Menu Tahun Baru Sehat dan Lezat yang Wajib Dicoba

Menu Tahun Baru Sehat dan Lezat yang Wajib Dicoba

Merayakan pergantian tahun rasanya tidak akan lengkap tanpa makanan. Umumnya, menu tahun baru seperti kudapan manis dan barbeque lah yang menjadi favorit. Namun perlu kamu ingat bahwa beberapa hidangan menggiurkan tersebut bisa berpotensi buruk untuk kesehatan.

Lalu, bagaimana jika tetap ingin mengonsumsi olahan khas tahun baru? Tak usah panik, kamu masih bisa menikmati makanan khas malam tahun baru tanpa harus merasa bersalah. Simaklah lima menu tahun baru yang lezat sekaligus bersahabat bagi kesehatan.

Klik Untuk Donasi - Akibat Gagal Jantung, Arumi Butuh Bantuan Oksigen untuk Bisa Bernapas!
Patent Ductus Arteriosus (PDA), Hip...
Arumi Habibah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.5,796,000
  2. Pencapaian 100.36%
  3. Donatur 70

Menu Tahun Baru Kacang Tanah Rebus

Meski terbilang sederhana, kacang tanah rebus justru bermanfaat bagi kesehatan. Lemak tak jenuhnya mampu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Kudapan khas tahun baru ini juga kaya magnesium, tembaga, dan vitamin B3 yang baik untuk jantung.

Selain itu, kacang tanah termasuk biji-bijian padat akan kalori. Meski demikian, kacang tanah tidak akan menambah berat badan sehingga ideal bagi penderita obesitas. Mengonsumsi makanan ini bisa menciptakan rasa kenyang yang lebih lama ketimbang sumber karbohidrat lainnya.

Menu Tahun Baru Kalkun Panggang

Menu tahun baru yang berikut ini bisa menjadi alternatif untuk daging ayam maupun sapi. Meski belum begitu populer, kalkun jauh lebih bergizi ketimbang ayam kampung yang kaya akan protein. Mengonsumsi 50 gram daging kalkun sudah mampu memenuhi kebutuhan protein harian tubuh sebesar 25%.

Kalkun juga termasuk daging merah yang merupakan salah satu sumber vitamin B12 terbaik. Meski pada umumnya konsumsi daging merah secara berlebihan memang berpotensi buruk pada kesehatan, kalkun terbukti bisa menjadi alternatif yang lebih sehat.

Jagung Panggang

Jagung bakar sudah menjadi menu wajib yang tak boleh kita lewatkan saat menyambut pergantian tahun. Sayangnya, cara mengolah makanan yang satu ini berpotensi kurang baik terhadap kesehatan. Tak perlu khawatir, kamu masih bisa menikmati menu tahun baru yang satu ini dengan cara memanggangnya menggunakan oven. 

Memanggang merupakan salah satu cara memasak yang sehat. Kadar lemak dan sodium yang terkandung dalam jagung bisa berkurang setelah melalui proses pemanggangan. Proses memasak ini juga bisa menjaga nutrisi yang terkandung dalam jagung dan bahan makanan lainnya, termasuk daging.

Mi Godog Jawa

Olahan mi khas Jawa ini merupakan pilihan sehat bagi pecinta mi pada malam tahun baru. Umumnya, kita menyajikan mi dengan topping sayur dengan beberapa irisan daging ayam kampung. Meski sedikit, keduanya masih bisa memberikan asupan protein, mineral, dan vitamin bagi tubuh.

Untuk memastikan takaran nutrisinya seimbang, kamu bisa memasaknya sendiri dengan proses yang lebih sehat. Proporsi mi, daging, dan sayur harus seimbang. Selain itu, kurangi juga penggunaan minyak dan pastikan untuk tidak memasaknya terlalu lama agar kandungan gizinya tidak berkurang.

Keripik Ubi Panggang

Menu sehat selanjutnya yang wajib kamu coba pada malam tahun baru adalah keripik ubi panggang. Camilan ini tidak akan membuatmu merasa bersalah untuk menyantapnya. Bahan baku untuk membuat keripik ubi panggang, yakni ubi jalar, merupakan umbi-umbian kaya serat dan rendah kalori.

Ubi jalar juga memiliki indeks glikemik yang relatif rendah sehingga cocok bagi penderita penyakit gula. Kandungan karotenoidnya juga bisa menjaga kesehatan usus. Cara mengolah keripik ubi panggang pun cukup mudah. Iris dengan ketebalan yang sama, baluri bumbu, dan panggang menggunakan oven.

Itu tadi lima menu tahun baru yang wajib kamu coba. Selain lezat, pilihan menu tersebut juga bisa memberikan asupan nutrisi yang tinggi bagi tubuh. Bahan baku dan cara mengolah yang lebih sehat juga tidak akan berpotensi buruk pada kesehatan.

Sajian khas tahun baru yang umumnya dibakar justru bisa menyebabkan kanker dan penyakit berat lainnya. Tentunya kondisi tersebut membutuhkan biaya pengobatan yang tinggi. Namun, tak semua orang mampu. Kamu masih bisa membantu mereka dengan mengunduh aplikasi WeCare.id. Yuk, ulurkan tanganmu untuk kesehatan mereka.

Klik Untuk Donasi - Butuh Bantuan Oksigen untuk bisa Bernapas, Arsyah Butuh Pertolonganmu Segera!
Pneumonia
Muhamad Arsyad Bilfaqih
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.18,417,384
  2. Pencapaian 31.89%
  3. Donatur 131

Referensi:

Ananda, Kun Sila.(2014, 12 Desember). Ini Alasan Memanggang Makanan Lebih Menyehatkan. Diakses pada 07 Desember 2021 dari https://www.merdeka.com/sehat/ini-alasan-memanggang-makanan-lebih-menyehatkan.html

Andaresta, Risvania. (2021, 02 November). Resep Keripik Ubi Panggang yang Lezat untuk Teman Ngemil. Diakses pada 07 Desember 2021 dari https://www.kilat.com/news/21990/resep-keripik-ubi-panggang-yang-lezat-untuk-teman-ngemil

Evelyn, Theresia. (2021, 12 Maret). Enak Jadi Camilan, Ini Beragam Manfaat Kacang  Tanah yang Tak Terduga. Diakses pada 07 Desember 2021 dari https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-kacang-tanah-kesehatan/

Lestari, Dyah Ayu. (2021, 31 Maret). 5 Manfaat Daging Kalkun yang Jarang Diketahui. Diakses pada 07 Desember 2021 dari https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-daging-kalkun/

Widiarni, Anisa. (2019, 18 Juli). Konsumsi Mi Godog atau Instan, Mana yang Lebih Sehat?. Diakses pada 07  Desember 2021 dari https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1167010-konsumsi-mi-godog-atau-instan-mana-yang-lebih-sehat

Sumber Featured Image :  Pixabay