tidur suhu tubuh akan mulai meningkat. Menjaga suhu ruangan tetap rendah akan membantu tubuh melakukan tugasnya selama siklus tidur. Suhu ruangan rendah sudah terbukti membantu orang untuk tertidur lebih cepat.

Pernah dengar cerita Pinokio yang akan memanjang hidungnya saat berbohong? Namun kenyataannya bukan memanjang, hidung justru akan menjadi lebih memanas. Peneliti psikologi dari Universitas Granada di Spanyol menggunakan termografi untuk mempelajari suhu wajah orang dalam eksperimen. Para peneliti menemukan lonjakan suhu di area hidung serta di otot orbital di sudut dalam mata ketika orang berbohong. Mereka mengatakan efek ini mungkin ada hubungannya dengan insula, wilayah otak yang terlibat dalam kesadaran serta deteksi dan pengaturan suhu tubuh. Berbohong meningkatkan aktivitas di wilayah ini, menurut tim peneliti tersebut.

Merokok Bisa Meningkatkan Suhu Tubuh 

Ketika merokok, pembuluh darah menjadi menyempit. Orang yang merokok mungkin merasakan tangan dan kaki mereka menjadi dingin. Namun, suhu tubuh mereka sebenarnya naik. Saat menghirup asap panas, orang yang merokok meningkatkan suhu di paru-paru mereka, yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan suhu inti tubuhnya.

Suhu Tubuh Perempuan Lebih Hangat Saat Tidur

Selama siklus menstruasi, perempuan mengalami suhu yang lebih tinggi ketika tidur. Suhu tubuh mereka juga meningkat setelah ovulasi yang mengurangi penurunan suhu tubuh normal yang biasanya terjadi saat tidur.

Jangan abaikan suhu tubuhmu karena suhu tubuh bisa peringatan untukmu. Selain itu, jangan lupa juga untuk kita melakukan hal istimewa! Kamu bisa mulai dengan bantu pasien tidak mampu yang menderita berbagai penyakit. Buka situs WeCare.id atau gunakan aplikasi WeCare di App Store atau Google Play supaya donasi menjadi lebih mudah.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi

10 Interesting Facts About Body Temperature. (2016). theactivetimes.com.

Budnitsky, Y. (2018). 10 Interesting Facts About Body Temperature. illuminarimedspa.com.

Memahami Suhu Tubuh dan Cara Mengukurnya. (2020). alodokter.com.

Orenstein, B. W. (2020). 11 Fascinating Facts About Body Temperature. everydayhealth.com.

Staff, L. S. (2012). Like Pinocchio, Your Nose Shows When You Lie. livescience.com.