3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Setelah Vaksin

3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Setelah Vaksin

Bagi beberapa orang mungkin merasa khawatir untuk mendapatkan vaksin. Pasalnya banyak orang yang masih meragukan efektivitas dan efek samping yang ditimbulkannya. Namun kita tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut, pada artikel ini kita akan mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja yang perlu diperhatikan setelah vaksinasi agar dapat beraktivitas seperti biasa.

Daftar isi:

  1. 1. Apa itu Vaksin?
  2. 2. Seberapa Efektif Vaksin Tersebut?
  3. 3. Hal Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Setelah Vaksin?

Apa itu Vaksin?

Vaksin merupakan zat yang dibuat dan berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh dari suatu penyakit. Kandungan yang terdapat pada vaksin bisa berupa virus atau bakteri yang telah dilemahkan atau dimatikan, sehingga tidak akan membuat kita terinfeksi virus tersebut.

Klik Untuk Donasi - Vaksinasi Untuk Eliminasi COVID-19 | #SinergiUntukJakarta
  1. Terdanai Rp.1,259,000
  2. Pencapaian 0.81%
  3. Donatur 21

Seberapa Efektif Vaksin Tersebut?

Setelah menjalani vaksinasi, maka tubuh akan membentuk sebuah sistem kekebalan tubuh akan melihat zat yang ada pada vaksin sebagai antigen atau musuh. Maka itu, sebagai respon adanya ancaman dari musuh tersebut, tubuh kita akan memproduksi antibodi tanpa harus terkena infeksi virus. 

Dengan kita mendapatkan vaksin, maka kita dapat mencegah penularan penyakit, terutama penyakit yang dapat menginfeksi kita seperti Covid-19. Sebab dengan vaksin, tubuh kita dapat mengenali virus atau bakteri penyebab Covid-19 sehingga dapat memberikan perlawan. Atau apabila tertular Covid-19, vaksin dapat mencegah tubuh terkena komplikasi serius akibat virus. Agar vaksin dapat bekerja secara optimal, kita perlu mendapatkan vaksin sesuai dengan dosis yang dianjurkan, yakni 2 tahap. 

Hal Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Setelah Vaksin?

Setelah vaksin, tubuh kita masih membutuhkan waktu sebelum antibodi terbentuk dan mampu melawan infeksi virus Corona. Umumnya, antibodi baru akan terbentuk 1 bulan setelah vaksin tahap pertama. Namun, kinerja antibodi baru akan optimal ketika 28 hari hingga 35 hari setelah vaksin tahap kedua. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan setelah vaksin, apa sajakah itu?

Tetap Menjalankan Protokol Kesehatan

Meski sudah mendapatkan vaksin, bukan berarti tubuh kita sudah kebal sepenuhnya dari virus Corona. Kita masih dapat tertular dan bahkan menularkannya kepada orang lain. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona.

Bersama Lawan COVID-19, Bantu Masyarakat Terdampak

Perhatikan Efek Samping Vaksin

Efek samping yang muncul setelah vaksin merupakan bentuk reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang bereaksi terhadap kandungan antigen yang ada pada vaksin. Efek samping yang muncul setelah vaksin biasanya memiliki gejala seperti flu, seperti demam, sakit kepala, nyeri di area bekas suntikan, menggigil, serta kelelahan. 

Untuk mengatasi efek samping tersebut, kita dapat istirahat yang cukup, rutin mengonsumsi air mineral, makan makanan bergizi, memberi kompres dingin di area bekas suntikan, dan minum obat pereda nyeri seperti paracetamol. 

Menyiapkan Diri Untuk Vaksin Tahap Kedua

Bila sudah mendapatkan vaksin tahap pertama, jangan lupa bahwa akan ada vaksin tahap dua agar tubuh dapat mengoptimalkan antibodi dan tubuh akan lebih kebal terhadap virus Corona. Jadwal vaksin kedua akan biasanya akan ditentukan oleh dinas kesehatan setempat atau instansi terkait. 

Setelah mengetahui manfaat vaksin dan apa saja yang perlu diperhatikan setelah vaksin, sebaiknya kita tak perlu ragu lagi untuk menjalani program vaksinasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Tentunya vaksin tersebut sudah aman digunakan karena telah melalui proses panjang dan berbagai tahap uji klinis. 

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan serta menerapkan protokol kesehatan, ya. Sebab kesehatan merupakan hal yang berharga untuk kita jaga. Kita juga dapat membantu pasien yang membutuhkan uluran tangan kita, hanya melalui smartphone. Unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store agar kita dapat menyebarkan kebaikan kepada sesama kapanpun dan di manapun. 

Klik Untuk Donasi - Bantu Warga Terpapar Covid-19 dengan Tabung Oksigen Isoman
  1. Terdanai Rp.66,000
  2. Pencapaian 0.19%
  3. Donatur 9

Referensi:

  • Alodokter.com. (2021, 19 Mei). Informasi Berbagai Vaksin COVID-19 di Indonesia. Diakses pada 16 Agustus 2021, dari https://www.alodokter.com/informasi-berbagai-vaksin-covid-19-di-indonesia
  • Covid19.go.id. (2021, 28 Januari). 2 Dosis Vaksin COVID-19 Ini Tujuannya! Diakses pada 16 Agustus 2021, dari https://covid19.go.id/p/masyarakat-umum/2-dosis-vaksin-covid-19-ini-tujuannya
  • Unicef.org. (2021, 1 Juli). Hal-hal yang perlu diketahui sebelum, saat, dan setelah menerima vaksin COVID-19. Diakses pada 16 Agustus 2021, dari https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus/hal-hal-yang-perlu-diketahui-sebelum-saat-dan-setelah-menerima-vaksin-covid-19