5 Cara Mudah Menerapkan Self-Love

5 Cara Mudah Menerapkan Self-Love

Self-love saat ini menjadi topik yang sering dibicarakan di media sosial. Sejak istilah ini digaungkan oleh berbagai kalangan, khususnya oleh influencer, motivator, hingga public figure, kesadaran akan pentingnya kesehatan mental semakin meluas. Namun, benarkah semua orang paham dengan makna self-love dan cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari?

Klik Untuk Donasi - Ibu Suanah Butuh Biaya Pengobatan ke Rumah Sakit, Bantuanmu Sangat diButuhkan!
Kelahiran caesar
Suanah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.156,200
  2. Pencapaian 2.96%
  3. Donatur 7

Arti Self-Love

Mencintai diri sendiri merupakan arti dari self-love. Namun, bukan berarti bentuk cinta yang egois dan mementingkan diri sendiri. Arti mencintai diri sendiri di sini adalah menerima dan memperlakukan diri sendiri dengan baik, tanpa syarat, serta apa adanya.

Sebagai aspek penting dalam kesehatan mental, mencintai diri sendiri akan membuat kamu lebih mudah berpikiran positif. Bahkan ketika kamu dalam kondisi marah, sedih atau kecewa. Ini lah yang disebut dengan penerimaan diri. Jika dijabarkan dengan lebih lengkap, berikut manfaat mencintai diri sendiri:

1. Untuk Kesehatan Mental

Dengan mencintai dan menerima diri sendiri, kamu akan memiliki kesempatan untuk:

  • Bersikap tegas, bangga pada diri sendiri, tenang dalam menjalani hidup, dan menjalin hubungan sehat dengan orang lain.
  • Memiliki kontrol atas diri sendiri sehingga merasa puas dalam menjalani hidup.
  • Tegar dalam menghadapi masalah.
  • Self-esteem atau cara menerima dan memandang dirinya sendiri mengalami peningkatan.
  • Risiko terkena gangguan mental berkurang.
  • Bisa mengatasi stres.

2. Untuk Kesehatan Fisik

Kecintaan pada diri sendiri akan membuat kamu termotivasi untuk hidup sehat dengan mengatur pola hidup, mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup.

5 Cara Menerapkan Self-Love

Berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencintai dan menerima diri sendiri:

1. Mengenali Diri Sendiri

Bagaimana bisa menerapkan self-love jika kamu tidak mengenali diri sendiri? Oleh karena itu, coba gali lebih dalam tentang dirimu. Misalnya, impian yang kamu capai, kekuatan yang dimiliki, dan ketakutan terbesarmu. Dengan mengenal diri sendiri, kamu akan lebih percaya diri, tegar, percaya pada kemampuan sendiri.

2. Jangan Bandingkan Diri Kamu dengan Orang Lain

Kompetitif memang lekat dalam kehidupan kita, terlebih dalam bersosialisasi. Sehingga membuat kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain secara tidak sadar. Ketika perasaan tersebut muncul, ingatlah bahwa tidak ada manusia yang sempurna termasuk kita. Dari pada membandingkan diri sendiri dengan orang lain, fokuslah pada mimpi dan tujuan kamu. Agar kamu termotivasi untuk menjalani hari tanpa beban.

Gerakan Peduli Janda Jadi Perempuan Mandiri, Percaya Diri dan Berdaya

3. Bergaul dengan Orang Baik

Lingkungan yang toksik akan membuat kamu kesulitan mencintai diri sendiri. Oleh karena itu, sudah saatnya berubah dan cari lingkungan sosial maupun pergaulan yang positif, membangun, dan saling menerima apa adanya.

4. Lakukan Keahlianmu

Melakukan sesuatu yang kamu kuasai bukan hanya meningkatkan hormon endokrin. Kegiatan ini dapat membantu memunculkan versi lain dari dirimu. Tentu saja versi lain yang terbaik. Kerjakan keahlianmu dengan penuh cinta, agar orang-orang di sekitar juga dapat merasakan energi positifnya.

5. Meningkatkan Spiritualitas

Apa pun keyakinan kamu, pondasi kuat mencintai diri sendiri juga berasal dari sini. Eksplorasi spiritualitas dalam diri agar keyakinan dan kepercayaan dalam jiwa kamu menjadi terbuka. Hal ini dapat membantu membangun intuisi dan memunculkan kesadaran bahwa dirimu adalah pribadi yang otentik, sehingga kamu bisa menghargai diri sendiri.

Nah, demikian pengertian self-love dan penerapannya dalam hidup yang benar. Selain mencintai diri sendiri, kamu juga dapat menunjukkan kasih sayang pada sesama melalui kegiatan sosial donasi rutin. Bantu pasien-pasien yang membutuhkan melalui WeCare.id. Download aplikasi WeCare.id untuk kemudahan berdonasi kapan pun dan di mana pun.

Klik Untuk Donasi - Kehilangan Salah Satu Matanya, Adik Farris Butuh Mata Palsu untuk bisa Melihat!
Retinoblastoma
Farris Muhammad Arshad
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.650,517
  2. Pencapaian 2.50%
  3. Donatur 22

Referensi:

Andrian, Kevin. (2020). Pentingnya Self-Love dan Cara Menerapkannya. Diakses pada 18 Agustus 2021, dari

https://www.alodokter.com/pentingnya-self-love-dan-cara-menerapkannya

Galuh, Reksita. (2021). 10 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Coba Untuk Menerapkan Self-Love. Diakses pada 18 Agustus 2021, dari

https://www.idntimes.com/life/inspiration/reksita-galuh-wardani/10-cara-sederhana-yang-bisa-kamu-coba-untuk-menerapkan-self-love-c1c2/10

Pramesti, Anisya. (2019). Yuk Belajar Menerapkan Self Love dengan 7 Langkah Sederhana Ini!. Diakses pada 18 Agustus 2021 , dari

https://riliv.co/rilivstory/menerapkan-self-love/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *