Manfaat dan Ragam Gerakan Senam Kegel bagi Pria dan Wanita

Manfaat dan Ragam Gerakan Senam Kegel bagi Pria dan Wanita

Pengertian senam kegel adalah senam yang dilakukan untuk melatih, menguatkan, dan mengencangkan otot panggul bawah. Otot-otot yang dilatih antara lain otot yang menyokong rahim, usus besar, dan kantong kemih. Otot-otot tersebut bisa melemah karena persalinan, obesitas, umur, diabetes, masalah prostat, dan operasi.

Klik Untuk Donasi - Bantu Sukseskan Program Wakaf Al-Qur'an
  1. Terdanai Rp.180,500
  2. Pencapaian 0.30%
  3. Donatur 12

Daftar isi:

  1. 1. Manfaat Senam Kegel
  2. 2. Gerakan dan Cara Senam Kegel

Manfaat Senam Kegel

Manfaat dari mengencangkan otot panggul bawah tidak hanya dirasakan oleh kaum wanita namun juga bagi kaum pria. Manfaat yang didapat antara lain:

1. Meningkatkan performa seksual pria dan wanita

Senam kegel sederhana pria bisa mengencangkan otot panggul dan melancarkan sirkulasi darah di sekitar penis yang bisa mengatasi masalah yang berkaitan dengan performa seksual seperti ejakulasi dini dan disfungsi ereksi, bahkan meningkatkan intensitas orgasme. Senam kegel sederhana untuk merapatkan miss V juga bisa meningkatkan performa di ranjang. 

2. Meningkatkan kontrol kandung kemih

Seiring bertambahnya usia, kontrol kandung kemih menjadi berkurang. Itulah mengapa kita seringkali mendapati fenomena orang lanjut usia mengompol. Terkadang air seni keluar dengan sendirinya ketika batuk, bersin, atau bahkan tertawa. Tentu hal ini terasa tidak nyaman. Tenang saja, hal ini bisa diatasi dengan senam kegel secara rutin. 

3. Melancarkan proses lahiran dan kehamilan

Senam kegel tidak hanya memperkuat tapi juga melenturkan otot panggul sehingga proses melahirkan menjadi lebih lancar, cepat, dan aman. Selama masa kehamilan, kondisi tubuh wanita berubah dan masalah-masalah Kesehatan yang tadinya tidak ada bisa muncul seperti nyeri punggung bawah, sulit BAB, nyeri saat buang air kecil, buang air besar, dan melakukan aktivitas seksual. Semua masalah ini bisa diatasi dengan melakukan senam kegel. 

4. Mencegah turunnya rahim 

Turunnya rahim atau peranakan bisa terjadi ketika otot dan jaringan di sekitar panggul melemah sehingga tidak mampu menyangga rahim. Hal ini disebabkan oleh kehamilan, persalinan, atau penuaan, terutama di kalangan wanita yang sudah mengalami menopause dan melakukan persalinan normal. Jika tidak ditindaklanjuti, maka bisa menyebabkan infeksi. Senam kegel akan memperkuat jaringan di sekitar panggul sehingga bisa mencegah turunnya peranakan. 

Bantu Adik-adik Disabilitas Keluarga Dhuafa Dapatkan Gizi Yang Baik

Gerakan dan Cara Senam Kegel

Senam kegel yang sangat bermanfaat untuk merapatkan miss V ini bisa dilakukan dengan beberapa gerakan sederhana. Caranya sangat mudah. Berikut adalah cara-caranya:

  • Rasakanlah otot-otot mana yang akan dilatih dengan mengencangkan otot tersebut. 
  • Ambil posisi berbaring 
  • Kencangkan otot panggul, tahan kontraksi hingga 3 detik, lemaskan 3 detik
  • Lakukan gerakan ini berulang-ulang 2 kali dalam sehari. Dalam satu sesi, ulangi gerakan 1-3 dengan 10 hingga 30 kali pengulangan.  

Lakukanlah gerakan sederhana ini hingga merasa terbiasa dan hindari menahan napas saat latihan, rileks saja. Pertahankan fokus pada otot yang ditargetkan. Gerakan ini juga bisa dilakukan sambil berdiri atau berjalan sembari melakukan aktivitas lain.  Manfaat dari senam kegel pria dan wanita sudah bisa dirasakan dalam 3 hingga 6 minggu. 

Meskipun terdengar sepele, namun senam kegel membawa begitu banyak manfaat tidak hanya untuk kaum hawa tetapi juga kaum adam. Masalah kesehatan kini tidak bisa dianggap enteng lagi. Biaya rumah sakit semakin mahal dan banyak orang sakit yang tidak mampu membayar perawatan. Maka kami, wecare.id menyediakan platform pengumpulan dana bagi teman-teman yang membutuhkan. 

Yuk,  berdonasi mulai dari Rp1.000 saja di WeCare.id. Kamu juga bisa mengunduh aplikasinya di App Store atau Google Play. Dengan begitu, donasi pun lebih praktis tanpa ribet.

Klik Untuk Donasi - Alami Gangguan pada Tulang Belakangnya, Anisa Butuh Pertolongan Segera!
Skoliosis
Anisa Amar Wardana
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,083,000
  2. Pencapaian 18.75%
  3. Donatur 16

Referensi:

Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel. Alodokter. https://www.alodokter.com/manfaat-dan-cara-melakukan-senam-kegel

Manfaat dan Cara Senam Kegel Sederhana untuk Pria. Kompas. https://health.kompas.com/read/2020/10/18/212700968/manfaat-dan-cara-senam-kegel-sederhana-untuk-pria?page=all

Turun Peranakan. Alodokter. https://www.alodokter.com/turun-peranakan.