5 Manfaat Puasa Senin Kamis bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Puasa Senin Kamis bagi Kesehatan Tubuh

Puasa dalam Islam ada dua jenis, yaitu puasa sunnah dan wajib. Umat Islam tentu sudah terbiasa mendengar atau bahkan melakukan puasa Senin Kamis. Sesuai dengan namanya, puasa sunnah ini dilakukan setiap hari Senin dan Kamis. Dengan melakukan puasa ini, Allah akan mengampuni dosa-dosa yang pernah diperbuat. Jadi, akan sangat bijaksana jika kita sebagai umat Islam berupaya melakukan ibadah sunnah ini. 

Selain bermanfaat secara spiritual, puasa Senin Kamis juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan.

Daftar isi:

  1. 1. Menurunkan Tekanan Darah
  2. 2. Meningkatkan Fungsi Otak
  3. 3. Menjaga Agar Jantung Tetap Sehat
  4. 4. Mengurangi Risiko Diabetes
  5. 5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Klik Untuk Donasi - Keluar Darah dari Hidung dan Telinganya, Cantika Alami Kelainan Darah Langka
Bernard Soulier Syndrome (BSS)
Cantika Aura Putri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,277,500
  2. Pencapaian 6.82%
  3. Donatur 137

Menurunkan Tekanan Darah

Dengan berpuasa, tekanan darah akan turun dan menjadi lebih rendah dari biasanya. Ketika berbuka, maka tekanan darah akan kembali naik seperti semula. Meski demikian, kamu bisa menjaga tekanan darah tersebut agar tetap stabil dengan mengonsumsi makanan sehat dan yang tidak memicu tekanan darah naik. 

Jika dilakukan secara rutin, maka puasa Senin Kamis dapat membuat tekanan darah tetap terjaga. Hal ini sangat baik bagi para penderita darah tinggi yang sering kambuh. Sehingga, tubuh pada akhirnya akan menjadi lebih sehat.

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat puasa Senin Kamis yang berikutnya adalah meningkatkan fungsi otak. Hal ini karena puasa ternyata dapat meningkatkan pertumbuhan sel saraf yang baru sehingga meningkatkan kinerja fungsi otak agar menjadi lebih optimal.

Tidak hanya itu saja, ternyata puasa juga meningkatkan hormon brain-derived neurotrophic factor atau BDNF. Kurangnya hormon BDNF dalam tubuh dikaitkan dengan masalah depresi dan gangguan otak lain. Selain itu, hormon ini dapat melindungi otak dari penyakit yang menyebabkan kemunduran fungsi otak seperti Alzheimer dan Parkinson. 

Klik Untuk Donasi - Aisyah Alami Memar dan Lebam Akibat Kanker Darah
Leukemia
Aisyah Putri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.8,696,000
  2. Pencapaian 100.82%
  3. Donatur 122

Menjaga Agar Jantung Tetap Sehat

Mungkin kamu tidak menyadarinya, namun banyak orang seringkali tidak dapat mengendalikan pola makan mereka. Makanan yang dikonsumsi jauh dari kata sehat sehingga lama-kelamaan akan berisiko menimbulkan penyakit seperti diabetes dan sakit jantung. 

Nah, puasa Senin Kamis membantu kamu untuk sejenak berhenti mengonsumsi makanan yang secara tidak disadari ternyata tidak baik bagi tubuh. Puasa yang dilakukan secara berselang-seling ini akan membantu mengurangi tekanan darah, kadar kolesterol, serta gula darah. Dalam jangka panjang, hal ini bisa melindungi jantung dari risiko penyakit.

Mengurangi Risiko Diabetes

Salah satu penyakit yang umum terjadi karena pola makan yang buruk adalah diabetes. Karena itulah, puasa Senin Kamis dapat membantu menjaga tubuh dari penyakit ini. Bahkan, sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa puasa ini mampu mengurangi kadar gula darah dari 3 sampai 6 persen.

Oleh karena itu, puasa Senin Kamis akan mencegah resistensi insulin sehingga gula darah menjadi lebih stabil. Dalam jangka panjang puasa ini akan membantu mengurangi risiko terjadinya diabetes.

Klik Untuk Donasi - Masih Harus Lakukan Operasi Jantung Lanjutan, Aliqa Butuh Biaya Ke Jakarta
Patent Ductus Arteriosus (Kelainan ...
Aliqa Azzahra
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,346,204
  2. Pencapaian 25.50%
  3. Donatur 45

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat puasa Senin Kamis berikutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini terjadi karena puasa tersebut ternyata membantu mengurangi kerusakan jaringan akibat radikal bebas. 

Seperti yang kamu ketahui, tubuh kita setiap hari terpapar oleh radikal bebas. Sementara radikal bebas merupakan zat yang sering dikaitkan dengan penyakit kronis dan penuaan yang terjadi pada tubuh. Itulah mengapa sangat penting melawan radikal bebas dengan mengonsumsi makanan sehat dan menjaga pola hidup yang baik, salah satunya adalah dengan berpuasa Senin Kami.

Itulah tadi lima manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan tubuh. Jadi, sekarang kamu sudah memahami manfaat puasa Senin Kamis secara spiritual dan untuk kesehatan. Jadi, jangan ragu untuk mulai melaksanakan kebiasaan berpuasa Senin Kamis, ya!

Selain berpuasa, melakukan donasi atau sedekah juga bisa menjadi ladang pahala bagi kita. Berikan donasi langsung pada yang membutuhkan dengan aplikasi WeCare.id. Download di Google Play maupun App Store.

download_app

Referensi:

Klikdokter,com. Diakses pada 11 Januari 2021