Gizi Seimbang untuk Daya Tahan Tubuh

Gizi Seimbang untuk Daya Tahan Tubuh

Sejak Sekolah Juru Penerang Makanan didirikan pada 25 Januari 1951, tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Gizi Nasional. Ketika masih duduk di bangku SD, slogan “empat sehat lima sempurna” digalakkan di mana-mana, bahkan sudah dibuatkan lagunya. Prinsip ini dijadikan pedoman bagi para orang tua untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anaknya. Namun, setelah diteliti lebih lanjut, pedoman itu dianggap usang dan akhirnya kini diganti dengan Pedoman Gizi Seimbang. Yuk simak  pentingnya makanan gizi seimbang untuk daya tahan tubuh. 

Klik Untuk Donasi - Mengalami Gizi Buruk, Habid Butuh Bantuanmu Segera!
  1. Terdanai Rp.4,187,000
  2. Pencapaian 41.19%
  3. Donatur 117

Daftar isi:

  1. 1. Kegunaan Utama dalam Makanan
  2. 2. Panduan porsi untuk gizi seimbang

Kegunaan Utama dalam Makanan (Gizi Seimbang)

Dalam Piramida Makanan, terdapat bagian utama yang disebut dengan Triguna makanan atau 3 jenis makanan dengan 3 kegunaan utama yang berbeda. 

Zat Tenaga

Zat tenaga adalah unsur gizi dalam makanan sebagai pemberi tenaga. Zat ini memberikan sumber tenaga bagi tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Utamanya, zat ini terdapat dalam makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, kentang, sagu, gandum, singkong, jagung, ubi, dan segala makanan yang terbuat dari tepung. 

Zat Pengatur

Porsi zat ini lebih sedikit dari zat tenaga yang berfungsi mengelola organ tubuh supaya bekerja secara optimal. Zat ini terdiri dari vitamin dan mineral yang bisa ditemukan pada sayuran dan buah-buahan. Vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk makanan gizi seimbang antara lain vitamin C (jeruk, vitamin A (sayuran yang mengandung beta karoten seperti wortel), vitamin B6 (sayuran hijau, salmon, dan tuna), vitamin E (biji-bijian dan kacang-kacangan) dan zat besi (sayuran berwarna hijau pekat, daging merah, dan hati ayam). 

Zat Pembangunan

Porsi zat pembangunan lebih sedikit dari zat tenaga dan pengatur. Namun, porsi yang sedikit tidak mengurangi pentingnya peran zat ini. Zat pembangun berfungsi untuk pertumbuhan, pembentukan, dan pemeliharaan sel organ tubuh. Yang termasuk di dalamnya adalah protein (nabati dan hewani). 

Zat Lain 

Selain ketiga zat utama yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa makanan yang tetap dibutuhkan meskipun dalam porsi kecil, yaitu minyak, gula, garam. Sedangkan zat lain yang tidak kalah penting dan juga dibutuhkan dalam jumlah banyak – air. Sumber air bisa didapatkan baik dari air murni maupun air yang terkandung di makanan lain seperti buah-buahan. 

Tingkatkan Gizi dan Imunisasi Anak Panti Asuhan di Ende dan Sumba!

Panduan porsi untuk gizi seimbang

Untuk bisa memenuhi kebutuhan gizi harian yang seimbang, maka kandungan vitamin makanan dan zat-zat makanan di atas perlu dipenuhi dari beragam makanan. Agar tidak kekurangan maupun berlebihan dalam mengonsumsi zat tertentu, maka idealnya kita mengikuti panduan porsi yang juga disebut dengan ‘panduan piring makan’. Inilah panduannya: 

  • Sekitar ½ piring makan sayur dan buah beraneka warna 
  • Sekitar ¼ piring makan sumber protein dan lemak sehat. Termasuk di dalamnya antara lain daging putih (ikan dan ayam dan kacang-kacangan (tempe, tahu, susu kacang, dll). Dianjurkan untuk memilih sumber protein dari daging putih dan batasi produk daging olahan.
  • Sekitar ¼ piring makan sumber karbohidrat. Utamakan untuk mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, nasi merah atau coklat, dan gandum untuk menjaga kestabilan gula darah. 


Kini kita sudah memahami unsur gizi dalam makanan sebagai pemberi tenaga dan untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan mengetahui dan memahami apa saja kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh dan mengetahui proporsi yang benar, semoga tubuh kita menjadi lebih sehat.

Banyak dari saudara kita yang masih belum optimal pemenuhan gizinya. Sekarang saatnya kita berbagi kebaikan dengan berdonasi. Mari kita bantu kesembuhan mereka dengan berdonasi melalui aplikasi atau situs web WeCare.id. Jadi, yuk berikan donasi terbaik kamu melalui WeCare.id. Kamu bisa berdonasi mulai dari Rp1.000 saja di WeCare.id. Selain itu, jangan lupa untuk mengunduh aplikasinya melalui App Store atau Google Playstore , ya.

Klik Untuk Donasi - Gizi Adik-Adik Disabilitas Mulai Memburuk
  1. Terdanai Rp.300,000
  2. Pencapaian 1.30%
  3. Donatur 6

Referensi: