Tahu Kutil Tapi Belum Kenal Papiloma? Saatnya Kamu Tahu

Tahu Kutil Tapi Belum Kenal Papiloma? Saatnya Kamu Tahu

Apakah kamu memiliki tonjolan berwarna cokelat kehitaman di kulit, seperti wajah dan leher? Tonjolan itu disebut kutil yang disebabkan oleh virus papiloma atau disebut juga HPV (human papilloma virus). Sebenarnya, apa sih virus ini? Apakah dia hanya menyerang wajah dan leher saja?

Daftar isi:

  1. 1. Apa Itu Papiloma?
  2. 2. Cara Menghilangkan Papiloma
  3. 3. Komplikasi yang Bisa Terjadi Jika Kutil Tidak Ditangani

Klik Untuk Donasi - Shifa Belum Bisa Jalan diusia 5 tahun Akibat Lumpuh Otak yang dialaminya
Cerebral Palsy, Epilepsi, Malnutris...
Anisa Shifaul Khoiriyah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,069,000
  2. Pencapaian 42.73%
  3. Donatur 52

Apa Itu Papiloma?

Papiloma adalah virus yang menyerang jaringan epitel. Dalam ilmu patologi, virus ini memiliki kode ICD 10 papiloma. Virus inilah yang bertanggung jawab pada terbentuknya tumor jinak di kulit. Mengingat sifatnya yang jinak, ia tidak akan tumbuh membesar hingga menyebabkan masalah serius dan juga tidak menyebar ke seluruh tubuh. Meski begitu, sentuhan dengan kulit yang telah terjangkit virus juga bisa menjadi penyebab penyebaran virus ini, lho.

Papiloma di Leher

Selain sering ditemukan di wajah, kutil juga bisa timbul leher. Papiloma dileher bisa terjadi melalui sentuhan langsung dengan virus lewat perantara tangan. Misalnya, anggaplah A memiliki kutil di wajahnya. Kemudian ia menyentuh kutil yang ditumbuhi papiloma. Setelah itu, tangannya langsung berpindah ke leher. Dengan cara itulah kutil bisa tumbuh di leher.

Kutil yang tumbuh di daerah itu biasanya memiliki ciri-ciri yang sama dengan kutil di wajah. Namun, bisa juga ia berbentuk seperti lipatan kulit atau juga jerawat. Agar tidak tumbuh kutil, kamu perlu melakukan pencegahan, seperti tidak meminjam barang yang dipakai orang yang memiliki kutil.

Selain bisa menjangkiti leher dan wajah, kutil juga bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja. Sejauh ini, kutil bisa tumbuh di bahu, lengan, jari, telapak kaki, kelamin, dan saluran pernapasan. Walaupun tergolong tumor jinak, keberadaan kutil bisa menyebabkan komplikasi yang menimbulkan masalah serius. 

Klik Untuk Donasi - Siti Alami Kerusakan Ginjal Hingga Bengkak di Seluruh Tubuhnya
Sindrom Nefrotik
Siti Sukminah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,101,978
  2. Pencapaian 15.97%
  3. Donatur 23

Cara Menghilangkan Papiloma

Penanganan penyakit yang diakibatkan oleh virus ini dibedakan berdasarkan tempat dan tingkat keparahannya.

Papiloma Kulit

Biasanya kutil yang terlihat di kulit termasuk sebagai tumor jinak dan tidak berbahaya. Berikut ini beberapa penanganan yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya.

  1. Kauterisasi, yaitu prosedur pembakaran kutil menggunakan aliran listrik kemudian dibersihkan dengan kauter.
  2. Krioterapi atau yang biasa dikenal dengan pembekuan jaringan yang terjangkit papiloma.
  3. Operasi laser, yaitu prosedur penghancuran kutil menggunakan cahaya laser.
  4. Operasi eksisi, yaitu prosedur pengangkatan kutil.
  5. Pengolesan atau menyuntikkan nitrogen cair ke kutil.

Papiloma Payudara

Untuk menghilangkan kutil di payudara, dokter biasanya melakukan operasi eksisi. Setelah diangkat, kutil tersebut akan diperiksa untuk menentukan apakah itu adalah tumor jinak. Prosedur ini biasa disebut biopsi. Operasi pengangkatan ini dilakukan setelah jaringan yang akan diangkat telah mati rasa oleh krim anestesi.

Kutil Kelamin

Pengobatan kutil di daerah kelamin sama dengan penanganan kutil di kulit. Pengangkatan bisa dilakukan melalui prosedur operasi atau dengan bantuan bahan kimia.

Klik Untuk Donasi - Tidak Memiliki Anus Sempurna, Adik Zyan Lakukan Operasi Anus Buatan diPerutnya
Atresia Ani
Muhammad Zyan Fathir
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,424,007
  2. Pencapaian 23.11%
  3. Donatur 39

Komplikasi yang Bisa Terjadi Jika Kutil Tidak Ditangani

Kutil yang tumbuh di permukaan kulit yang sering terlihat biasanya tergolong jinak. Beda halnya dengan kutil yang tumbuh di permukaan kulit yang lembab, seperti rongga mulut dan kelamin, yang jika tidak ditangani akan menyebabkan komplikasi.

Munculnya luka

Luka bisa terjadi di lidah, tenggorokan, hidung, atau laring. Khusus untuk laring, jika tidak ditangani dengan serius bisa menyebabkan kematian akibat napas yang tersumbat.

Luka yang tumbuh di bagian laring sering disebut papiloma laring. Ciri-cirinya adalah suara serak, gangguan sistem pernapasan, hingga suara yang tidak terdengar.

Kanker

Kanker yang biasa muncul akibat kutil adalah kanker serviks dan anus.

Gangguan kehamilan

Komplikasi ini bisa terjadi pada wanita yang memiliki kutil di rahimnya.

Kutil yang disebabkan oleh virus del papiloma memang bisa disebut tumor jinak. Namun, kutil yang berada di tempat-tempat tertentu nyatanya perlu diberikan perhatian khusus agar tidak mengakibatkan komplikasi.

Di Indonesia, papiloma bukanlah hal baru. Ingin tahu penyakit apa saja yang bisa diderita masyarakat Indonesia? Download WeCare sekarang! 

download_app

Referensi:

Alodokter.com. (2019, 13 Mei). HPV. Diakses pada 9 Januari 2020 dari Alodokter.com.

Medicalnewtoday.com (2018, 29 Agustus). Should I Worry About Papilloma?. Diakses pada 9 Januari 2020 dari Medicalnewstoday.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *