Membantu Negeri dengan Donasi Covid-19

Membantu Negeri dengan Donasi Covid-19

Sumber foto: pexels.com

Pandemi virus Covid-19 yang telah melanda Indonesia selama 1 tahun ini telah membuktikan bahwa solidaritas dan gotong royong masih menjadi aspek yang relevan dalam menghadapi suatu masalah. Pasalnya, tidak semua dari kita mampu menghadapi musibah tersebut sendirian. Banyak dari saudara – saudari kita yang membutuhkan bantuan untuk meneruskan hidup.

Kita memang menghadapi badai yang sama, tetapi rumah kita tidaklah sama, bahkan mungkin ada yang tidak memiliki rumah. Perumpamaan tersebut banyak diucapkan di media sosial, dan memanglah sesuai dengan keadaan yang ada di lapangan. Disinilah rasa solidaritas dan gotong royong harus diterapkan. 

Donasi covid adalah suatu gerakan dimana kita bisa saling membantu untuk mereka yang terkena oleh dampak ini. Tidak hanya dari sisi ekonomi, tapi juga dari sisi kesehatan dan keselamatan para petugas yang berjuang di garda depan.  

Daftar isi:

  1. 1. Mengapa Donasi Covid Sangat Penting?
  2. 2. Cara Donasi
  3. 3. Jenis Donasi

Klik Untuk Donasi - Ayo Bantu WeCare.id Kirim Donasi ke Seluruh Nusantara!
  1. Terdanai Rp.7,009,717
  2. Pencapaian 4.51%
  3. Donatur 127

Mengapa Donasi Covid Sangat Penting?

Banyak dari kita yang kehilangan penghasilan utama akibat Covid-19, baik dari terkena PHK ataupun karena harus melakukan isolasi mandiri. Ketika seseorang harus melakukan isolasi mandiri, secara otomatis mereka tidak boleh kemana – mana. Ingatlah, semua pekerjaan tidak bisa dilakukan secara daring atau WFH.

Dengan hilangnya kemampuan untuk mencari nafkah, bagaimana dengan keluarga mereka di rumah? Disinilah pentingnya, kita bisa berdonasi untuk kelangsungan hidup mereka. Selain mendapatkan amal kebaikan, kita juga membantu mereka untuk tetap di rumah dan menerapkan Gerakan 5M yang sudah disosialisasikan oleh masyarakat. Dengan demikian, kita secara tidak langsung ikut menekan jumlah peningkatan atau penyebaran virus Covid -19 di Indonesia.

Tentu saja, penekanan jumlah pasien Covid-19 juga tidak lepas dari kerja keras para tenaga kesehatan dan petugas di garda terdepan. Meskipun pandemi ini sudah berlangsung sealama 1 tahun, mereka masih kekurangan APD untuk digunakan saat bertugas. Hal tersebut terjadi karena lonjakan jumlah pasien yamh melampaui kapasitas perawatan pada suatu fasilitas kesehatan.

Cara Donasi

Terdapat banyak cara untuk melakukan donasi covid. Ada yang menyelenggarakan secara online maupun offline. Saat ini, donasi secara online adalah pilihan yang tepat. Mengapa demikian? Karena kita bisa sekaligus melaksanakan Gerakan 5M dan tidak perlu pusing memikirkan jarak. Namun, jangan lupakan mereka yang berada di dekatmu, bantulah mereka secara langsung sambil menerapkan protokol kesehatan. 

Klik Untuk Donasi - Bantu RSCM Kiara Bangun Lantai Khusus Covid-19
  1. Terdanai Rp.109,160,467
  2. Pencapaian 9.45%
  3. Donatur 125

Jenis Donasi

Ketika niat sudah terkumpul, tentunya kamu mulai memikirkan donasi apa yang harus dilakukan. Terdapat banyak pilihan, kamu bisa berdonasi dengan uang tunai dengan jumlah yang bebas, atau dengan membelikan barang seperti dua jenis berikut:

Donasi Sembako

Donasi jenis ini berarti kamu menyumbangkan dana sesuai dengan pilihan sembako yang disediakan oleh suatu kampanye. Umumnya, akan ditampilkan jenis sembako dengan harga yang sudah ditentukan. Jika tidak, kamu bisa mendonasikan jumlah uang sesuai dengan keinginanmu.

Donasi Alat Pelindung Diri

Sama halnya dengan donasi sembako, hanya saja donasi ini berbentuk APD yang nantinya akan digunakan oleh para petugas garda depan dalam memerangi pandemic Covid-19. Kamu bisa memilih alat apa yang ingin kamu donasikan, nantinya panitia kampanye akan membelikan barang tersebut dan mengirimkannya kepada pihak yang membutuhkan.

Terdapat banyak kampanye yang bertebaran di internet, salah satunya diadakan di WeCare.id, marilah kita membantu negeri dengan menunjukkan solidaritas kita untuk para pahlawan medis dengan berdonasi di sini. Jika kamu kesulitan mengakses website, kamu bisa berdonasi di aplikasi Wecare.id. Selain donasi covid terdapat juga kampanye donasi lainnya, ayo download dan berdonasi bersama WeCare.id!

download_app

Referensi:

BBC. 2020. Virus corona: Solidaritas bantuan untuk warga ekonomi bawah, ‘lebih baik daripada saling menyalahkan. bbc.com.

Bimo and Lilis. 2020. Lawan Virus Corona Covid-19, Ini Gerakan Donasi yang Bisa Kamu Ikuti. Suara.com.

Imandar, Yudistira. 2020. Ikut Donasi Bantu Atasi COVID-19 dari Rumah dengan Cara Ini. News.detik.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *