Waspada! Berikut 6 Ciri-ciri Terkena Virus Corona

Waspada! Berikut 6 Ciri-ciri Terkena Virus Corona

Setelah diumumkannya virus covid-19 sebagai pandemi global oleh WHO pada awal 2020, rasanya pandemi ini belum akan berakhir. Menurut Satgas Covid19 disadur dari www.covid19.go.id, Indonesia, pada hari ini (10/01/2021) angka terkonfirmasi positif virus corona telah mencapai 828 ribu orang. Angka ini diprediksi terus mengalami peningkatan.

Sebagai masyarakat yang harus hidup dan beradaptasi di tengah-tengah pandemi ini, kamu wajib waspada. Pasalnya, virus corona tidak hanya menyebabkan gejala yang berat hingga memerlukan perawatan medis, namun banyak juga kasus-kasus positif covid-19 yang pasiennya tidak merasakan gejala. 

Gejala yang paling umum seseorang telah terpapar virus corona adalah batuk dan sesak napas. Namun kamu juga wajib tahu ciri-ciri terkena virus corona yang lain. Berikut ulasan ciri-ciri orang terkena virus corona menurut para ahli yang patut kamu waspadai: 

Klik Untuk Donasi - Bantu Tenaga Medis Melawan Covid-19!
  1. Terdanai Rp.7,050,700
  2. Pencapaian 0.71%
  3. Donatur 160

Tidak Merasakan Bau dan Rasa 

Menurut penelitian di Jerman, 2 dari 3 orang yang terkonfirmasi positif terkena virus corona mengalami gejala ini. Pada kasus-kasus corona ringan tanpa gejala, hilangnya bau dan rasa, atau biasa disebut anosmia menjadi salah satu ciri awal. Virus corona menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan bagian atas dan sel reseptor bau, sehingga menyebabkan pasien tidak peka bau dan rasa. 

Jika kamu merasakan gejala ini, ada baiknya kamu mencari pertolongan medis, atau jika tidak merasakan gejala lebih lanjut maka lakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Demam

Demam menjadi ciri awal infeksi virus corona yang paling umum ditemukan. Ini juga salah satu ciri terkena virus corona tanpa gejala. Suhu tubuh normal antara 35-36 derajat. Jika kamu merasa demam dan suhu tubuh kamu lebih dari 37, kamu harus waspada. Konsumsi vitamin dan istirahat secara cukup dan hindari berinteraksi dengan orang lain terlebih dahulu.

Kelelahan dan Nyeri Otot

Merasa kelelahan yang berlebihan? kamu perlu waspada. Infeksi virus corona dapat membuat seseorang mengalami kelelahan karena daya tahan tubuh akan bekerja ekstra dan memerlukan banyak energi untuk melawan virus. Biasanya gejala ini dibarengi dengan demam.

Klik Untuk Donasi - Bantu RSCM Kiara Bangun Lantai Khusus Covid-19
  1. Terdanai Rp.109,237,467
  2. Pencapaian 9.46%
  3. Donatur 136

Diare, Mual, dan Muntah

Diare menjadi penanda bahwa virus corona sudah menginfeksi saluran pencernaan. Sebuah studi di Cina menyebutkan, setengah dari kasus pasien terpapar virus corona bahkan tidak merasakan batuk atau sesak napas, tapi melainkan ada masalah pada sistem pencernaannya.

Hidung Berlendir dan Sakit Tenggorokan

Gejala ini sulit dibedakan dengan pilek dan flu biasa. Namun, hidung berlendir dan sakit tenggorokan bisa menjadi salah satu gejala kamu telah terinfeksi virus corona. Bisa saja kamu sudah terkena virus corona tapi kamu mengira itu hanya flu biasa. Yang paling bisa membedakan adalah flu dan pilek biasa tidak disertai dengan batuk, sesak napas, sakit kepala dan gangguan pencernaan.

Ruam Kulit

Tahukah kamu bahwa munculnya ruam pada kulit juga menjadi gejala ringan terkena virus corona? Para ahli medis juga sepakat bahwa infeksi virus corona bisa berdampak pada bagian tubuh lain seperti mata, kulit, dan saluran pencernaan.

Berikut ulasan ciri-ciri terkena virus corona. Bagi kamu yang mengalami beberapa gejala di atas dan berselang hingga beberapa hari sebaiknya waspada. Hubungi hotline covid-19 atau laporkan ke fasilitas kesehatan terdekat agar mendapat perawatan lebih lanjut. Jangan lupa selalu membawa masker dan jaga jarak untuk melindungi kamu dari infeksi virus corona. Jangan lupa juga download aplikasi wecare.id agar kamu tidak ketinggalan berita seputar kesehatan lainnya, ya?

download_app

Referensi:

dr. Merry Dame Cristy Pane.(2021, 11 Januari).Virus Corona. Alodokter.com.

 dr. Rizal Fadli.(2020, Jul 8).Coronavirus. Halodoc.com.

Kurniawan, S.S .(2020, 10 April). Cemas tertular virus corona, berikut 8 gejala yang harus Anda curigai. Kesehatan.kontan.co.id.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *