10 Manfaat Puasa Senin Kamis bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa

10 Manfaat Puasa Senin Kamis bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Sumber foto: pexels.com

Puasa merupakan salah satu ibadah yang memiliki sisi mulia di hadapan Allah SWT. Salah satu puasa sunah yang dianjurkan yaitu puasa senin kamis. Selain pahala yang melimpah, puasa ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Ingin tahu lebih lanjut tentang apa manfaat puasa senin kamis? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Daftar isi:

  1. 1. Menurunkan Berat Badan
  2. 2. Meningkatkan Kinerja Otak
  3. 3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  4. 4. Menurunkan Risiko Kanker
  5. 5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
  6. 6. Menjaga Organ Pencernaan
  7. 7. Meremajakan Kulit
  8. 8. Melembutkan Hati dan Menurunkan Hawa Nafsu
  9. 9. Menurunkan Risiko Stres
  10. 10. Meningkatkan Kedamaian Diri

Klik Untuk Donasi - 10.000 Paket Buka Puasa dan Sahur bagi Dhuafa
  1. Terdanai Rp.225,000
  2. Pencapaian 0.04%
  3. Donatur 3

Menurunkan Berat Badan

Manfaat puasa senin kamis yang pertama yaitu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Saat berpuasa, tubuh mengalami pembakaran lemak yang lebih efektif. Kondisi tubuh yang lapar saat berpuasa memberikan sinyal kepada otak untuk membakar cadangan lemak dalam tubuh agar diubah menjadi energi. Puasa senin kamis secara rutin juga mampu menurunkan berat badan lebih efektif dibanding diet atau pengetatan makanan pada umumnya (Koesno, 2020).

Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan lainnya yaitu dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Puasa secara berselang dan konsisten dapat menstimulasi regenerasi sel saraf. Selain itu, pada saat berpuasa kadar hormon brain derived neurotropic factor (BDNF) juga mengalami peningkatan. Hormon tersebut berfungsi melindungi otak dari berbagai macam penyakit yang dapat merusak otak seperti Alzeimer dan Parkinson. Hal inilah yang menyebabkan puasa dapat mencegah kerusakan dan membantu otak bekerja secara optimal (Kusumoastuti, 2020)

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan lainnya yaitu dapat meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Puasa juga dapat membantu meningkatkan regenerasi sel dan mencegah kerusakan organ akibat radikal bebas. 

Klik Untuk Donasi - Hadiah Lebaran untuk Saudara Dhuafa
  1. Terdanai Rp.660,000
  2. Pencapaian 0.95%
  3. Donatur 9

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat puasa senin kamis juga bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker. Kanker merupakan penyakit yang hingga kini penyebab pastinya belum diketahui. Namun, konsumsi makanan yang tidak sehat dan gaya hidup penuh tekanan dianggap sebagai salah satu pemicu terjadinya kanker. Puasa dapat membantu mengatasi hal ini, karena puasa dapat membantu mengoptimalkan organ pencernaan dan meningkatkan kedamaian hati.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat puasa lainnya untuk kesehatan yaitu menurunkan risiko penyakit jantung. Puasa yang dilakukan secara berselang dan berulang dapat membantu menurunkan kadar lemak jahat dan kadar gula darah di dalam tubuh.

Menjaga Organ Pencernaan

Manfaat puasa senin kamis lainnya yaitu menjaga organ pencernaan. Puasa memberikan waktu istirahat bagi organ pencernaan dari aktivitas beratnya setiap hari dalam metabolisme dan menyiapkan energi. Jeda waktu ini membuat organ pencernaan bekerja lebih optimal.

Meremajakan Kulit

Manfaat puasa lainnya yaitu dapat membantu meremajakan kulit dan sel-sel yang aus. Proses regenerasi ini terjadi saat organ pencernaan diistirahatkan, sehingga energi tubuh dapat disalurkan untuk memperbaiki bagian tubuh lainnya, seperti kulit.

Klik Untuk Donasi - Sajikan Makanan Buka Puasa dan Sahur untuk Saudara Sebangsa
  1. Terdanai Rp.172,500
  2. Pencapaian 0.27%
  3. Donatur 7

Melembutkan Hati dan Menurunkan Hawa Nafsu

Puasa dalam Islam memang menduduki posisi yang mulia. Selain mendapatkan pahala yang besar, orang yang rajin berpuasa juga akan dianugerahi kelembutan hati dan nawa nafsunya terhadap dunia akan berkurang.

Menurunkan Risiko Stres

Manfaat puasa senin kamis secara spiritual yaitu dapat menurunkan stres dan tekanan jiwa. Kondisi kesehatan mental yang optimal tentu dapat membantu kamu meraih kesuksesan dengan mudah (Novianti, 2020).

Meningkatkan Kedamaian Diri

Manfaat puasa senin kamis secara spiritual lainnya yaitu dapat meningkatkan kedamaian hati. Puasa memungkinkan seseorang merasa bersih jiwa dan raganya (Koesno, 2020)

Selain puasa senin kamis, kita juga bisa melakukan sedekah atau donasi untuk mendapatkan pahala. Ingin sedekah dan donasi yang praktis dan tepat sasaran? Unduh aplikasi Wecare.id melalui Google Play atau App Store atau donasi di website wecare.id!

download_app

Referensi:

Koesno, DAS. (2020). Niat Puasa Senin Kamis: Keutamaan hingga Manfaatnya untuk Kesehatan. Diakses dari https://tirto.id/niat-puasa-senin-kamis-keutamaan-hingga-manfaatnya-untuk-kesehatan-fSiQ

Kusumoastuti, AW. (2020). Sederet Manfaat Puasa Senin Kamis yang Sayang Jika Dilewatkan. Diakses dari https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3475935/sederet-manfaat-puasa-senin-kamis-yang-sayang-jika-dilewatkan

Novianti, C. (2020). 11 Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan dan Bekal di Akhirat. Diakses dari https://www.99.co/blog/indonesia/manfaat-puasa-senin-kamis/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *