Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah Saja

Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah Saja

Tidak sedikit dari kita yang mengalami stress saat pandemi Covid-19, bahkan ada juga yang khawatir dan panik berlebihan. Sedihnya, hal tersebut dapat menurunkan imun tubuh, jadi lebih mudah terkena penyakit. Untuk membantu tubuh menangkal hal – hal tersebut, ayo kita olahraga di rumah.

Klik Untuk Donasi - Menuju Indonesia Sehat, Merata
Indonesia Bangkit

Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.89,000
  2. Pencapaian 0.01%
  3. Donatur 7

Manfaat Berolahraga di Rumah

Manfaat olahraga sudah bukan rahasia umum lagi, badan bisa menjadi lebih sehat dan menjadikan diri sendiri bahagia. Hal ini karena saat berolahraga, tubuh mengeluarkan serotonin dan hormon – hormon yang bermanfaat lainnya. Keuntungan olahraga di rumah adalah terhindar dari polusi udara, terutama pada masa pandemi Covid-19, bisa untuk menjaga diri sendiri dan juga orang lain di sekitar kita. Berikut ada 5 olahraga yang dapat kamu coba di rumah:

1. Naik Turun Tangga

Aktivitas ini adalah yang mudah untuk dilakukan di rumah. Olahraga ini memang terdengar sederhana, tapi tetap bisa menghasilkan keringat. Yang diperlukan untuk melakukan olah raga ini di rumah adalah anak tangga, tapi bukan berarti harus punya rumah tingkat ya. 

Anak tangga apa saja yang ada di rumahmu bisa digunakan. Tak ada anak tangga? Kamu bisa menggunakan sebuah bangku kecil. Lakukan gerakan naik – turun selama 10 hingga 15 menit sebanyak tiga kali sehari, dan kamu akan merasa seperti melakukan olahraga aeoribik yang ringan. Olahraga ini juga cocok untuk para ibu yang ada di rumah.

2. Latihan Kekuatan Otot

Apabila kamu tidak mengincar tubuh seorang body builder dan hanya ingin mengeluarkan keringat saja, kamu bisa melakukan latihan kekuatan otot secara sederhana di rumah. Saat ini terdapat banyak tutorial yang disediakan oleh internet dan aplikasi pada telepon pintarmu. Perhatikan intensitas serta langkah – langkahnya dengan benar, maka daya tahan tubuhmu bisa terbantu karena adanya aktivitas ini.

Bantu Penuhi Kebutuhan Tabung Oksigen Pasien Covid-19 di Gresik

3. Senam atau Menari

Dengan panduan YouTube kamu bisa melakukan senam ritmik secara mandiri di rumah. Terdapat banyak video senam yang lengkap dengan instrukturnya, seperti senam pramuka, zumba, pilates atau dansa modern. Cukup dengan mengetik jenis senam yang sesuai dengan seleramu dan mulailah berolahraga. Contoh lainnya adalah senam aerobik yang dipercaya bisa membantu meredakan gejala kecemasan berlebih dan juga depresi.

Selain senam, kamu juga bisa mencoba berdansa dengan menirukan dansa artis atau grup kesukaanmu. Gerakan – gerakan yang diiringi dengan lagu kesukaan tentunya bisa membuatmu bersemangat bukan? Lakukan dengan semangat dan benar, maka kegiatan ini akan membantumu menjadi lebih bugar dan sehat. Kalau kamu orangnya malas gerak, coba lakukan senam kegel terlebih dahulu.

4. Jalan Santai

Tak punya anak tangga dan tidak percaya diri untuk senam dan berdansa? Olah raga ini mungkin cocok untukmu. Jalan santai tidak harus keluar rumah, kamu bisa melakukannya di sekitar rumahmu, seperti di pekarangan rumah atau di dalam rumah. Adapun salah satu syarat agar kegiatan ini berhasil adalah dengan berjalan pada kecepatan yang tetap. Misalnya, berjalan dari dapur ke ruang tamu berkali – kali, itu sudah bisa dikatakan sebagai peregangan tubuh. Selain itu, kamu bisa melakukan ini sebagai peregangan sebelum latihan kekuatan otot.

5. Yoga

Olahraga yang satu ini mungkin terlihat mudah bagimu. Namun jika melakukannya secara benar dan sungguh – sungguh, olahraga ini bisa membakar lemak secara efektif. Selain itu, kamu juga bisa merasa lebih santai dan tenang. Kegiatan ini memang dikenal efektif untuk menyehatkan raga, sekaligus jiwa juga.

Itulah 5 olahraga di rumah yang bisa kamu coba sendiri atau bersama keluarga. Kita semua tentunya ingin pandemi ini segera berakhir, jadi bisa olahraga di luar lagi. Ayo berdonasi di WeCare.id, untuk membantu para tenaga kesehatan yang berjuang agar Indonesia bangkit kembali. Selain itu, kamu juga bisa berdonasi di WeCare.id dengan mudah melalui aplikasinya yang tersedia di App Store dan Google Play Store, ayo download sekarang

Klik Untuk Donasi - Bersama Lawan COVID-19, Bantu Masyarakat Terdampak
  1. Terdanai Rp.2,820,099
  2. Pencapaian 2.44%
  3. Donatur 42

Referensi:

Adrian, Kevin. 2021. 5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi yang Ampuh. Diakses dari: https://www.alodokter.com/5-cara-meningkatkan-daya-tahan-tubuh-di-masa-pandemi-yang-ampuh/ 

Afifah, Mahardini. 2021. 4 Olahraga di Rumah untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh saat Pandemi Covid-19. Diakses dari: https://health.kompas.com/read/2021/07/02/073100868/4-olahraga-di-rumah-untuk-meningkatkan-daya-tahan-tubuh-saat-pandemi-covid-19?page=all

Anonim. Macam-Macam Olahraga di Rumah Saat Pandemi Virus Corona. Diakses dari: https://saumata.com/id/macam-macam-olahraga-di-rumah-saat-pandemi-virus-corona/ 

Batam, Dinkes. 2021. Olahraga Di Masa Pandemi Covid-19. Diakses dari: https://dinkes.batam.go.id/2021/04/16/olahraga-di-masa-pandemi-covid-19/ 

Dewi, Retia. 2020. Catat, Ini Jenis Olahraga yang Direkomendasikan WHO Selama Pandemi Virus Corona. Diakses dari: https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/29/080300365/catat-ini-jenis-olahraga-yang-direkomendasikan-who-selama-pandemi-virus?page=all

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *