Manfaat Senam Kegel untuk Kesehatan Seksual Pria dan Wanita

Manfaat Senam Kegel untuk Kesehatan Seksual Pria dan Wanita

Bagi khalayak luas, senam kegel mungkin lebih identik dilakukan oleh wanita. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ternyata senam kegel juga bisa dilakukan oleh kaum pria. Senam yang berfokus pada bagian panggul bawah ini memiliki banyak manfaat.

Kata “kegel” sendiri memiliki arti sebagai nama suatu latihan yang ditujukan untuk otot panggul. Maka, pengertian senam kegel adalah rangkaian gerakan yang bertujuan untuk mengecangkan otot – otot pada panggul bawah (di sekitar alat reproduksi dan usus besar).  Berikut adalah pembahasan mengenai cara dan manfaat dari senam kegel untuk pria dan wanita:

Daftar isi:

  1. 1. Senam Kegel Sederhana
  2. 2. Manfaat Senam Kegel

Klik Untuk Donasi - Ayo Bantu WeCare.id Kirim Donasi ke Seluruh Nusantara!
  1. Terdanai Rp.7,009,717
  2. Pencapaian 4.51%
  3. Donatur 127

Senam Kegel Sederhana

Melatih otot panggul bawah dengan rutin melakukan senam kegel tentunya dapat dilakukan di sela – sela aktivitas. Adapun cara – cara melakukan senam kegel adalah sebagai berikut:

1. Rasakan Otot Panggul Bawah

Sebelum memulai aktivitas ini, Anda harus bisa merasakan terlebih dahulu otot – otot yang berada pada panggul bawah. Salah satu caranya adalah dengan memperlambat atau menghentikan aliran urine. Otot – otot yang Anda gunakan saat mencoba hal tersebut adalah otot – otot  panggul bawah yang akan dilatih.

Ketika Anda sudah mengetahui otot mana yang akan dilatih, rasakanlah kontraksinya. Untuk permulaan, lakukanlah pada posisi berbaring. Setelah terbiasa, Anda bisa melakukannya dengan posisi apapun.

2. Pelajari Tekniknya

Saat Anda dalam posisi terbaring, kencangkan otot panggul sampai kontraksinya terasa. Tahanlah kontraksi tersebut selama 3 detik, kemudian lemaskan selama 3 detik. Lakukanlah berulang – ulang sampai otot panggul Anda terbiasa dan terasa lebih kuat. Hindari untuk menahan otot pantat, paha atau perut. Saat sudah terbiasa, coba lakukan senam kegel dalam posisi berdiri, duduk atau saat berjalan.

3. Berusahalah untuk Fokus

Lakukanlah senam ini dengan fokus sebanyak 2 kali sehari dengan satu sesi yang terdiri dari 10 hingga 30 kontraksi. Dengan adanya fokus, tentu hasil yang diperoleh akan maksimal. Saat Anda mengencangkan otot panggul bawah, jangan lupa untuk bernafas dengan normal.

Senam kegel yang dilakukan oleh wanita tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan oleh pria.

Pada wanita, gerakan senam kegel lebih kepada mengerutkan otot panggul bawah atau dengan “menjepit” dan melepaskannya.

Cara mengidentifikasinya sama dengan pria, lakukan teknik “menjepit” secara berulang – ulang dan pertahankan fokus saat melakukannya. Anda dapat melakukannya secara rutin sebanyak tiga kali sehari dengan 10 hingga 15 kali pengulangan setiap sesi.

Klik Untuk Donasi - Bantu RSCM Kiara Bangun Lantai Khusus Covid-19
  1. Terdanai Rp.109,160,467
  2. Pencapaian 9.45%
  3. Donatur 125

Manfaat Senam Kegel

Selain untuk menjaga keharmonisan rumah tangga, senam ini tentunya memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut adalah manfaat senam kegel bagi pria dan wanita:

Wanita

1. Merapatkan Miss V

Kabar bahwa senam kegel sederhana untuk merapatkan Miss V tentunya sudah tidak asing lagi didengar oleh para wanita. Lakukanlah senam ini secara rutin dan dengan fokus baik sebelum ataupun setelah persalinan normal.

2. Mempercepat Pemulihan Miss V setelah Melahirkan

Senam kegel juga berguna untuk melancarkan darah pada area Miss V. Aliran darah yang lancar tentunya akan membawa oksigen dan nutrisi – nutrisi yang diperlukan untuk mempercepat pemulihan akibat proses episotomi.

Pria

1. Mengatasi dan Mencegah Ejakulasi Dini

Senam ini sudah terbukti dapat membantu para pria untuk mencegah atau mengatasi ejakulasi dini. Hal ini sudah diuji dalam international Journal of Andrology. Jika Anda merasa insecure akan hal ini, cobalah untuk melakukan senam kegel dengan fokus dan rutin.

2. Meningkatkan Performa dalam Berhubungan Suami-Istri

Dengan dilatihnya otot – otot panggul, aliran darah akan lancar. Hal ini akan membuat Anda tidak gampang lelah dan meningkatkan performa saat melakukannya.

Setelah membaca artikel ini, tentunya Anda ingin segera mencoba senam kegel bukan? Selain mudah dan dapat dilakukan kapan saja, ternyata memiliki manfaat yang lainnya. Lakukanlah secara rutin untuk merasakan manfaat – manfaatnya!

download_app

Referensi:

Marianti. 2019. Cara Senam Kegel Pria Ini Fapat Membuat Anda Makin Perkasa di Ranjang. Alodokter.com.
Wijono. Sara. 2020. Cara Melakukan Senam Kegel. Klikdokter.com.
Handayani, Ferury. 2020. Punya Banyak Manfaat, Apa Itu Senam Kegel?. Halodoc.com.
Fadli, Rizal. 2020. Ini Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel. Halodoc.com.
Adrian, Kevin. 2018. Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel. Alodokter.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *