Gejala Kanker yang Tidak Boleh Diabaikan

Gejala Kanker yang Tidak Boleh Diabaikan

Kanker menjadi penyebab kematian tertinggi pada negara Indonesia setelah penyakit jantung dan stroke. Sering kali, yang menjadikan kanker sulit sembuh karena deteksi yang terlambat sehingga sel kanker sudah berkembang dan menyebar. Untuk mengetahui risiko kanker lebih awal, berikut ini tujuh gejala kanker yang tidak boleh kamu abaikan.

Penurunan Berat Badan

Jika kamu tidak sedang menurunkan berat badan tapi berat badan turun secara tidak jelas, ini menjadi indikasi pertama yang patut kamu waspadai. Cancer.net (USA) menyebutkan sebanyak 40 persen orang yang pertama kali didiagnosa mengidap kanker mengatakan mereka mengalami penurunan berat badan tanpa penyebab yang pasti.

Sindrom ini kita kenal juga dengan cachexia. Beberapa tanda lain yang menyertai cachexia adalah mudah merasa lelah, hilangnya nafsu makan, hilangnya otot rangka, dan kualitas hidup yang menurun.

Rasa Lelah yang Berlebihan

Rasa lelah sebagai indikasi adanya kanker berbeda dengan rasa lelah yang umumnya kamu rasakan setelah beraktivitas atau bekerja seharian. Johns Hopkins Medicine menyebutkan rasa lelah sebagai tanda awal kanker biasanya tidak akan membaik walaupun kita telah beristirahat.

Hal ini karena sel-sel kanker mencuri nutrisi tubuh untuk dapat tumbuh dan berkembang. Pengidap kanker jadi mudah merasa lelah karena kurangnya nutrisi yang dapat diubah menjadi energi.

Klik Untuk Donasi - Derita Kanker Nasofaring, Bapak Jajuli Butuh Biaya untuk Berobat!
Kanker Nasofaring
Jajuli
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.4,634,000
  2. Pencapaian 28.45%
  3. Donatur 159

Demam

Sama halnya dengan rasa lelah, demam sebagai gejala kanker berbeda dengan demam yang biasanya menyertai flu. Demam sebagai indikasi kanker umumnya terjadi secara berulang dengan tidak jelas penyebabnya. Hal ini merupakan respon tubuh akan adanya infeksi.

Biasanya demam terjadi pada malam hari dan penderita biasanya mudah berkeringat saat malam. Ini bisa menjadi gejala awal adanya kanker hati, leukemia, kanker ginjal, atau limfoma.

Perdarahan

Gejala awal kanker berikutnya adalah perdarahan. Keluarnya darah saat buang air besar bisa menjadi isyarat adanya kanker anus atau kanker usus. Sedangkan bagi penderita kanker prostat atau kanker kandung kemih biasanya akan mengalami perdarahan saat buang air kecil.

Kanker juga bisa menyebabkan perdarahan dalam organ dalam tubuh yang tentu menjadi lebih sulit untuk dideteksi.

Perubahan Kulit

Segera periksa ke dokter apabila kamu melihat adanya perubahan pada kulit. Perubahan bisa berupa tahi lalat yang berubah bentuk, ukuran, dan warna. Bisa juga tahi lalat terasa keras, gatal, atau bahkan berdarah. 

Perubahan lain yang perlu kamu waspadai adalah munculnya bercak hitam atau hiper pigmentasi, pertumbuhan bulu atau rambut yang tidak wajar, dan kulit kemerahan.

Benjolan Pada Tubuh

Apabila muncul benjolan pada anggota tubuh yang keras, nyeri, dan membesar, segera konsultasikan pada dokter. Pasalnya, benjolan tadi bisa jadi gejala awal kanker. Adanya benjolan pada area payudara merupakan gejala awal kanker payudara. 

Sedangkan, munculnya benjolan pada leher merupakan gejala awal dari kanker tiroid, kanker tenggorokan, dan kanker mulut. Hal ini merupakan akibat adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening. 

Batuk atau Suara Serak

Batuk sebagai indikasi awal adanya kanker berbeda dengan batuk biasa. Apabila pada batuk biasa, penggunaan obat mampu menyembuhkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, batuk pada kanker umumnya tidak kunjung sembuh. Suara serak yang menyertai batuk bisa jadi merupakan gejala kanker paru atau kanker laring/pita suara. 

Apabila batuk tidak kunjung sembuh setelah lewat tiga minggu dan dengan sesak napas, kelelahan, serta nyeri dada, maka segera periksakan ke dokter. 

Selain senantiasa menjaga kesehatan tubuh dan asupan makanan, mewaspadai gejala kanker sangatlah penting. Tidak sedikit pengidap kanker yang kalah melawan penyakit ini. Yuk, bantu saudara-saudara kita yang sedang berjuang melawan kanker melalui donasi melalui WeCare.id.

Kunjungi website WeCare.id pada link ini dan berikan donasi terbaikmu. Selain menyalurkan donasi, kamu juga bisa mengeluarkan sedekah dan zakat melalui platform ini. Unduh aplikasinya secara gratis melalui App Store atau Play Store sekarang! 

Nyawa Arkhan Terancam karena Kanker Darah, Yuk Bantu Arkhan Bertahan Hidup!

REFERENSI:

Qommarria Rostanti. 17 Jan 2022. Lima Gejala Khas Kanker yang tidak Boleh Diabaikan. Republika.co.id

dr. Rizki Tamin. 16 Mei 2021. 9 Gejala Awal Kanker yang Tidak Boleh Diabaikan. AloDokter.com

11 Jun 2011. 11 Gejala Kanker yang Tak Boleh Diabaikan. detikHealth.com