Rutin Minum Infused Water, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Rutin Minum Infused Water, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Saat kamu menginap di sebuah hotel, pernahkah disuguhi air putih berisi buah lemon? Itulah salah satu bentuk infused water atau infusi yang menjadi tren gaya hidup masa kini.

Zaman dahulu, resep infused water hanya berisi potongan daun teh. Namun sekarang, minuman ini diramu dengan metode modern untuk menyerap nutrisi dari bahan organik. Secara alami, material organik tersebut dibiarkan menyatu dalam air tanpa mereduksi kandungan aslinya.

Klik Untuk Donasi - Bebaskan Anak Asmat dari Gizi Buruk bersama Food For Share!
  1. Terdanai Rp.12,288,650
  2. Pencapaian 11.70%
  3. Donatur 221

Manfaat Infused Water

Kandungan nutrisi dalam infusi memberikan banyak khasiat bagi kesehatan maupun kebugaran tubuh. Berikut lima khasiat yang bisa kamu rasakan jika mengonsumsinya secara rutin.

Mengurangi Berat Badan 

Secara alami, air berfungsi untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh. Minimal, kamu minum sebanyak setengah liter air setiap hari. Dengan begitu, tubuh bisa membakar kalori hingga 30 persen dalam satu jam. 

Tentunya, fungsi air tersebut semakin meningkat jika dicampur lemon. Kandungan antioksidan polifenol pada lemon mampu mengurangi berat badan secara signifikan. Jadi, jangan ragu untuk meminum satu botol infused water dari lemon setiap hari.

Menambah Energi

Pernahkah kamu merasa lelah seharian padahal tidak melakukan apa pun? Hal itu bisa terjadi karena cairan dalam tubuh belum terpenuhi. Jadi, kamu tidak hanya merasa lemas, tetapi juga sulit berkonsentrasi. 

Nah, solusinya, kamu bisa meminum infusi dengan campuran lemon, timun, dan daun mint. Minuman ini mengandung banyak protein, vitamin C, B6, serta, dan kalium. Sementara itu, irisan timun menyumbang sedikit kalori yang dapat mengembalikan energi tubuh.

Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Agar tetap terhidrasi, tubuh membutuhkan asupan air yang cukup. Sementara itu, penyerapan air dalam tubuh harus dibantu oleh elektrolit. Fungsi utama elektrolit tersebut adalah menjaga keseimbangan cairan.

Beberapa elektrolit yang dibutuhkan tubuh, antara lain kalium, kalsium, magnesium, dan sodium. Semua kandungan tersebut bisa diperoleh dari infusi. Berikut ini ada dua contoh campuran infusi untuk menjaga keseimbangan elektrolit.

Klik Untuk Donasi - Bantu Pembudidaya Ikan yang Kesulitan Saat Pandemi!
  1. Terdanai Rp.5,849,464
  2. Pencapaian 16.88%
  3. Donatur 154

Air putih, apel, kiwi, dan semangka

Buah apel dan kiwi mengandung vitamin C, A, folat, protein, serta kalium. Nutrisi keduanya semakin lengkap dengan buah semangka yang kaya akan karbohidrat, vitamin B5, dan kalium tinggi. 

Air putih, stroberi, belimbing, dan daun mint

Infusi ini kaya akan serat, kalsium, protein, zat besi, vitamin A, dan C. Buah stroberinya mengandung magnesium, kalium, dan folat.  Sementara belimbing padat akan vitamin C, B5, kalium, dan magnesium.

Melancarkan Pencernaan

Masalah pencernaan sering kali muncul usai mengonsumsi makanan pedas dan asam. Pun bisa menyerang orang-orang yang jadwal makannya tidak teratur. Karena itulah, kamu perlu menjaga kelancaran pencernaan dengan meminum infusi. 

Salah satu minuman terbaik untuk pencernaan adalah infused water lemon. Pasalnya, lemon bersifat diuretik sehingga mampu merangsang pergerakan gastrointestinal.

Meningkatkan Imun

Dalam kondisi lelah dan stres, imun tubuh bisa menurun. Apalagi, saat musim hujan, banyak virus bermunculan yang mengincar daya tahan tubuh kamu.

Untuk mencegah penurunan imun, pastikan meminum infusi air hangat campur buah lemon setiap hari. Detox water ini mengandung vitamin C dosis tinggi sehingga mampu menjaga kekebalan tubuh. 

Jadi, apakah kamu sudah mencoba cara membuat infused water sendiri? Membeli bahan-bahan infusi untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah hal mudah bagi kita. Namun, di luar sana, beberapa orang mengidap penyakit langka sehingga sulit mengembalikan imunnya. Padahal, mereka tidak memiliki biaya untuk berobat ke rumah sakit. 

Karena itu, yuk kita bantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit! Cukup download aplikasi WeCare.id untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

download_app

Referensi :

Healthline (2020). Detox Water Health Benefits and Myths. healthline.com
dr. Kevin Adrian (2017). Fakta Tentang Manfaat Infused Water. alodokter.com
Risky Candra Swari (2020). Berbagai Manfaat Infused Water bagi Kesehatan. hellosehat.com