Ada Tahi Lalat di Mata? Waspadai Tumor Mata

Ada Tahi Lalat di Mata? Waspadai Tumor Mata

Tumor mata merupakan penyakit yang ditandai dengan tumbuhnya sel-sel yang tidak normal pada organ mata, dan sifatnya bisa ganas (kanker) maupun jinak. Kondisi ini dapat terjadi di bagian manapun pada mata termasuk bola mata, orbita atau jaringan yang mengelilingi bola mata, dan aksesoris mata seperti alis, kelopak mata, dan kelenjar air mata.

Meski jinak, tumor mata tidak dapat dibiarkan begitu saja. Pasalnya, kondisi ini dapat menimbulkan gangguan pada penglihatan mulai dari gangguan ringan hingga berat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala penyakit ini demi mendapatkan perawatan yang tepat sesegera mungkin. 

Daftar isi:

  1. 1. Gejala Tumor Mata
  2. 2. Cara Mengobati Tumor Mata
  3. 3. Penyebab Tumor Mata

Klik Untuk Donasi - Bantu Kesembuhan Bu Ita agar Bisa Kembali Bekerja
Trauma Mata
Warsita
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.922,810
  2. Pencapaian 2.97%
  3. Donatur 32

Gejala Tumor Mata

Terkadang penyakit ini tidak akan menimbulkan gejala maupun keluhan sama sekali sehingga akan sulit terdeteksi. Akan tetapi, dalam beberapa kasus tumor mata dapat menunjukkan gejala yang wajib kamu waspadai. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Bintik kecoklatan atau hitam pada area koroid, iris, atau konjungtiva pada mata
  • Penglihatan kabur atau seperti melihat serat-serat benang
  • Mata merah, bengkak, gatal, atau panas
  • Terasa seperti ada yang mengganjal pada mata
  • Kutil atau tahi lalat di daerah sekitar mata
  • Bentuk pupil yang tidak rata
  • Glaukoma

Jika kamu atau orang terdekat mengalami beberapa gejala di atas, segeralah berkonsultasi pada tenaga medis. Deteksi dini tumor mata sangatlah penting untuk mencegah penyakit berkembang menjadi lebih ganas.

Cara Mengobati Tumor Mata

Cara penanganan tumor mata cukup beragam tergantung pada perkembangan kondisi penyakit tersebut. Tujuan dari perawatan penyakit ini tidak hanya untuk menghilangkan sel tumor, melainkan juga sebisa mungkin untuk menyelamatkan penglihatan.

Pilihan cara pengobatannya dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya jenis dan tahapan tumor, kemungkinan efek samping, dan kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan. Tergantung diagnosa yang diterima pasien, berikut ini beberapa jenis penanganan penyakit tumor mata:

  • Operasi
  • Pengangkatan mata
  • Terapi radiasi
  • Terapi laser

Umumnya tumor yang hanya berbentuk tahi lalat kecil atau kutil tidak akan dilakukan penanganan pengangkatan kecuali jika dirasa sangat mengganggu atau berkembang menjadi lebih ganas. Meski demikian, pasien akan diminta untuk memeriksakan tahi lalat atau kutil ini setiap 6 bulan hingga 1 tahun untuk memantau perkembangannya.

Bantu Para Penghafal Qur’an mendapatkan 500 kacamata

Penyebab Tumor Mata

Penyebab tumor mata masih belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Namun, para ahli menduga bahwa tumor jinak di daerah kelopak mata atau selaput mata disebabkan oleh paparan debu dan sinar UV. 

Dalam beberapa kasus tertentu, virus juga dapat menjadi penyebab terjadinya kondisi ini. Tumor yang terjadi akibat pembesaran sel warna di area mata dan kulit di sekitar mata umumnya terjadi karena penuaan serta perubahan DNA. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tumor mata merupakan penyakit yang jarang terjadi. Meski demikian, kamu harus mewaspadai kondisi ini untuk mencegah penyakit berkembang menjadi lebih ganas dan agar penanganan lebih cepat dan tepat dapat diberikan.

Tumor mata yang tidak segera ditangani dapat berkembang lebih serius dan merusak penglihatan. Akibatnya, penderitanya akan terancam buta atau bahkan kematian jika tumor terus menyebar hingga ke otak. Sayangnya, pengobatan untuk penyakit ini tidaklah murah.

Klik Untuk Donasi - Bantu Mereka Melihat Kembali - Operasi Katarak di Kapuas, Kalimantan Tengah
  1. Terdanai Rp.625,000
  2. Pencapaian 0.60%
  3. Donatur 7

WeCare membuka donasi untuk pasien tumor mata agar bisa mendapatkan pengobatan yang diperlukan serta mencegah penyebaran sel tumor hingga menjadi kanker. Kamu dapat turut membantu dengan cara berdonasi melalui aplikasi WeCare.id yang bisa kamu download di App Store atau Google Play.

Referensi:

Alodokter.com. Diakses pada 9 Maret 2021.

Verywellhealth.com. Diakses pada 9 Maret 2021

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *