6 Gaya Hidup Sehat untuk Anak

Anak-anak tidak dapat mencapai kesehatan optimal sendirian. Mereka bergantung pada orang dewasa dalam keluarga dan komunitas mereka untuk memberi mereka lingkungan yang memungkinkan mereka dapat belajar dan tumbuh dengan baik.

Status kesehatan ibu, kebiasaan, dan lingkungan selama dan bahkan sebelum kehamilan sangat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan anak. Dengan demikian, mencapai kesehatan anak yang optimal tergantung pada pengoptimalan kesehatan dan kesejahteraan ibu anak.

Saat ini, banyak anak mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Gaya hidup sehat dan aktif dapat membantu menjaga berat badan. Selain itu, gaya hidup sehat juga dapat mencegah masalah kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, asma, dan tekanan darah tinggi.

Kesehatan yang Baik

Kesehatan yang baik untuk kamu dan anak-anak kamu adalah tentang mencapai keseimbangan yang tepat antara makan sehat dan aktivitas fisik teratur.

Memiliki gaya hidup sehat, makan sehat dan aktif secara fisik membantu anak-anak untuk:

  • membangun tulang yang kuat
  • tumbuh dan berkembang dengan sehat
  • meningkatkan konsentrasi mereka di sekolah
  • mempertahankan berat badan yang sehat
  • siaga dan aktif

Menjadi tidak sehat dapat menyebabkan masalah di kemudian hari, seperti:

  • Diabetes tipe 2
  • tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol
  • beberapa jenis kanker
  • penyakit jantung
  • stroke
  • masalah sendi dan masalah pernapasan
  • kelebihan berat badan dan obesitas

Tanda Anak Sehat

Anak-anak yang mengalami pertumbuhan yang sehat memiliki tanda-tanda tertentu.  Berikut adalah tanda anak yang memiliki pertumbuhan yang sehat:

  • Pertumbuhan fisik – Berat badan anak kamu harus normal untuk usia dan tinggi badannya, dan jika anak memiliki rasio yang bagus, kamu akan tahu bahwa anak kamu memiliki kesehatan yang baik dan mendapatkan nutrisi yang cukup.
  • Siaga dan lincah – Jika anak kamu siaga, ini merupakan indikasi bahwa nutrisinya optimal dan nutrisi diserap dengan baik.
  • Aktif – Menginginkan bermain dan aktif selama setidaknya seperempat jam beberapa kali dalam sehari menunjukkan kesehatan yang baik. Karena olahraga menghabiskan cairan vital, dorong anak-anak yang lebih besar untuk minum banyak air.
  • Seorang pembelajar yang cepat – Jika anak kamu belajar dengan cepat, itu menunjukkan bahwa ia mendapatkan nutrisi yang cukup untuk perkembangan otak.
  • Nafsu makan yang sehat – Anak-anak yang sehat mau makan banyak kelompok makanan, tetapi anak-anak sering kali teralihkan oleh hal-hal yang cerah dan berwarna-warni di sekitar mereka. Meskipun anak-anak kecil mungkin tidak menentu dalam jumlah makanan yang mereka makan (terutama balita), hal ini biasanya akan berlalu.
  • Gigi yang kuat dan bersih – Gigi yang kuat dan bersih menunjukkan bahwa nutrisi anak kamu dan kebersihan gigi alami baik-baik saja.
  • Postur tubuh yang bagus – postur tubuh yang bagus menunjukkan kepercayaan diri serta diet yang cukup, karena itu berarti ada nutrisi yang cukup untuk memperkuat tulang dan sistem muskuloskeletal.
  • Otot dan tulang yang kuat– Jika anak kamu kuat dan jarang terluka karena jatuh, ini menunjukkan bahwa perkembangan anak berlangsung dengan lancar.
  • Tidur yang tidak terganggu – Anak kamu akan memiliki fungsi fisik dan mental yang lebih baik dan pada akhirnya, perilaku yang lebih baik karenanya.
  • Buang air besar secara teratur – kamu tahu anak kamu mendapatkan serat yang cukup saat dia buang air besar secara teratur. Ini juga menunjukkan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Gaya Hidup Sehat untuk Anak

Penting untuk menciptakan kebiasaan sehat sejak dini. Anak-anak meniru orang tua mereka, jadi penting untuk memberi contoh yang baik. 

Seperti apakah gaya hidup yang sehat yang baik untuk Anak?

Makan di rumah

Makan di luar dapat membuat anak-anak terpapar dengan pilihan makanan yang tidak sehat dan ukuran porsi yang tidak pantas. Anak-anak yang makan di rumah lebih mungkin makan buah-buahan dan sayuran daripada anak-anak yang banyak makan di restoran.

Makan sarapan yang tepat

Anak-anak membutuhkan energi yang tepat untuk mempertahankan jadwal belajar mereka yang ketat. Melewatkan sarapan membuat anak-anak dengan perut kosong dan rendah energi, tetapi makan sarapan yang salah bisa sama buruknya.

Hasil penelitian beberapa institusi di antaranya Rumah Sakit Umum Massachusetts, Boston Public Schools, Universitas Brown, dan Project Bread / The Walk for Hunger menunjukkan bahwa makan sarapan yang bernutrisi mengurangi rasa lapar, dan menunjukkan peningkatan nilai matematika dan perilaku.

Batasi waktu dengan gadget

Batasi waktu nonton TV, bermain komputer dan video game kurang dari 2 jam per hari. Dorong aktivitas fisik sebagai gantinya.

Aktif setiap hari

Aktivitas fisik yang teratur penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan kesejahteraan anak-anak dan remaja yang sehat.

Mereka harus mendapatkan setidaknya 60 menit aktivitas fisik setiap hari, termasuk aktivitas penuh semangat yang membuat mereka berkeringat.

Pilih air sebagai minuman

Air adalah cara terbaik untuk memuaskan dahaga kamu dan bukan yang ditambah dengan gula yang ditemukan dalam jus buah, minuman ringan, dan minuman manis lainnya.

Susu rendah lemak untuk anak di atas dua adalah minuman bergizi dan sumber kalsium yang bagus.

Berikan anak buah utuh untuk dimakan daripada menawarkan jus buah yang memiliki banyak gula.

Makan lebih banyak buah dan sayuran

Makan buah dan sayuran setiap hari membantu anak-anak tumbuh dan berkembang, meningkatkan vitalitas mereka dan dapat mengurangi risiko banyak penyakit kronis.

Penelitian dari gabungan institusi di antaranya German Institute of Human Nutrition, Universitas Bonn, Universitas Teknik Munich juga Universitas Sains Terapan Fulda menunjukkan bahwa untuk hipertensi, penyakit jantung koroner, dan stroke, ada bukti meyakinkan bahwa peningkatan konsumsi sayuran dan buah mengurangi risiko penyakit.

Targetkan makan dua porsi buah dan lima porsi sayuran setiap hari. Sediakan buah segar sebagai makanan ringan yang nyaman dan cobalah untuk memasukkan buah dan sayuran dalam setiap hidangan.

Review : dr. Denita

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber: 

https://www.healthykids.nsw.gov.au/parents-carers/faqs/what-is-healthy.aspx

https://www.nidokids.co.za/10-signs-of-healthy-growth-in-kids/

http://www.azftf.gov/WhoWeAre/Board/Documents/Program%20Committee/Health/January%2013,%202011%20Meeting%20-%20Health/07%20Child%20Health%20Definition%20Recommendation.pdf

https://www.childrenscolorado.org/doctors-and-departments/departments/weight/healthy-living-tips/ 

https://www.healthykids.nsw.gov.au/parents-carers/5-ways-to-a-healthy-lifestyle.aspx 

https://blog.cincinnatichildrens.org/healthy-living/6-tips-to-help-kids-sleep-better-and-longer/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *