Inilah 14 Fakta Unik dan Menarik Seputar Kehamilan

Inilah 14 Fakta Unik dan Menarik Seputar Kehamilan

Kehamilan merupakan sebuah hal yang menakjubkan dan banyak sekali perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil yang mungkin mengejutkan dan tidak biasa. Tubuh para ibu akan menyesuaikan dengan kehadiran manusia baru di dalam perutnya. Organ tubuhnya harus bergeser untuk memberikan ruang pada bayi. Tak hanya itu, ada juga perubahan halus lainnya yang tak tampak saat pandangan pertama.

Klik Untuk Donasi - Seorang Ibu tidak memiliki Biaya Persalinan untuk Buah Hatinya!
Persalinan Normal
Suriyani
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.807,075
  2. Pencapaian 100.00%
  3. Donatur 7

Banyak fakta menarik seputar ibu hamil. Berikut ini 14 fakta mengejutkan tentang kehamilan yang mungkin belum banyak diketahui.

Jantung membesar

Fakta tentang kehamilan yang pertama adalah jantung ibu hamil membesar. Hal ini karena volume darah ibu hamil meningkat hingga 50% dan jantung mereka berdetak lebih cepat dan lebih kuat. Jantung membesar untuk memberi makan bayi yang sedang tumbuh. Jantung akan memompa lebih banyak darah tiap menit dan detak jantung akan meningkat.

Kaki membesar

Banyak ibu hamil yang juga melaporkan bahwa kaki mereka menjadi lebih besar saat mereka hamil. Selain itu, ketika memasuki usia kehamilan lima bulan, pergelangan kaki dan kaki juga bisa membengkak, khususnya saat cuaca panas dan bila sering berdiri. Penyebabnya adalah karena meningkatnya volume darah serta cairan di dalam tubuh. 

Suami juga bisa mengalami gejala kehamilan

Hal unik tentang kehamilan, ternyata saat istri hamil, para suami juga bisa mengalami gejala kehamilan. Fenomena aneh yang disebut dengan istilah ‘Sindrom Couvade’ atau ‘Kehamilan Simpatik’ ini menyebabkan beberapa pria mengalami mual, kenaikan berat badan, dan bengkak di saat bersamaan saat istri mereka hamil. 

Sekitar 2% dari semua kehamilan menghasilkan anak kembar

Kembar identik terjadi saat satu sel telur dibuahi oleh satu sperma, kemudian membelah menjadi dua zigot terpisah, yakni sel yang menjadi bayi. Sementara itu, kembar non-identik dikandung ketika dua sel telur yang terpisah dilepaskan dan dibuahi oleh dua sperma yang terpisah. Kembar non-identik bisa karena keturunan, tapi kembar identik tampaknya benar-benar acak.

Bayi bisa terlihat saat USG minggu ke-20

Saat melakukan USG pada minggu ke-20 kehamilan, janin akan sudah terlihat. Badan dan anggota tubuhnya akan tumbuh lebih lambat mulai dari tahap ini dan seterusnya. Dia juga kan diselimuti oleh lapisan lemak yang disebut Vemix Caseosa, yang akan melindungi kulit jabang bayi dari cairan ketuban.

Otak janin berkembang pada minggu ke-24

Pada minggu ke-24, otak janin berkembang dengan pesat. Dia dapat membedakan antara suara ibu dan ayahnya. Penelitian menunjukkan bahwa jika orang tua memainkan musik berulang kali saat bayi dalam kandungan, dia akan mengingatnya sampai setelah dia lahir. 

Bayi menangis di dalam kandungan

Kalau banyak orang berpikir bayi menangis ketika dia lahir, sebenarnya jauh sebelum dia lahir, bayi sudah menangis. Pada usia kehamilan 28 minggu, bayi diam-diam mulai menangis di dalam rahim. Para ilmuwan percaya bahwa ini merupakan bentuk praktik komunikasi sebelum bayi lahir dan bukan reaksi terhadap perasaan.

Ibu hamil bisa mengidam makan non-makanan

Hal yang sudah diketahui banyak orang adalah saat masa kehamilan, para ibu hamil biasanya mengidam untuk makan suatu makanan, biasanya makanan yang masam, seperti mangga muda. Namun ternyata 30% ibu hamil ada yang mengidam makan sesuatu yang bukan makanan, misalnya kertas, kain, sabun, rambut, wol, tali, tanah, bedak, kapur, cat, logam, karet, arang, kerikil, abu, pati, tanah liat, atau es. Ini merupakan eating disorder atau gangguan makan yang disebut ‘Pica.’

Suara ibu hamil bisa berubah selama kehamilan

Dengan semua hormon yang mengalir di sekitar tubuh ibu hamil, maka tak mengherankan bila terjadi beberapa perubahan. Perubahan lainnya yaitu suara. Peningkatan estrogen dan progesteron bisa menyebabkan pembengkakan pada pita suara, yang artinya nada yang lebih rendah akan muncul sementara beberapa nada yang lebih tinggi hilang.

Beberapa ibu hamil mengalami diabetes

Ibu hamil juga bisa mengalami diabetes gestasional, yaitu diabetes yang muncul ketika masa kehamilan dan akan hilang sesudah melahirkan. Hal ini diakibatkan oleh gula darah ibu hamil yang terlalu tinggi, dan pankreas tidak bisa memenuhi suplai insulin yang cukup. 

Sendi ibu hamil mengendur selama kehamilan

Tubuh ibu hamil memproduksi hormon yang disebut relaksin selama kehamilan. Hormon ini melunakkan ligamen, yaitu jaringan yang menghubungkan persendian. Ini untuk membantu agar panggul lebih fleksibel saat melahirkan.

Indera penciuman bisa berubah

Pada trimester pertama kehamilan, biasanya ibu hamil mengalami peningkatan indra penciuman, yang bisa menjadi tanda bahwa seorang wanita sedang hamil. Kemungkinan ini merupakan cara yang dapat membantu ibu hamil untuk menghindari makanan yang tidak aman.

Bagian dari tubuh ibu hamil bisa berubah warna

Di masa kehamilan, tubuh ibu hamil akan mengalami perubahan sehingga akan muncul strech mark di tubuhnya. Biasanya warnanya bisa lebih pucat dibandingkan kulit normal. Selain itu, ibu hamil juga bisa terkena melasma sehingga muncul bintik hitam di wajah. Linea nigrea atau garis di perut juga menjadi lebih gelap.

Bagian lainnya yang berubah warna yaitu vagina. Beberapa ibu hamil melaporkan bahwa vagina mereka berubah warna menjadi ungu atau kebiruan. Ini dikenal sebagai Tanda Chadwick. Sekitar 10% dari ibu hamil juga mengalami varises biru, tetapi akan menghilang beberapa minggu sesudah melahirkan.

Estrogen

Di saat kehamilan, ibu hamil menghasilkan lebih banyak estrogen dalam sehari dibandingkan wanita yang tidak hamil dalam setahun. Tubuh ibu hamil juga akan menumbuhkan organ ekstra, yaitu plasenta yang menghasilkan hormon. Pada minggu ke-37, seorang ibu hamil akan memproduksi  lebih banyak estrogen dalam sehari dibandingkan wanita yang tidak hamil dalam tiga tahun.

Ternyata banyak info menarik seputar kehamilan yang bisa jadi tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Yang juga unik adalah fakta ibu hamil bisa mengidam untuk makan yang bukan makanan. 

Salah satu ajaran orang tua dan agama di masa kehamilan kepada wanita yang sedang mengandung adalah memperbanyak perbuatan baik. Salah satu perbuatan baik yang bisa dilakukan adalah menolong pasien yang membutuhkan biaya pengobatan. Caranya mudah sekali. Cukup unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Menunggak Biaya Persalinan Buah Hatinya, Ibu Aulifia Membutuhkan Pertolonganmu!
Persalinan Normal
Aulifia Damayanti
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.807,075
  2. Pencapaian 100.00%
  3. Donatur 15

Referensi

Bounty Team. (2019). 21 amazing facts about pregnancy and your unborn baby. Diambil kembali dari bountyparents.com.au.

Dodgson, L. (2018). 31 surprising things you may not know about pregnancy. Diambil kembali dari insider.com.

Logan, E. (2017). 10 AMAZING FACTS YOU PROBABLY DIDN’T KNOW ABOUT PREGNANC. Diambil kembali dari emmasdiary.co.uk.