Kenali Manfaat Self Love untuk Kesehatan Mental Anda

Kenali Manfaat Self Love untuk Kesehatan Mental Anda

Apakah Anda pernah mendengar konsep self love? Lalu apakah Anda merasa Anda termasuk dalam salah satu orang yang mengaplikasikan self love dalam kehidupan sehari-hari? Beruntung bagi Anda yang telah memahami manfaat sebenarnya dari self love untuk kesehatan mental.

Banyak orang yang masih belum sadar betapa pentingnya self love untuk kesehatan mental. Hal ini sangat terlihat pada besarnya tingkat stress dan kasus bunuh diri di berbagai belahan dunia. Maka dari itu artikel ini akan coba membahas manfaat self love untuk kondisi mental seseorang.

Daftar isi:

  1. 1. Mengenal Apa itu Self Love?
  2. 2. Manfaat Self Love Untuk Kesehatan Mental

Mengenal Apa Itu Self Love

Bagi Anda yang masih awam dengan konsep self love, kemungkinan besar hidup Anda kurang berwarna. Karena pada dasarnya, konsep self love adalah konsep menghargai diri sendiri dengan memberi reward atas kerja keras diri sendiri. 

Bisa diambil kesimpulan bahwa konsep ini adalah konsep dimana Anda memberikan penghargaan atau mencari kepuasan untuk memberi kebahagian bagi diri sendiri setelah sekian lama menanggung beban mental terhadap segala usaha atau masalah yang dilalui.

Umumnya self love sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu fisik yang mengacu pada berdamai dengan kondisi tubuh yang diberikan Tuhan, mental yang mengacu pada penerimaan diri dan pola pikir, dan psikologis atau menghargai diri dengan memposisikan diri.

Self love menjadi hal yang sangat penting karena bersangkutan dengan kesehatan mental seseorang. Tiap orang memiliki cara masing-masing untuk mengekspresikan kecintaan pada dirinya. Namun hal terpenting adalah kesejahteraan dan kebahagiaan untuk diri sendiri.

Manfaat Self Love untuk Kesehatan Mental

Konsep ini terbukti memberikan banyak manfaat, bagi setiap individu yang menerapkannya. Terutama bagi kesehatan tubuh dan kesehatan mental dari pelaku atau pengguna konsep ini. berikut beberapa contoh manfaat menerapkan konsep self love:

Stress Release

Manfaat pertama bagi pengguna konsep ini adalah sebagai pelepas penat atau mengurangi tingkat stres. Menurut penelitian, tingkat stres berlebih dapat mengganggu ritme dan pola hidup seseorang. Dengan mencintai diri sendiri akan membantu seseorang untuk stress release.

Menjaga Kesehatan Tubuh 

Orang yang mencintai dirinya pastinya akan menghargai tubuh dengan melakukan olahraga minimal 3x dalam seminggu. Membiarkan tubuhnya menahan sakit adalah konsep yang berlawanan dengan self love.

Menjaga Kesehatan Mental

Memuaskan diri dan memberikan penghargaan setelah melewati ujian, akan memberikan dampak positif pada kesehatan mental. Banyak cara dilakukan seperti berbelanja, berlibur, atau memberi ruang diri untuk beristirahat.

Meningkatkan Self Esteem (Harga Diri)

Self esteem sangat berperan bagi setiap individu, hal ini disebabkan karena harga diri akan bersinggungan langsung pada jalan hidup yang akan dilalui. Harga diri juga dapat membantu seseorang memiliki pendirian dan mampu berdiri di atas kakinya sendiri.

Meningkatkan Percaya Diri

Sikap percaya diri akan membantu Anda dalam berbagai hal. Mulai dari pendidikan, karir dan keberuntungan pasti ada sangkut pautnya dengan kepercayaan diri. Dengan mencintai diri Anda akan memberi yang terbaik untuk diri, sehingga kepercayaan diri akan semakin meningkat.

Motivasi Diri yang Lebih Kuat

Terkadang seseorang gagal terhadap sesuatu bukan karena kurang belajar maupun kurang pengalaman, namun beberapa kasus orang gagal karena kurangnya motivasi dalam diri. Motivasi yang kuat akan membuat Anda memiliki kesehatan mental yang stabil.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa manfaat self love untuk kesehatan mental yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk bisa mencintai diri sendiri, Anda bisa mencoba lebih peduli dan menjalin hubungan yang sehat dengan orang-orang di sekitar Anda.

Nah, mulailah jalin hubungan tersebut dengan membiasakan diri untuk berbagi kepada sesama yang lebih membutuhkan. Apalagi kini telah hadir WeCare.id yang memudahkan Anda untuk saling berbagi kepada orang lain. 

Selain dalam bentuk website, WeCare.id juga hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa Anda unduh melalui App Store & Google Playstore. Yuk, tunjukkan besarnya rasa kepedulian Anda bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Jangan Biarkan SEKOLA Berhenti
  1. Terdanai Rp.853,841
  2. Pencapaian 0.55%
  3. Donatur 62

Referensi

Redaksi Halodoc. 2019. Pentingnya Sel Love untuk Kesehatan Mental.  Diakses pada tanggal 10 Februari 2022 di https://www.halodoc.com/artikel/pentingnya-self-love-untuk-kesehatan-mental

Kevin Andrian. 2020. Pentingnya Self-Love dan Cara Menerapkannya. Diakses pada tanggal 10 Februari 2022 di https://www.alodokter.com/pentingnya-self-love-dan-cara-menerapkannya

PDC Binus Square. 2020. Pentingnya Self Care dan Self Love untuk Kesehatan Mental. Diakses pada tanggal 10 Februari 2022 di https://student.binus.ac.id/2020/10/pentingnya-self-care-dan-self-love-untuk-kesehatan-mental/ 

Sumber Featured Image : mohamed Hassan dari Pixabay