Cara Mudah Meminimalisir Stretch Mark karena Hamil

Cara Mudah Meminimalisir Stretch Mark karena Hamil

Di masa kehamilan, tentu banyak sekali keluhan-keluhan yang bermunculan, mulai dari rasa mual, mudah berkeringat, berjerawat karena hormon, hingga timbulnya stretch mark di area tertentu. Nah, pada artikel kali ini akan membahas sedikit mengenai penyebab munculnya stretch marks, pengobatannya, dan juga pencegahannya untuk meminimalisir munculnya guratan-guratan tersebut. Semoga menambah wawasan kamu!

Daftar isi:

  1. 1. Faktor-faktor yang Menyebabkan Munculnya Stretch Mark
  2. 2. Pengobatan dan Pencegahan untuk Meminimalisir Stretch Mark karena Hamil

Klik Untuk Donasi - Miris! Seorang Ibu Tak Punya Biaya Persalinan Buah Hatinya!
Persalinan Normal
Halimah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,097,200
  2. Pencapaian 100.00%
  3. Donatur 22

Faktor-faktor yang Menyebabkan Munculnya Stretch Mark

Biasanya stretch mark atau istilah lainnya disebut dengan striae muncul di area yang berlemak seperti perut, paha, payudara, dan juga pantat. Meski hal tersebut normal, tapi kebanyakan wanita tentu terganggu dengan munculnya guratan tersebut.

Munculnya guratan-guratan pada permukaan kulit cukup banyak penyebabnya, salah satunya ialah adanya peregangan kulit dikarenakan perubahan elastisitas. Perubahan elastisitas tersebut juga dikarenakan banyak faktor. Berikut hal-hal yang menjadi faktor perubahan elastisitas kulit sehingga muncul guratan striae:

1. Peregangan kulit karena hamil

Bagi ibu hamil stretch mark sesuatu yang normal terjadi. Hal itu terjadi karena seiring bertambahnya usia kehamilan, perut yang membesar dan berat badan yang bertambah mengakibatkan peregangan kulit yang cukup mengejutkan karena sebelum hamil tentu tidak ada perubahan yang terlalu besar. Biasanya guratan-guratan karena hamil mulai muncul di area perut.

2. Mengalami obesitas

Bertambahnya berat badan yang terlalu besar akan memengaruhi perubahan elastisitas kulit sehingga striae mudah muncul pada area yang berlemak.

3. Kekurangan kolagen pada kulit

Ternyata kekurangan kolagen pada kulit bisa terjadi pada seseorang sehingga sangat mudah untuk striae muncul di permukaan kulit. Tidak heran jika banyak yang mengonsumsi minuman berkolagen untuk memberikan nutrisi pada kulit.

4. Penyakit Keturunan

Jika kamu memiliki anggota keluarga yang sering timbul striae tidak menutup kemungkinan akan muncul juga di tubuhmu. Hal ini terjadi seperti penyakit keturunan karena jenis kulit yang dimiliki sama.

Sebenarnya masih banyak lagi faktor-faktor munculnya striae, seperti pertumbuhan otot, masa remaja, dan lain sebagainya.

Layanan Fisioterapi bagi 100 Sahabat Difabel

Pengobatan dan Pencegahan untuk Meminimalisir Stretch Mark karena Hamil

Kehamilan adalah sesuatu yang membahagiakan bagi banyak pasangan tentunya. Tapi dalam prosesnya, tidak sedikit wanita yang terganggu dengan munculnya stretch mark pada area tertentu terutama bagian perut.

Tapi tidak perlu khawatir karena ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk mengobati dan mencegah munculnya guratan tersebut. Berikut beberapa tipsnya!

1. Menggunakan pelembab atau minyak zaitun.

Penggunaan pelembab atau minyak zaitun pada permukaan kulit bagian perut dan area yang biasanya muncul guratan akan sangat membantu kamu yang sedang menjalankan masa kehamilan agar  guratan yang muncul tidak begitu terlihat. Kamu bisa menggunakannya di awal kehamilan, ya!

2. Mengonsumsi air putih yang cukup setiap hari.

Kulit yang terhidrasi dengan baik akan memiliki elastisitas yang cukup bagus. Apalagi jika kamu sedang hamil, air putih juga menjadi hal yang wajib dikonsumsi untuk menghindari dehidrasi. Pastikan kamu minum tidak kurang dari 8 gelas setiap harinya, ya!

3. Menggunakan krim retinoid.

Krim retinoid adalah salah satu golongan obat luar yang biasanya dianjurkan dokter untuk memperbaiki kulit yang terluka. Krim ini juga dipercaya mampu menyamarkan guratan-guratan stria. Meski begitu, kamu harus konsultasi ke dokter sebelum menggunakan krim ini.

4. Melakukan mikrodermabrasi.

Mikrodermabrasi ialah proses pengikisan kulit bagian luar dengan menggunakan alat berbentuk kristal. Diharapkan setelah melakukan pengikisan tersebut akan tumbuh sel kulit baru yang lebih elastis dari sebelumnya dan menyamarkan guratan yang telah muncul.

5. Terapi sinar dan menggunakan laser.

Meski tergolong perawatan yang cukup mahal, tapi tidak sedikit orang-orang yang melakukan terapi sinar dan laser untuk menghilangkan stretch mark pasca melahirkan. Terapi ini biasanya tidak cukup hanya sekali dua kali dilakukan. Butuh waktu beberapa kali terapi agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Itulah sedikit ulasan mengenai stretch mark dan bagaimana meminimalisirnya. Jangan lupa memperbaiki pola makan juga, ya!

Nah, sambil beristirahat sejenak, kamu bisa berbagi kebaikan dengan donasi melalui WeCare.id. Kamu bisa unduh aplikasinya melalui App Store, ya! Semangat berbagi kebaikan dan sehat selalu!

Klik Untuk Donasi - Derita Lumpuh Otak Hingga Penyakit Jantung, Rayyan Butuh Pertolonganmu Segera!
PA CAVSD PDA RV HIPOPLASTIK, Laring...
Muhamad Rayyan Dzaky Winata
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.5,710,043
  2. Pencapaian 77.32%
  3. Donatur 443

Referensi

Dr. Fadhli Rizal. 9 Juni 2021. Serba-serbi Stretch Mark yang Perlu Diketahui. (Halodoc.com)

Dr. Meva Nareza. 11 Februari 2021. Ketahui Penyebab Stretch Mark dan Cara Mencegahnya. (Alodokter.com)