Macam-Macam Penyakit Hati yang Perlu Diwaspadai

Macam-Macam Penyakit Hati yang Perlu Diwaspadai

Hati merupakan organ penting dalam tubuh yang berfungsi dalam penyerapan makanan dan eliminasi zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan hati agar tubuh dapat terjaga dari zat-zat yang membahayakan.

Ada banyak hal yang bisa merusak kesehatan hati. Penyumbatan saluran empedu pada organ hati dapat menyebabkan penyakit pada hati, selain itu infeksi virus, konsumsi alkohol, merokok, dan mutasi gen dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada hati. Berikut kelainan dan penyakit pada hati yang perlu diwaspadai:

Daftar isi:

  1. 1. Hepatitis
  2. 2. Sirosis Hepatis
  3. 3. Hemokromatosis
  4. 4. Kanker Hati
  5. 5. Abses Hati

Klik Untuk Donasi - Bantu Jordan Sembuh Kembali
Sirosis Hati
Jordan Alfaroz
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.4,363,500
  2. Pencapaian 10.22%
  3. Donatur 71

Hepatitis

Infeksi virus pada hati dapat menyebabkan penyakit pada hati.  Hepatitis merupakan penyakit pada hati yang disebabkan infeksi virus hepatitis. Hepatitis ditandai dengan peradangan pada hati. Penyakit hepatitis terdiri dari berbagai jenis yaitu hepatitis A, B, C, D, E dan hepatitis karena autoimun. 

Selain hepatitis akibat infeksi virus, ada juga hepatitis yang diakibatkan konsumsi alkohol yang berlebihan atau penggunaan obat-obatan yang bersifat toksik atau melebihi dosis. Penyakit hepatitis yang tidak tertangani dengan baik dapat menimbulkan komplikasi seperti sirosis hepatis, kegagalan fungsi hati, atau kanker hati.

Pada awalnya penyakit pada hati yang disebut hepatitis ini tidak menimbulkan gejala, namun setelah melewati masa inkubasi sekitar 2 minggu hingga 6 bulan mulai timbul berbagai gejala. Berikut beberapa gejala penyakit hepatitis: demam, mual, muntah, kelelahan, warna urin gelap seperti teh, feses berwarna pucat, nyeri pada perut, tidak selera makan, dan warna kulit serta sklera berwarna kekuningan (Pane, 2020).

Sirosis Hepatitis

Sirosis hepatis merupakan penyakit pada hati yang ditandai dengan timbulnya jaringan parut pada hati. Jaringan perut ini dapat terjadi akibat infeksi hati yang berkepanjangan atau konsumsi alkohol yang berlebihan. 

Gejala utama sirosis hepatis antara lain jaundice atau kekuningan pada kuku, kulit dan sklera mata, muntah darah, dan perut membesar (Willy, 2019). 

Klik Untuk Donasi - Perutnya Kian Membesar, Assyfa membutuhkan pertolonganmu!
Sirosis Hati, Varises Esofagus
Assyfa A
Oleh Medikator WeCare.id
  1. Terdanai Rp.6,500,991
  2. Pencapaian 40.31%
  3. Donatur 68

Hemokromatosis

Hemokromatosis adalah penyakit pada hati yang terjadi akibat kadar zat besi yang berlebihan di dalam tubuh. Zat besi yang terlalu banyak ini menumpuk pada hati lalu menimbulkan kerusakan pada hati. Penyebab utama penyakit hemokromatosis ini yaitu adanya kelainan atau mutasi gen yang bertugas mengatur regulasi zat besi di dalam tubuh. 

Penyakit pada hati ini ditandai dengan lemas, nyeri pada perut, nyeri sendi, warna kulit keabu-abuan, berat badan menurun, bingung, dan jantung berdebar. Jika kondisi ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka dapat menimbulkan komplikasi lain seperti radang sendi, gagal jantung, impotensi, dan sirosis hepatis (Willy, 2020).

Kanker Hati

Kanker hati adalah kanker yang terjadi pada organ hati. Kanker hati terbagi menjadi dua jenis utama yaitu kanker hati primer dan sekunder. Kanker hati primer yaitu kanker hati yang muncul pada organ hati ini sendiri, bisa diakibatkan oleh sirosis hepatis atau hepatitis yang berkepanjangan. Sedangkan kanker hati sekunder adalah kanker hati yang diakibatkan adanya metastase atau penyebaran kanker dari organ lain. Biasanya kanker yang sering bermetastase dan menyebabkan kanker hati antara lain kanker usus, kanker lambung, kanker paru, dan kanker payudara (Klikdokter, 2020).

Klik Untuk Donasi - Anak seorang driver ojek online ini menderita sirosis hati, gagal hati kronik, dan gizi buruk, bantuanmu sangat diharapkan!
Sirosis Hati, Gagal Hati Kronik, Gi...
Ilham Bintang
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.11,814,550
  2. Pencapaian 59.04%
  3. Donatur 148

Abses Hati

Abses hati merupakan penyakit pada hati yang ditandai dengan terbantuknya lubang-lubang bernanah pada jaringan hati. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau parasit. Gejala yang muncul pada penderita abses hati antara lain demam, menggigil, diare, nyeri perut di bagian kanan atas, dan mual muntah.

Demikian macam-macam penyakit pada hati yang perlu diwaspadai. Yuk, jaga kesehatan hati dan organ tubuh kita dengan menerapkan pola hidup sehat. Kita juga bisa membantu teman-teman yang mengalami penyakit hati melalui WeCare.id, download aplikasi WeCare.id di ponselmu sekarang!

download_app

Referensi:

Pane, MDC. (2020). Hepatitis. Alodokter.com.

Willy, T. (2019). Sirosis. Alodokter.com.

Willy, T.(2020). Hemokromatosis. Alodokter.com.

Klikdokter. (2020). Penyakit Hati. Klikdokter.com.