Ayo Terapkan Pola Hidup Sehat

Ayo Terapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat adalah hal baik yang bisa kamu lakukan untuk diri sendiri. Artikel ini ditujukan untuk remaja hingga dewasa, gaya hidup sehat anak , bisa klik di sini.  Terdapat 9 hal yang bisa mulai kamu lakukan untuk merasa lebih baik. Mulailah secara perlahan, lama – lama bisa jadi suatu kebiasaan baru.

Daftar isi:

  1. 1. Istirahat yang Cukup
  2. 2. Menjaga Pola Makan
  3. 3. Sempatkan Berolahraga
  4. 4. Menjaga Kebersihan Tempat Tinggal
  5. 5. Penuhi Kebutuhan Air Minum
  6. 6. Kelola dan Hindari Stress
  7. 7. Kurangi Gula dan Kafein
  8. 8. Hentikan Kebiasaan Buruk
  9. 9. Kelola Kehidupan Sosial
Klik Untuk Donasi - BANTU SEDEKAH MAKAN SANTRI PENGHAFAL QUR’AN
  1. Terdanai Rp.1,349,004
  2. Pencapaian 4.28%
  3. Donatur 24

Pengertian Istirahat yang Cukup

Apakah kamu sering begadang? Kurangi kebiasaan tersebut, karena istirahat yang cukup adalah salah satu hal yang paling mendasar menuju kehidupan yang lebih sehat. Adapun waktu tidur malam yang baik adalah selama 6 – 8 jam. Memiliki jam tidur yang baik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Menjaga Pola Makan

Pola hidup yang satu ini juga cukup sulit untuk dibiasakan, mungkin banyak dari kita yang dikejar waktu di pagi hari sehingga tidak menyempatkan diri untuk sarapan. Padahal, rutinitas harian ini juga berperan terhadap kesehatan tubuh. Selain itu, pastikan makanan yang kamu konsumsi itu beragam dan dapat memenuhi gizi harian, bila perlu kamu bisa meminum vitamin saat merasa kurang sehat.

Sempatkan Berolahraga

Olahraga tidak harus lari atau pergi ke gym, kamu bisa melakukannya di rumah. Gerakkan badan, angkat dumbbell, peregangan dan berenang juga termasuk olahraga. Yang terpenting adalah membuat tubuhmu aktif bergerak setiap hari. Dengan berolahraga, kamu telah membakar kalori dan membantu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, hasilnya kamu bisa merasa lebih bugar.

Menjaga Kebersihan Tempat Tinggal

Ternyata, tempat tinggal yang bersih juga berpengaruh dalam pola hidup sehat. Ruangan yang kotor atau berantakan adalah satu hal yang bisa membuat penyakit. Debu yang menumpuk bisa mengganggu kesehatan, selain itu bisa juga mempengaruhi kondisi jiwa dan menyebabkan stress. Ayo bersihkan ruangan yang kamu gunakan secara rutin, agar pikiranmu bisa lebih tenang. 

Bantu sediakan air minum gratis untuk saudara yang kekurangan

Penuhi Kebutuhan Air Minum

Dalam menjaga fungsi metabolisme, tubuh memerlukan air. Dengan adanya air yang tercukupi, organ dalam tubuh kamu akan terbantu ketika membuang racun melalui urin, keringat dan lainnya. Bawalah botol minum saat bepergian ke mana – mana, sediakan juga di tempat kerja hingga kamar tidur. Semua ini untuk memastikan asupan air tubuh harian sudah terpenuhi.

Kelola dan Hindari Stress

Sebenarnya, stress adalah hal yang sulit untuk dihindari. Oleh karena itu, jika tidak bisa dihindari bukan berarti kamu harus pasrah menerimanya. Mulailah untuk belajar mengelola stress tersebut dengan meluangkan waktu untuk mengerjakan hobi atau sekadar beristirahat dan melepaskan penat. Mensyukuri hidup juga bisa membuat hidupmu lebih tenang.

Kurangi Gula dan Kafein

Mengonsumsi gula dan kafein terlalu banyak dapat mengakibatkan dampak yang buruk bagi kesehatan, mulai dari gula yang bisa menyebabkan diabetes hingga kafein yang bisa menyebabkan asam lambung naik. Selain itu, kafein juga dapat mengganggu pola tidur kita, di mana seperti yang sudah dibahas di atas, tidur yang cukup adalah dasar dari pola hidup sehat.

Hentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk di sini adalah kegiatan yang sudah jelas memberikan dampak buruk yang lebih banyak daripada baiknya. Contohnya, minum minuman beralkohol dan merokok. Ada beragam penyakit yang bisa muncul akibat kegiatan – kegiatan tersebut, seperti penyakit paru – paru dan jantung yang biaya pengobatannya tidak sedikit dan dapat merepotkan keluarga sendiri.

Kelola Kehidupan Sosial

Pola hidup sehat juga bergantung pada lingkungan sosial yang sehat juga. Periksa kembali interaksi, serta hubungan kamu dengan teman – teman, rekan kerja, keluarga. Temukan teman sosial yang tidak toxic dan dapat bertukar opini dengan baik. Selain itu, bisa juga dengan melakukan kegiatan kemanusiaan seperti zakat dan bersedekah.

Itulah 9 pola hidup sehat yang bisa kamu lakukan. Ayo bersedekah di WeCare.id sekarang. Dengan bersedekah, kamu bisa meringankan beban dan juga membuat kehidupan mereka menjadi lebih baik.

Yuk download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Klik Untuk Donasi - Bantu Infaq Nutrisi ke Seluruh Indonesia
  1. Terdanai Rp.26,000
  2. Pencapaian 0.00%
  3. Donatur 3

Referensi:

Agustin, Sienny. 2021. 8 Langkah Menuju Pola Hidup Sehat. Diakses dari: https://www.alodokter.com/delapan-langkah-menuju-pola-hidup-sehat/ 

Anonim. 2020. Ikuti 9 Pola Hidup Sehat yang Bikin Tubuh Kuat. Diakses dari: https://www.rumah.com/panduan-properti/pola-hidup-sehat-38827/ 

Mimpi, Ibadah. 2018. Lakukan Ini Sebagai Pertolongan Pertama pada Kecelakaan. Diakses dari: https://www.hipwee.com/list/9-cara-sederhana-untuk-menjalankan-pola-hidup-sehat-yang-bisa-dimulai-dari-sekarang-apa-aja-ayo-simak/

Swari, Risky. 2021. 7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat Agar Panjang Umur. Diakses dari: https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-pola-hidup-sehat/

Sumber Foto: Unsplash.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *