Kenali Fase Cacar Monyet untuk Deteksi Dini

Kenali Fase Cacar Monyet untuk Deteksi Dini

Satu kasus cacar monyet atau monkeypox akhirnya terkonfirmasi ditemukan di Indonesia. Melansir situs resmi Kementerian Kesehatan Indonesia pada 20 Agustus 2022, disebutkan bahwa warga negara Indonesia yang terinfeksi tersebut baru pulang dari luar negeri. Warga berjenis kelamin laki-laki dengan usia 27 tahun tersebut sebelum tertular telah melakukan perjalanan ke Belanda, Belgia, Swiss serta Prancis. Pasien tersebut merasakan gejala awal pada tanggal 11 Agustus 2022.

Kondisi pasien yang terdampak tersebut dalam keadaan baik. Dia tidak mengalami sakit yang berat. Namun sudah tampak cacar di muka juga telapak tangan serta kaki. Kini pasien hanya diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Untuk diketahui WHO sudah menetapkan monkeypox sebagai keadaan darurat global. Ini berarti sekarang WHO menganggap wabah cacar monyet sebagai suatu ancaman yang serius untuk kesehatan penduduk seluruh dunia. Penyakit ini sendiri sudah terdeteksi di 89 negara di dunia.

Klik Untuk Donasi - Pipi Membengkak akibat Kista di Gigi Hingga Susah Bicara, Dodi Mengharapkan Bantuanmu!
Kista Dentigerous
Dodi Setiawan Damanik
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,996,500
  2. Pencapaian 8.68%
  3. Donatur 34

Mengenal Cacar Monyet

Penyebab penyakit cacar monyet adalah virus monkeypox. Disebut virus monkeypox karena ditemukan di lab yang diperuntukkan bagi monyet yang sengaja dipelihara untuk penelitian pada tahun 1958. Virus ini hampir sama dengan virus yang menjadi penyebab penyakit cacar. Namun virus monkeypox tidak mudah menular dan umumnya menyebabkan penyakit yang lebih ringan.

Dahulu kasus penyakit cacar monyet kerap kali terjadi di daerah Afrika tengah dan barat. Selain itu, kasus ini juga terjadi pada orang-orang yang baru-baru ini melakukan perjalanan ke daerah tersebut, dan orang yang pernah melakukan kontak dengan hewan impor. Namun saat ini, penyakit monkeypox telah menyebar hingga luar Afrika pada mereka yang belum pernah bepergian maupun pernah kontak dengan hewan impor.

Cara Penularan

Berbeda dari virus Covid-19, cacar monyet tidak mudah menyebar antar manusia. Penyebaran wabah ini memungkinkan terjadi jika seseorang melakukan kontak dekat dengan hewan pengerat (tikus dipercaya sebagai reservoir hewan utama untuk kasus penularan ke manusia) yang terinfeksi, manusia, maupun bahan yang terkontaminasi virus. 

Bagaimana virus monkeypox masuk ke dalam tubuh? Virus tersebut masuk melalui kulit yang luka atau rusak (meskipun tidak terlihat), saluran pernapasan, maupun selaput lendir (hidung, mulut, atau mata).

Penularan dari orang ke orang bisa terjadi jika:

  • ada kontak langsung dengan jaringan kulit yang terkena cacar monyet atau koreng (termasuk saat berpelukan, berciuman, kontak seksual, maupun berpegangan tangan)
  • orang yang mengalami ruam cacar monyet batuk atau bersin dan mengenai orang di dekatnya
  • ada kontak dengan pakaian atau linen (seperti handuk atau seprai) yang digunakan oleh orang yang terinfeksi

Fase Cacar Monyet

Penyakit ini masa inkubasinya cukup lama. Diperlukan waktu 4 – 21 hari untuk menghasilkan penyakit sesudah seseorang terpapar virus. Adapun fasenya adalah sebagai berikut:

  1. Pada manusia biasanya gejala cacar monyet yang paling awal dirasakan adalah perasaan sakit yang menyeluruh.
  2. Kemudian diikuti dengan gejala mirip flu seperti demam dan nyeri otot.
  3. Setelah itu kelenjar getah bening menjadi bengkak.
  4. Sesudah beberapa hari kemudian, muncullah ruam seperti lepuh yang tampak seperti cacar air. Ruam ini biasanya muncul terlebih dulu di bagian wajah kemudian menyebar ke tempat lain di tubuh. Bisa juga jika seseorang terinfeksi karena melakukan kontak intim atau seksual dengan pasien, maka ruam kemungkinan mulai muncul di area genital atau peri-anal.
  5. Satu atau dua minggu kemudian ruam mengering, dan pemulihan berlanjut.

Umumnya infeksi cacar monyet terjadi selama dua sampai empat minggu. Orang yang terinfeksi dan semua ruam di kulitnya telah mengeras atau sembuh tidak akan bisa lagi menularkan virusnya ke orang lain.

Derita Kelainan Kromosom Hingga Tak Bisa Mendengar, Akmal Butuh Pertolonganmu Segera!

Siapa yang Berisiko Terkena Cacar Monyet?

Mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, anak-anak, wanita hamil, serta orang yang menderita eksim parah berisiko tinggi menjadi sangat sakit apabila terinfeksi cacar monyet.

Ini yang Harus Dilakukan Jika Terinfeksi Cacar Monyet

Berdasarkan informasi dari CDC, orang yang sudah terpapar orang atau hewan yang terinfeksi harus memantau kesehatan mereka selama tiga minggu sesudah paparan itu. Apabila  tidak mengalami gejala apa pun, orang yang terinfeksi tersebut dapat melakukan aktivitas normal. 

Ikuti langkah ini jika sudah terkena cacar monyet:

  • Cek suhu dua kali sehari.
  • Bila mengalami demam (38oC atau lebih), kedinginan, pembengkakan kelenjar getah bening maupun ruam baru, segera lakukan isolasi mandiri. 
  • Hubungi fasilitas layanan kesehatan setempat  untuk panduan lebih lanjut.
  • Apabila hanya mengalami kedinginan dan pembengkakan kelenjar, tapi tidak mengalami demam atau ruam, cukup lakukan isolasi mandiri di rumah selama 24 jam.
  • Jika mengalami demam selama waktu tersebut, hubungi fasilitas layanan kesehatan setempat.
  • Apabila tidak mengalami demam, tapi masih kedinginan ataupun terjadi pembengkakan kelenjar sesudah 24 jam, segera hubungi dokter.

Cara Mencegah Cacar Monyet

Untuk mencegah penyakit cacar monyet cara terbaiknya adalah:

  1. Menghindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi atau barang-barang pribadi mereka, seprai yang mereka gunakan, dan lain-lain.
  2. Cuci tangan secara teratur dan gunakan sabun.
  3. Kenakan masker dan sarung tangan atau pelindung lainnya ketika merawat orang dengan gejala cacar monyet.

Itulah informasi seputar fase penyebaran cacar monyet yang sekarang sudah terjadi di 89 negara, termasuk Indonesia. Kementerian Kesehatan Indonesia menyarankan agar kita tidak panik tapi tetap waspada dan ikuti protokol kesehatan dengan baik. Selain penyakit monkeypox, masih banyak pasien lain yang terbaring di rumah sakit dan membutuhkan bantuan pengobatan. Kita bisa meringankan beban mereka dengan berdonasi melalui WeCare.id. Caranya yaitu dengan mengunduh aplikasi WeCare.id di ponselmu melalui Google Store atau App Store. Apa pun dan berapa pun donasi yang kamu berikan akan sangat membantu pasien yang membutuhkan. 

Yuk, donasi sekarang melalui WeCare.id!

Referensi

Kasus Pertama Cacar Monyet Di Jakarta! Tertular Dari Mana? (2022). Diambil kembali dari cnbcindonesia.com.

Monkeypox. (2022). Diambil kembali dari hopkinsmedicine.org.

Monkeypox. (2022). Diambil kembali dari kidshealth.org.

Monkeypox: background information. (2018). Diambil kembali dari gov.uk.

Rokom. (2022). Kasus Monkeypox Pertama di Indonesia Terkonfirmasi. Diambil kembali dari sehatnegeriku.kemkes.go.id.

Sumber Featured Image : Gerd Altmann dari Pixabay