7 Hikmah Zakat dan Keutamaannya: Muslim Wajib Tahu

7 Hikmah Zakat dan Keutamaannya: Muslim Wajib Tahu

Pengertian hikmah zakat dan keutamaannya terutama bagi muzakki memang sudah seharusnya muslim ketahui, ada 7 poin yang akan kita bahas kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Dalam Islam, zakat adalah cara kita menyucikan harta dan berbagi dengan sesama. Hikmah zakat tentu sangatlah banyak, baik bagi yang memberi maupun yang menerima. QS at-Taubah [9]: 103 berbunyi, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka”

Banyak keutamaan yang terkandung dalam zakat sehingga umat Muslim pastilah tidak ingin menangguhkannya. Apa saja hikmah zakat? Secara umum pengertian hikmah zakat adalah seperti dibawah ini.

Daftar isi:

  1. 1. Menyempurnakan Iman
  2. 2. Membersihkan Harta
  3. 3. Menghapus Dosa
  4. 4. Mempererat Persaudaraan
  5. 5. Melatih Kerendahan Hati
  6. 6. Meningkatkan Rezeki
  7. 7. Terhindar Dari Siksa Neraka

Klik Untuk Donasi - Sucikan Hati dengat Zakat, Kuatkan Ibu dan Anak di Pelosok Indonesia
  1. Terdanai Rp.12,938,700
  2. Pencapaian 1.12%
  3. Donatur 47

1. Menyempurnakan Iman

Zakat adalah rukun Islam ketiga. Melaksanakan zakat menjadi salah satu cara umat muslim menyempurnakan iman. Dengan mengeluarkan zakat, kita menunjukkan rasa peduli kepada sesama. 

Rasulullah SAW bersabda, “Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari: 13)

2. Membersihkan Harta

hikmah zakat seperti yang sudah disebukan di atas adalah menyucikan harta. Dalam QS At-Taubah ayat 103 disebutkan, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Karena dari harta kita ada hak fakir miskin atau saudara yang membutuhkan, sudah sepatutnya kita mengeluarkan hak mereka dalam bentuk zakat tadi.

Baca juga: Yuk zakat bersama rumah zakat.

3. Menghapus Dosa

Dari banyak hikmah zakat, mengurangi atau menghapus dosa adalah satu diantaranya. Rasulullah SAW bersabda, “Amal memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.” (Dalam HR. At-Tirmidzi dan An-Nasaa’i)

Orang yang enggan mengeluarkan zakat malah akan mendapatkan keburukan dalam hidupnya. Sedangkan zakat mendatangkan banyak keberkahan.

Klik Untuk Donasi - Bersihkan hatimu dengan berbagi, bersihkan hartamu dengan berzakat
ZAKAT ONLINE

Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.52,698,332
  2. Pencapaian 45.63%
  3. Donatur 271

4. Mempererat Persaudaraan

Tidak hanya bagi si pemberi, penerima zakat pun tentu mendapatkan banyak kebaikan di dalamnya. Saudara yang kesusahan akan terbantu dengan zakat yang diterimanya. Hal ini tentu akan mengurangi kesenjangan sosial. Lihat jenis & syarat zakat disini.

Selain itu, angka kejahatan pun bisa berkurang. Kejahatan yang didasari oleh himpitan ekonomi bisa dihindari saat saudara yang kekurangan mendapatkan bantuan. 

5. Melatih Kerendahan Hati

Sebaik-baiknya kebaikan adalah kebaikan yang tidak diketahui orang. Dalam berzakat pun sama. Alangkah baiknya jika kita tidak melakukannya secara terang-terangan. Allah SWT tidak menyukai hamba-Nya yang tinggi hati. 

Dalam HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Hiban, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Amal yang diberikan secara rahasia dapat memadamkan kemurkaan Allah SWT.”

6. Meningkatkan Rezeki

Jika kita ingin melancarkan rezeki, maka solusi paling tepat adalah dengan mengeluarkan zakat. Zakat tidak akan mengurangi harta kita. Sebaliknya, orang yang rajin berzakat hartanya akan semakin bertambah.

QS Saba’ 39 disebutkan, “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” Dalam HR. Muslim no. 2558 juga berbunyi, “Sedekah tidaklah mengurangi harta.”

Klik Untuk Donasi - Zakat bersama DOMPET DHUAFA
  1. Terdanai Rp.8,295,000
  2. Pencapaian 7.18%
  3. Donatur 19

7. Terhindar Dari Siksa Neraka

Hikmah zakat selanjutnya adalah menjauhkan diri dari api neraka. Hal tersebut tercantum dengan jelas dalam QS At Taubah ayat 34-35, “Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.”

“Pada hari dipanaskan emas perak itu di dalam neraka Jahanam, lalu dibakarnya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan.”

Nah sudah tahu kan kebaikan-kebaikan yang terkandung dalam harta yang kita keluarkan bagi sesama? Hikmah zakat sangatlah besar. Karenanya, yuk segerakan berzakat. Sekarang, kita bisa mengeluarkan zakat dengan mudah dan menentukan sendiri kepada siapa zakat akan kita berikan.

Lihat panduan perhitungan zakat penghasilan.

Melalui aplikasi WeCare.id, mari sama-sama salurkan bantuan kita bersama.

download_app

Referensi:

Tartila Aryani.(2020).Pengertian, Hikmah Menunaikan, dan Macam-Macam Zakat.KitaBisa.com

Iqbal Hariadi.(2020).7 Hikmah Bersegera Membayar Zakat Harta untuk Umat Islam.KitaBisa.com

Hikmah Zakat Bagi yang Menerima dan Menunaikannya.(2020).Kumparan.com

Taufiq Zubaidi, A’wan PCINU Sudan.(2015).Beberapa Hikmah Zakat.Islam.nu.or.id.