Fundraising: Pengertian, Metode, dan Manfaat

Fundraising: Pengertian, Metode, dan Manfaat

Fundraising atau penggalangan dana sering dilakukan perorangan ataupun organisasi nirlaba. Penggalangan dana ini bisa dalam bentuk uang, jasa, ataupun barang dan hasilnya digunakan untuk kelangsungan hidup orang banyak. Ingin tahu lebih dalam tentang pengertian, metode, dan manfaat penggalangan dana? Simak penjelasannya.

Daftar isi:

  1. 1. Pengertian Fundraising
  2. 2. Metode Melakukan Fundraising
  3. 3. Manfaat Melakukan Fundraising

Pengertian Fundraising

Fundraising atau yang sering dikenal dengan penggalangan dana adalah suatu upaya atau proses kegiatan dalam rangka menggalang atau menghimpun dana, baik berupa infak, sedekah, zakat, maupun sumber dana lainnya dari individu, kelompok, organisasi, perusahaan, dan pemerintah. 

Klik Untuk Donasi - 1000 Rupiah untuk Penanaman 1 Bibit Pohon
  1. Terdanai Rp.12,000
  2. Pencapaian 0.15%
  3. Donatur 3

Dana tersebut biasanya digunakan untuk membiayai kegiatan operasional suatu lembaga atau untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. 

Metode Melakukan Fundraising

Berikut adalah beberapa metode yang bisa dilakukan kamu untuk melakukan penggalangan dana. Simak ulasannya.

1. Mengadakan acara

Metode pertama adalah mengadakan acara. Metode ini cukup populer digunakan oleh organisasi nirlaba (non-profit) untuk menggalang dana. Mereka mengundang berbagai tamu untuk datang ke acara dengan tujuan yang telah ditentukan. Ketika dana terkumpul dana tersebut akan diserahkan ke lembaga tersebut untuk digunakan sesuai dengan tujuannya.

2. Menjadi sukarelawan secara

Selanjutnya adalah dengan menjadi sukarelawan online. Kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan online dan mengajak orang-orang untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang kamu lakukan.

3. Menggalang dana lewat momen ulang tahun

Momen penting ulang tahun bisa kamu gunakan untuk menggalang dana. Kamu bisa mengajak teman-teman dan keluarga untuk menyumbang atau menggalang dana sebagai ganti pemberian kado. 

4. Menggunakan kotak amal (charity box)

Menggunakan kotak amal (charity box) menjadi metode yang paling sering digunakan dalam kegiatan keagamaan, sosial, dan kemasyarakatan umumnya untuk memberikan donasi. Biasanya kotak amal ini akan dikemas lebih menarik sesuai dengan judul penggalangan dana.

5. Membuat kampanye lewat media sosial

Metode ini juga sering digunakan untuk fundraising. Kamu cukup membuat penggalangan dana lewat berbagai media sosial. Kamu ceritakan tentang lembaga yang sedang kamu jalankan dan kampanyekan tujuannya. Pastikan kamu bersifat transparan dengan penggalangan dana ini.

6. Menggalang dana lewat situs web

Menghimpun dana juga bisa kamu lakukan lewat situs web. Salah situs web yang dibuat khusus untuk menggalang dana untuk donasi kesehatan dan korban bantuan bencana secara online adalah WeCare.id. Melalui situs ini kamu bisa menggalang dana sekaligus berdonasi.

Investasi Akhirat Terbaik Dengan Wakaf Qur’an

Manfaat Melakukan Fundraising

Melakukan penggalangan dana memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaatnya.  

1. Menghimpun dana

Ketika kamu ingin menggalang dana, kamu berharap mendapatkan sejumlah dana dari kegiatan yang kamu buat. Dengan melakukan hal tersebut, dana yang kamu cari dapat diperoleh. 

2. Menghimpun donatur

Selain mendapatkan dana yang dibutuhkan, manfaat yang diperoleh adalah dapat menghimpun donatur. Jumlah donatur yang tergabung dalam lembaga yang kamu jalankan pun bertambah. 

3. Mengajak untuk melakukan kebaikan

Pada dasarnya menggalang dana ditujukan untuk menghimpun dana untuk diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Hasil dana yang diperoleh dapat diberikan langsung kepada orangnya atau ke organisasi nirlaba sesuai dengan tujuan. 

Dengan melakukan penggalangan dana, kamu mengajak banyak orang untuk peduli dan melakukan kebaikan kepada orang lain. Selain itu, kamu juga telah menolong banyak orang yang membutuhkan.

Inilah penjelasan tentang pengertian, metode, dan manfaat fundraising yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin berdonasi menggalang dana untuk orang yang membutuhkan atau korban bencana alam, kamu bisa berdonasi di WeCare.id. Kamu juga bisa ikut berdonasi di mana dan kapan saja, cukup unduh aplikasi WeCare.id dan instal di ponsel pintar kamu.

Klik Untuk Donasi - Traktir Makan Saudara Tidak Mampu di Bulan Ramadhan
  1. Terdanai Rp.15,683
  2. Pencapaian 0.00%
  3. Donatur 2

Referensi

Phreeque.com. (2019, 24 Oktober). Tujuan dan Metode yang Dilakukan bagi Lembaga Fundraising Indonesia. Diakses pada 13 Maret 2021 dari https://phreeque.com/tujuan-dan-metode-yang-dilakukan-bagi-lembaga-fundraising-indonesia/

Pramusinto, Wahyu. “Beberapa Manfaat Penggalangan Dana yang Belum Anda Ketahui.” http://www.wahyupramusinto.com/beberapa-manfaat-penggalangan-dana-yang-belum-anda-ketahui/. (Diakses Maret 13, 2021).

Setiawan, Sigit Budhi. “17 Metode Fundraising.”. http://lingkarlsm.com/17-metode-fundraising/. (Diakses Maret 13, 2021).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *