Operasi Lasik, Siapa Takut! Ini Manfaat dan Prosedurnya

Operasi Lasik, Siapa Takut! Ini Manfaat dan Prosedurnya

Lasik adalah singkatan dari Laser Assisted in-Situ Keratomeleusis, yaitu suatu tindakan operasi laser pada kornea mata untuk memperbaiki kelainan penglihatan. Lasik memungkinkan pasien bisa terlepas dari kacamata dan lensa kontak. Target operasi lasik adalah mereka yang memiliki mata minus, plus, dan silinder. 

Klik Untuk Donasi - Tidak Memiliki Lubang Anus, Sulton Butuh Biaya Operasi!
Congenital Absence, Atresia, Stenos...
Sulton Mahroby
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.219,481
  2. Pencapaian 1.09%
  3. Donatur 9

Manfaat, Syarat, Prosedur, Efek Samping Operasi Lasik

Faktor pemicu seseorang mengalami gangguan penglihatan antara lain, faktor genetik dan kebiasaan. Faktor kebiasaan yang merusak mata seperti, membaca dalam jarak terlalu dekat dan terbiasa melihat layar ponsel, komputer, atau laptop dalam waktu yang lama. Penggunaan kacamata dan kontak lensa sering menjadi pilihan untuk mengatasi masalah gangguan penglihatan. Tetapi kini, prosedur operasi lasik memungkinkan pasien bisa memiliki penglihatan yang jernih dan tajam kembali.

Manfaat Operasi Lasik

Operasi lasik memiliki manfaat sangat besar bagi pasien dengan kelainan myopia (mata minus), hypermetropia (mata plus) dan astigmatisma (mata silinder). Kamu mungkin salah satu yang memiliki gangguan penglihatan ini. Dengan mengikuti prosedur operasi lasik, kamu bisa lepas kacamata atau lensa kontak. Contoh, kamu mungkin sangat ingin sekolah pilot atau institusi tertentu yang tidak membolehkan pengguna kacamata untuk mendaftar. Dengan operasi lasik, impian dan cita-citamu bisa terwujud. Penglihatan kembali normal, dan kamu bisa menikmati hidup dengan lebih baik lagi Keren kan! 

Syarat Bisa Operasi Lasik

Tidak semua orang layak dan boleh menjalankan prosedur operasi lasik. Terus, apa saja persyaratan yang harus kamu miliki untuk bisa manfaatkan fasilitas ini:

  1. Usiamu harus minimal 18 tahun. 
  2. Tidak memiliki penyakit kencing manis, darah tinggi, dan autoimun
  3. Dalam kurun waktu enam bulan sebelum menjalani operasi lasik, kamu tidak lagi mengganti lensa kacamata. 
  4. Ibu hamil dan menyusui tidak diperbolehkan operasi lasik, hingga selesai masa kehamilan dan menyusui. 
  5. Kamu harus melepas lensa kontak dua minggu sebelum operasi dilakukan. 
  6. Operasi lasik bisa dilakukan untuk kamu yang memiliki mata minus hingga -12, mata plus hingga +9, dan mata silinder sampai ukuran 6. 
  7. Operasi untuk memperbaiki mata plus bukan untuk pasien mata plus akibat penuaan, tapi yang sejak kecil sudah mengalami gangguan mata plus
  8. Pasien dengan lapisan korena tipis tidak diperbolehkan operasi lasik.

Alami Luka Bakar Hebat akibat Gas Meledak, Yogi Butuh Bantuanmu Segera!

Prosedur Operasi Lasik

Secara umum, prosedur operasi lasik menggunakan pisau bedah yang sangat tipis dan sinar laser. Dokter spesialis mata akan membuat sayatan tipis pada kornea mata setelah sebelumnya mata diberi obat tetes untuk anastesi lokal. Lapisan korena dibuka, kemudian disinar menggunakan laser untuk memperbaiki kelainan yang ada, kemudian ditutup kembali. Proses ini berjalan sangat cepat, hanya hitungan detik. Tidak perlu kuatir, kamu tidak akan dibius atau rawat inap untuk menjalani prosedur ini. Lasik juga tidak menimbulkan kebutaan. Setelah operasi, mata diberi obat tetes khusus untuk mencegah infeksi. Pasien diharuskan melakukan kontrol rutin usai operasi. Harga operasi lasik bervariasi mulai Rp 5 juta sampai puluhan juta rupiah, tergantung tingkat keparahan.

Efek Samping Operasi Lasik

Efek samping pasca operasi lasik terbilang kecil sekali. Kondisi yang paling sering terjadi adalah sehari pasca operasi mata mengalami kering atau berair, dan agak berat. Tetapi kondisi ini akan pulih setelah keesokan harinya, pasca pasien istirahat semalaman. Pasien sudah bisa melihat dengan kondisi mata yang jauh lebih prima.

Jangan ragu untuk jalankan prosedur lasik jika kamu memang memerlukannya untuk kesehatan matamu, atau untuk orang lain yang ingin dibantu. Kamu bisa ajukan campaign di situs WeCare.id lho. Di sini, terdapat fitur galang dana yang bisa kamu manfaatkan.  Kamu juga bisa download gratis aplikasinya di PlayStore.

Klik Untuk Donasi - Rozi Anak Seorang Nelayan Butuh Biaya Berobat Pasca Operasi Kolostomi!
hirschsprung
Fakhrul Rozi
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.619,136
  2. Pencapaian 2.17%
  3. Donatur 16

Referensi :

Lasikindonesia.id. Apa Itu Lasik. https://lasikindonesia.id/2020/09/30/apa-itu-lasik/

Surabayaeyeclinic.co.id . Layanan Lasik. Layanan Klinis Detail | Surabaya Eye Clinic