Cara Melindungi Anak dari Serangan Virus Covid-19

Cara Melindungi Anak dari Serangan Virus Covid-19

Jika varian Covid-19 sebelumnya banyak menyerang orang tua, varian delta yang penularannya dua kali lebih cepat ini menyerang semua orang termasuk anak-anak. Menurut Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, varian delta memiliki kecenderungan menyerang mereka yang berusia di bawah 18 tahun. Tak hanya itu, varian delta juga menginfeksi anak-anak yang berusia 10 tahun. Ini tentunya meresahkan orang tua apalagi sekarang beberapa sekolah mulai melakukan kelas tatap muka. Bagaimana cara melindungi anak-anak dari virus ini?

Klik Untuk Donasi - Kita Jaga Usaha
  1. Terdanai Rp.610,000
  2. Pencapaian 0.53%
  3. Donatur 3

Apa yang Terjadi Bila Anak-Anak, Bayi juga Balita Terkena Virus Corona?

Meskipun sebagian besar infeksi COVID-19 umumnya menginfeksi orang dewasa, anak-anak juga bisa terinfeksi. Pada anak-anak, virus terkadang mengakibatkan penyakit ringan dan seringkali tidak menimbulkan gejala sama sekali. 

Namun beberapa bayi dan balita mengalami sakit yang parah karena virus tersebut. Terkadang mereka mengalami sakit berminggu-minggu sesudah terinfeksi. Yang membuat situasi lebih parah adalah bayi dan balita tak bisa menggunakan masker, jadi penting mengetahui cara melindungi mereka dengan cara yang lain.

Mengapa Bayi atau Balita Tidak Harus Memakai Masker?

Bayi dan balita yang berusia di bawah 2 tahun tidak boleh menggunakan masker karena:

  • Saluran udara yang mereka miliki ukurannya lebih kecil sehingga mereka akan lebih sulit untuk bernapas melalui masker.
  • Bila mereka sulit untuk bernapas dan mereka tak dapat memberi tahu siapa pun maupun melepas penutupnya sendiri, bayi dan balita bisa mati lemas.
  • Beberapa masker buatan sendiri mungkin mempunyai bagian yang dapat membuat bayi tersedak, seperti tali atau karet elastis.
  • Mereka kemungkinan akan mencoba melepas masker sehingga membuat mereka lebih sering menyentuh wajah. Ini bisa meningkatkan risiko bayi dan balita tertular serta menyebarkan virus.

Bagaimana Cara Melindungi Anak-Anak Dari Infeksi Virus Corona?

Karena virus ini bisa menyerang siapa saja, itu berarti anak-anak juga bisa terserang virus tersebut. Lalu bagaimana cara melindungi mereka agar tidak terinfeksi virus Covid-19? Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk melindungi anak-anak mereka:

  • Dorong anak untuk mendapatkan vaksin Covid-19 jika mereka berusia 12 tahun atau lebih
  • Ikuti protokol kesehatan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari Covid-19
  • Waspadai gejala Covid-19. Bila anak memperlihatkan gejala, segera pisahkan mereka dari orang lain dan lakukan tes
  • Dorong anak untuk tidak lupa mencuci tangan secara teratur dan benar
  • Jangan lupa untuk membersihkan dan melakukan disinfeksi permukaan di rumah, seperti gagang pintu, remote TV, dan flush toilet.
  • Untuk orang tua, ikutilah saran untuk mencegah anak terkena atau menyebarkan infeksi virus

Cara Melindungi Bayi dan Balita dari Covid-19

Orang tua dapat melindungi bayi dan balita dari terinfeksi Covid-19 dengan cara menghindari keramaian serta menjaga jarak aman dari orang lain saat keluar rumah. Ketika berada di rumah dan di tempat umum, lakukan semua yang bisa dilakukan untuk membantu menghentikan penyebaran virus:

  • Hindari orang yang sedang sakit
  • Cuci tangan dengan baik dan sering, dan ajari orang lain di rumah untuk melakukan hal yang sama. Ini sangat penting:
  • ketika orang tua kembali ke rumah dari luar
  • sebelum menangani anak 
  • sebelum menyusui atau menyiapkan botol atau makanan
  • Bersihkan permukaan dan benda yang sering disentuh orang, misalnya gagang pintu, meja, dan ponsel
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut
  • Tutup mulut dengan tisu atau siku saat bersin atau batuk dan jangan gunakan telapak tangan untuk menutupinya
  • Gunakan masker di rumah jika sedang sakit. Cobalah untuk membatasi kontak dengan bayi dan balita sampai gejala berhenti.
  • Jika membawa bayi dan balita keluar dengan menggunakan gendongan, cobalah untuk meletakkan selimut di atas gendongan saat bayi berada dalam pandangan orang tua. Pastikan selimut tidak menyentuh bayi. Bersihkan gendongan maupun kereta dorong begitu sudah tiba di rumah.

Cara Melindungi Anak di Sekolah

Sekarang beberapa sekolah sudah melakukan tatap muka. Banyak hal yang harus diperhatikan agar anak-anak tidak terinfeksi oleh virus Covid-19. Berikut ini cara melindungi anak di sekolah yang disarankan oleh Dr. Vaidehi Shah, ahli epidemiologi senior untuk Distrik Kesehatan Masyarakat Waco-McLennan County:

1. Hand sanitizer dan mencuci tangan

Ketika berada di sekolah anak-anak akan menyentuh banyak hal serta berada di sekitar anak-anak lain. Karena itu orang tua harus bisa memberi tahu anak-anak untuk mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sesudah setiap kelas.

Jika hal itu terlalu sulit, pastikan mereka membersihkan tangan tiap kali mereka menggunakan kamar mandi, sebelum makan, setelah makan, dan setelah bermain dari taman bermain.

2. Memberitahu anak-anak untuk tidak menyentuh mata atau mulut dengan tangan 

Mungkin mereka tidak bisa disuruh mencuci tangan setiap lima menit sekali, tapi orang tua bisa memberi tahu anak-anak untuk tidak menggosok mata atau mulut dengan tangan mereka. Dengan memulai kebiasaan itu sekarang akan membuat mereka lebih siap untuk kembali ke sekolah. Gunakan lengan baju atau tisu kalau mata mereka terasa gatal dan jangan gunakan tangan mereka.

3. Kenakan masker

Biasanya mengenakan masker lebih penting untuk mencegah seseorang menyebarkan virus Covid-19 dibandingkan mencegah terinfeksi. Namun ketika anak-anak berada dalam jarak dekat dengan menggunakan masker akan membantu mencegah terinfeksi virus juga. Masker juga membuat mereka tidak menyentuh mulut mereka.

4. Mintalah mereka untuk menghindari taman bermain

Ini mungkin merupakan solusi yang kontroversial. Di satu sisi, orang tua berusaha membuat mereka aktif bermain dan berinteraksi dengan anak-anak lain karena penting untuk proses pengembangan dan pembelajaran anak. Namun di sisi lain orang tua menyuruh anak lebih banyak menghabiskan waktu dengan membaca buku dan bermain di rumah untuk membatasi paparan virus. Pilihannya ada di tangan orang tua. Pilihan sebaiknya disesuaikan dengan kondisi terkini penyebaran virus.

Itulah cara melindungi anak-anak dari Covid-19. Anak-anak, khususnya bayi dan balita sekarang tak luput dari serangan virus Covid-19, khususnya varian delta. Oleh karena itu orang tua harus selalu mengawasi mereka, terutama sekarang mereka sudah kembali lagi ke sekolah. 

Di masa pandemi ini yang juga baik untuk dilakukan selain melindungi anak-anak adalah membantu mereka yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Caranya mudah sekali. Cukup downloadaplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Klik Untuk Donasi - Leher Icha terus Membengkak Setiap Harinya, Icha Butuh Pertolonganmu Segera!
Dental Caries
Nur Aisyah Putri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.919,600
  2. Pencapaian 8.72%
  3. Donatur 28

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Coronavirus (COVID-19): How to Protect Babies and Toddlers. (2021). Diambil kembali dari kidshealth.org.

Health Ministry Finds Delta Variant Tends to Infect Children. (2021). Diambil kembali dari en.tempo.co.

Moore, A. (2021). 4 things you can do to protect your kids from COVID-19 at school. Diambil kembali dari kcentv.com.Protecting your child from COVID-19. (2021). Diambil kembali dari hse.ie.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *