Kurangi Stress, Ini 5 Cara Menangani Gaslighting

Kurangi Stress, Ini 5 Cara Menangani Gaslighting

Akhir-akhir ini, istilah gaslighting sering diperbincangkan di media sosial seputar orang-orang yang terjebak dalam toxic relationship. Orang-orang yang menjadi korban sulit menemukan titik permasalahan dalam hubungannya dan merasa ragu akan dirinya sendiri. Namun, apa sebenarnya definisi dari gaslighting itu sendiri?

Berbagi untuk Sesama di Sedekah Jumat

Daftar isi:

  1. 1. Pengertian Gaslighting
  2. 2. Cara Menangani Gaslighting

Pengertian Gaslighting

Istilah ini pertama kali muncul dari film berjudul Gaslight yang dirilis pada tahun 1944. Film ini menceritakan tentang seorang suami yang memanipulasi istrinya serta meyakinkan bahwa istrinya telah kehilangan kewarasan. Ia juga mengendalikan istrinya dan memisahkannya dari keluarga serta teman-temannya. Hal ini mengakibatkan istrinya terus mempertanyakan dirinya sendiri dan merasa ketergantungan dengan pasangannya. 

Sedangkan menurut Oxford Dictionary adalah tindakan manipulasi psikologi seseorang hingga orang tersebut mempertanyakan realitas dan kebenaran yang dialaminya. Akibatnya, korban akan mengalami depresi, kecemasan, hingga berbagai masalah psikologis lainnya.

Gaslighting salah satu bentuk hubungan tidak sehat atau toxic relationship. Hal yang perlu diperhatikan bahwa pelaku sering kali dilakukan oleh orang terdekat dengan kita, baik itu keluarga, sahabat, rekan kerja, bahkan pasangan kita sendiri. 

Cara Menangani Gaslighting

Satu-satunya cara untuk menangani orang yang melakukan perilaku tersebut adalah korban harus menyadari tindakan manipulatif yang dilakukan oleh pelaku. Sebab perlakuan tersebut menyerang sisi psikologis seseorang sehingga akan sulit menyadari dan menarik diri dari kondisi tersebut. Maka setelah sadar bahwa telah menjadi korban dari pelaku gaslighting, berikut ini adalah cara menanganinya:

  1. Identifikasi masalah

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengetahui apa permasalahan yang sebenarnya terjadi antara kamu dan pelaku. Sebab gaslighting hanya dapat terjadi saat kita tidak memahami apa yang sebenarnya terjadi.

  1. Kumpulkan bukti

Untuk membantu memahami permasalahan, coba catat permasalahannya dan apa saja yang dikatakan pelaku kepadamu. Ingat-ingat kembali, apakah ada kalimat manipulatif atau tuduhan yang ditujukan padamu? Mengingat pelaku gaslighting sangat pandai dalam memutarbalikkan fakta dan manipulatif untuk meyakinkan korbannya.

  1. Jangan takut untuk berbicara

Tujuan melakukan gaslighting adalah untuk membuat korban merasa tidak percaya diri dengan menggunakan kebohongan, hinaan, atau fakta yang diputarbalikkan untuk memanipulasi korbannya. Maka, saat pelaku mulai gaslighting, tetap tenang dan jangan takut untuk berbicara terus terang mengenai apa yang terjadi sebenarnya. Hal ini akan membuat pelaku tersadar dan menghentikan perbuatannya.

  1. Bicarakan dengan orang terdekat

Bicarakan pada keluarga maupun teman-teman terdekat. Tanyakan bagaimana pendapat mereka mengenai permasalahan ini dan dapatkan dukungan dari mereka untuk membantu kita bangkit dari rasa down yang diakibatkan pelaku. 

  1. Cintai dirimu sendiri

Mendapat perlakuan gaslighting tentu dapat menguras pikiran dan tenaga kita. Oleh karena itu, hindari stress dengan mulai mencintai diri sendiri. Fokus pada perasaan, bila kamu tidak bahagia atau merasa tersiksa, tak ada salahnya untuk menyerah demi kebahagiaan diri sendiri.

Itulah di atas tadi penjelasan singkat mengenai gaslighting serta cara untuk menanganinya. Bila kamu merasa perlakuan gaslighting yang diterima sangat mempengaruhi kondisi psikologis dan menurunkan produktivitas sehari-hari, maka inilah saatnya untuk konsultasi ke tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater. 

Untuk meningkatkan kepercayaan diri dan membuat dirimu semakin bahagia, kamu dapat meluangkan waktu sejenak untuk membantu pasien tak mampu yang membutuhkan uluran tanganmu. Caranya mudah, kamu dapat mengunduh aplikasi WeCare.id melalui Google Play maupun App Store agar kamu dapat berdonasi di mana saja dan kapan saja. Yuk, bantu mereka sekarang juga!

Klik Untuk Donasi - Butuh Bantuan Oksigen untuk bisa Bernapas, Arsyah Butuh Pertolonganmu Segera!
Pneumonia
Muhamad Arsyad Bilfaqih
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.17,187,384
  2. Pencapaian 29.76%
  3. Donatur 120

Sumber:

  • Oed.com. (2021). Gaslight. Diakses pada 4 Desember 2021, dari https://www.oed.com/viewdictionaryentry/Entry/255554
  • Alodokter.com. (2021, 25 September). Diakses pada 4 Desember 2021, dari https://www.alodokter.com/seputar-gaslighting-beserta-tanda-tanda-dan-cara-menghadapinya 
  • Kumpara.com. (2020, 19 Mei). Diakses pada 4 Desember 2021, dari https://kumparan.com/karjaid/tetap-percaya-diri-ini-5-cara-untuk-mengatasi-gaslighting-1tRcFYqUUwp/full