Ciri-Ciri Kanker Darah dan Cara Pengobatannya

Ciri-Ciri Kanker Darah dan Cara Pengobatannya

Sumber foto: pexels.com

Hingga saat ini, penyakit kanker masih menjadi momok yang ditakuti banyak orang. Pasalnya, hingga kini belum diketahui apa penyebab pasti penyakit tersebut meskipun sudah ada beberapa metode pengobatan yang diketahui dapat mengobati penyakit yang bisa mematikan ini.

Salah satu jenis penyakit kanker adalah kanker darah. Meski merupakan jenis penyakit yang sama, kanker jenis ini tidak membentuk benjolan padat sehingga terkadang sulit dikenali gejalanya. 

Daftar isi:

  1. 1. Pengertian Kanker Darah
  2. 2. Ciri-Ciri Kanker Darah
  3. 3. Pengobatan pada Kanker Darah

Klik Untuk Donasi - Bu Yuli Alami Kesulitan Gerak dan Bicara Akibat Perdarahan Subdural
Perdarahan Subdural
Yuli Kristianti
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,625,021
  2. Pencapaian 100.00%
  3. Donatur 13

Pengertian Kanker Darah

Kanker darah merupakan kondisi ketika terjadi keabnormalan atau keganasan pada sel darah. Umumnya, kanker ini berawal di sumsum tulang yang merupakan organ yang memproduksi sel darah. 

Terdapat tiga jenis kanker darah, yaitu leukemia, limfoma, dan multiple myeloma. Leukemia atau kanker darah putih terjadi ketika tubuh terlalu banyak memproduksi sel darah putih sehingga menekan perkembangan sel darah lain. 

Limfoma, salah satu nama lain kanker darah, menyerang sel darah putih dan membuat sistem imun menurun. Sedangkan multiple myeloma adalah kanker yang menyerang sel plasma di sumsum tulang.

Darah memiliki empat komponen yaitu sel darah merah, sel darah putih, sel keping darah, dan plasma darah. Keempat komponen ini memiliki fungsi penting yang berbeda-beda. Ketika terjadi kanker darah, komponen darah tersebut mengalami perubahan jumlah di luar batas normal sehingga membuat fungsi organ yang lain ikut terganggu.

Klik Untuk Donasi - Devan Bocah 6 tahun Harus Berjuang Lawan Kanker dalam Tubuhnya!
Leukemia Limfoblastik Akut (LLA)
Muhamad Devan Supriyatna
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,441,149
  2. Pencapaian 41.38%
  3. Donatur 32

Ciri-Ciri Kanker Darah

Gejala kanker darah sangat beragam tergantung dari jenis kanker yang diderita. Sayangnya, gejala tersebut terkadang mirip dengan gejala penyakit lainnya sehingga tidak mudah mengenalinya. Meski demikian, ada beberapa ciri-ciri umum yang patut kamu waspadai, yaitu sebagai berikut:

  • Demam, menggigil, dan disertai berkeringat di malam hari
  • Tenggorokan dan kepala terasa sakit
  • Mual, muntah
  • Susah buang air besar
  • Tubuh cepat lelah
  • Berat badan turun drastis
  • Terdapat bintik kemerahan pada kulit
  • Sesak nafas
  • Mudah mengalami memar dan pendarahan
  • Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening seperti ketiak, leher, atau selangkangan
  • Nyeri pada daerah sendi dan tulang terutama tulang belakang dan dada.

Klik Untuk Donasi - Ukuran Kepalanya Membesar, Yuk Ulurkan Tanganmu untuk Panji!
Hidrosefalus
Panji Agung
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.5,882,500
  2. Pencapaian 51.15%
  3. Donatur 48

Pengobatan pada Kanker Darah

Ciri-ciri seperti yang disebutkan di atas memang bukanlah gejala pasti penyakit kanker darah. Tapi jika kamu mengalaminya hingga berulang kali dan tidak juga membaik, maka kamu perlu waspada dan segera periksakan diri ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan pengobatan dini.

Jika hasil pemeriksaan memang menunjukkan kanker darah, pasien harus rutin melakukan kontrol sejak dalam proses pengobatan hingga pengobatan telah selesai. Beberapa pengobatan yang dilakukan untuk penyakit kanker darah antara lain adalah kemoterapi, radioterapi, dan transplantasi sumsum tulang.

Kemoterapi merupakan pemberian obat untuk membunuh sel kanker. Selanjutnya adalah radioterapi yang merupakan pengobatan menggunakan radiasi sinar untuk menghancurkan sel kanker. Terakhir adalah transplantasi sumsum tulang yang dilakukan untuk mengganti sumsum tulang yang rusak.

Leukimia kanker darah juga dibagi dalam beberapa tahap keganasan penyakit. Yang paling awal adalah kanker darah stadium 1. Selanjutnya pada kanker darah stadium 3 dan 2, sel kanker telah membesar dan tumbuh di sekitar jaringan terdekat. Pada tahap lanjut atau stadium 4, kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Beberapa tanaman dipercaya mampu membantu mengobati kanker darah. Silymarin, ginseng merah Korea, kunyit, daun zaitun, tapak dara, hingga daun sirsak dipercaya sebagai obat tradisional kanker darah. 

Meski demikian, obat herbal tersebut tentu tidak ditujukan sebagai pengganti pengobatan medis. Konsultasi dengan dokter tetap diperlukan untuk mendapatkan pengobatan yang secara efektif dapat menghambat penyebaran sel-sel kanker.

Pengobatan kanker darah tidaklah mudah dan membutuhkan biaya sangat besar. Oleh karena itu, banyak teman-teman kita yang kurang beruntung tidak dapat mendapatkan pengobatan seperti seharusnya karena adanya keterbatasan dana. WeCare.id mengajak Anda kita untuk membantu teman-teman tersebut melalui donasi.

Untuk memudahkan donasi kapan pun dan di mana pun kamu berada, gunakan aplikasi WeCare.id yang bisa kamu download di App Store maupun Google Play. Download aplikasi WeCare.id sekarang!

download_app

Referensi:

Mayoclinic. Diakses pada 30 November 2020. Leukimia