Efektifkah Kacamata Anti Blue Light untuk Melindungi Mata dari Radiasi?

Efektifkah Kacamata Anti Blue Light untuk Melindungi Mata dari Radiasi?

Selama pandemi ini, kita lebih banyak di rumah untuk mengerjakan tugas sekolah, tugas kuliah, atau bahkan bekerja. Hampir setiap hari selama 8 – 9 jam, kita akan menghadap laptop atau komputer. Ditambah jam-jam lain untuk bermain media sosial atau gim di ponsel pintar. Kira-kira apa yang akan terjadi dengan mata kita ketika itu terus berlanjut dalam beberapa tahun kedepan? 

Mata dapat mengalami gangguan seperti mata mudah lelah, sakit kepala, atau mata berair. Karena risiko tersebutlah, kita perlu memproteksi indra penglihatan menggunakan kacamata anti radiasi. Fungsinya untuk mencegah mata mengalami iritasi atau terkena radiasi blue light

Klik Untuk Donasi - Menderita Kanker Ganas pada Matanya, Zahidin Butuh Mata Palsu agar Bisa Melihat!
Retinoblastoma
Ahmad Zahidin Arief
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,308,000
  2. Pencapaian 6.69%
  3. Donatur 28

Daftar isi:

  1. 1. Apa Itu Kacamata Anti Blue Light??
  2. 2. Ketahui Bahaya Blue Light
  3. 3. Efektifkan dalam Melindungi Mata dari Radiasi?

Apa Itu Kacamata Anti Blue Light?

Kacamata anti blue light atau biasa disebut kacamata anti radiasi ialah sejenis kacamata yang dikhususkan untuk memproteksi mata dari efek radiasi layar smartphone, laptop, komputer, atau sinar matahari. Dalam sehari-hari, kita terpapar radiasi blue light dari perangkat elektronik yang digunakan serta ultraviolet dari matahari. 

Ketahui Bahaya Blue Light?

Blue light biasanya berasal dari perangkat elektronik seperti TV, laptop, telepon genggam, atau komputer. Meskipun radiasi yang mengenai bagian tubuh tidak sebesar ultraviolet, akan tetapi radiasinya cukup berbahaya bagi indera penglihatan kita. Sebab, dapat menyebabkan mata cepat lelah, sakit kepala, mata kering, hingga mengalami gangguan pada tidur. 

Ketika gejala-gejala tersebut dibiarkan terus menerus, sel-sel retina pada mata kita dapat rusak dan dapat menimbulkan penyakit mata yang lebih serius seperti katarak, degenerasi makula, hingga kanker mata

Jakarta Bergerak Bantu Masyarakat Terdampak

Efektifkan dalam Melindungi Mata dari Radiasi?

Setelah mengetahui efek jangka panjang dari blue light, perlukah kita menggunakan kacamata anti blue light untuk melindungi mata? Apakah itu efektif? Sebelum menjawab, perlu diperhatikan hal-hal berikut: 

1. Belum ada penelitian lanjut sebab masih kontroversi

Meskipun produk kacamata anti blue light cukup ramai diperbincangkan akhir-akhir ini, akan tetapi belum ada penelitian lebih lanjut yang membuktikan jika kacamata ini dapat melindungi indra penglihatan kita dari radiasi blue light. Pasalnya, FDA (Food and Drug Administration) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat belum memberikan pernyataan secara resmi atau bahkan merekomendasikan kacamata ini sebagai pelindung dari radiasi blue light. Sehingga, belum ada bukti otentik mengenai hal tersebut dan masih kontroversial. 

2. Tidak direkomendasikan untuk pengguna laptop rutin 

American Academy of Ophthalmology (AAO) pun tidak memberikan rekomendasi kepada pengguna rutin laptop atau komputer untuk menggunakan kacamata anti blue light. Pasalnya, blue light yang dipancarkan layar laptop atau komputer tidak mengakibatkan gangguan pada mata. 

Banyak yang beranggapan jika computer vision syndrome terjadi akibat cahaya biru yang dipancarkan oleh layar laptop atau komputer. Namun nyatanya, gejala tersebut timbul akibat mata terlalu lama menatap layar laptop/komputer. Bahkan, terkadang ketika banyak deadline, kita bisa menghabiskan waktu 1 hari penuh di depan layar komputer. Itulah yang menimbulkan terjadinya gejala computer vision syndrome. 

Tidak hanya American Academy of Ophthalmology (AAO) yang meragukan efektivitas kacamata anti blue light, tetapi juga Association of Optometrists (AOP) Inggris. Mereka mengatakan jika belum ada bukti ilmiah yang kuat yang membuktikan kacamata tersebut dapat melindungi mata dari radiasi blue light atau membantu memperbaiki kualitas tidur. 

Pasalnya, gangguan yang terjadi akibat computer vision syndrome dapat ditangani dengan membatasi waktu kita berinteraksi dengan gawai elektronik seperti laptop atau telepon genggam. Pun, untuk memperbaiki kualitas tidur, kita cukup mengurangi waktu bersama ponsel. 

Dari ulasan tersebut, apakah efektif kacamata anti blue light untuk melindungi mata dari radiasi layar gawai elektronik? Silakan tentukan sendiri. Namun, ada baiknya untuk menjaga kesehatan mata sejak dini agar tetap dapat beraktivitas dengan baik. Jika sehat, kita bisa ikut berdonasi meringankan beban saudara-saudara yang terkena penyakit mata melalui aplikasi WeCare. Kamu bisa mengunduh aplikasinya di Play Store dan App Store untuk mulai berdonasi. Dari hal kecil bersama WeCare, kita mulai langkah untuk membantu sesama. 

Klik Untuk Donasi - Menderita Kanker Mata, Abimanyyu Butuh Pertolonganmu Segera!
Kanker Mata
Leonel Adelard Abimanyyu
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.3,072,000
  2. Pencapaian 5.94%
  3. Donatur 29

Referensi: 

dr. Karin Wiradarma. Pakai Kacamata Anti Blue Light, Efektifkah Lindungi Mata Dari Radiasi? https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3636901/pakai-kacamata-anti-blue-light-efektifkah-lindungi-mata-dari-radiasi

Essilor. Lenses to Protect Your Eyes From Harmful Blue Light. https://www.essilor.co.id/en/products/blue-light-protection-lenses

Hello Sehat. Kacamata Anti Radiasi, Mulai dari Manfaat Hingga Tips Memilihnya. https://hellosehat.com/mata/perawatan-mata/kacamata-anti-radiasi/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *