5 Cara Menjaga Kesehatan Mental untuk Hidup Lebih Baik

5 Cara Menjaga Kesehatan Mental untuk Hidup Lebih Baik

Belakangan ini, isu kesehatan mental menjadi topik hangat yang sering diperbincangkan oleh banyak orang. Mulai dari postingan di media sosial, tema webinar, hingga buku yang beredar. Tentu saja ini menjadi tren positif seiring meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya isu ini. Lantas, bagaimana cara menjaganya agar hidup menjadi lebih bermakna? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Daftar isi:

  1. 1. Pengertian Kesehatan Mental
  2. 2. Jenis-jenis Gangguan Mental
  3. 3. Cara Menjaga Kesehatan Mental 

Pengertian Kesehatan Mental

Jika kita berbicara tentang makna kesehatan yang sesungguhnya, maka tak hanya sebatas kesehatan fisik semata. Lebih dari itu, tidak ada kesehatan yang utuh tanpa kondisi mental yang sehat. Menurut World Health Organization/WHO (2018) bahwa kesehatan adalah keadaan aman, tenteram, dan nyaman baik fisik, mental, maupun sosial secara keseluruhan, bukan hanya bebas dari suatu gangguan ataupun penyakit tertentu.

Derita Lumpuh Otak Hingga Penyakit Jantung, Rayyan Butuh Pertolonganmu Segera!

Jenis-jenis Gangguan Mental

Ada kalanya, kondisi mental kita mengalami gangguan akibat beberapa hal yang pernah dialami. Tanpa disadari, gangguan ini mampu mempengaruhi kehidupan pribadi bahkan orang lain. Maka dari itu, penting untuk kita mengetahui jenis-jenis gangguan mental berikut ini.

1. Depresi

Depresi seringkali ditandai dengan kesedihan, perasaan bersalah berlebihan, sisi emosional yang sulit terkendali, gangguan tidur dan nafsu makan, dan kesulitan untuk berkonsentrasi. Orang yang mengalami depresi juga tak jarang memiliki gangguan pada kondisi fisik. 

2. Gangguan Kecemasan

Orang dengan gangguan kecemasan akan merespon situasi tertentu dengan rasa takut dan panik. Selain itu juga ditandai dengan detak jantung yang lebih cepat dan tubuh berkeringat. 

3. Bipolar

Gangguan ini terdiri dari dua kondisi atau suasana hati yaitu manic episode dan depressive episode. Manic episode adalah kondisi dimana suasana hati begitu gembira, bersemangat, mudah tersinggung, dan beraktivitas secara berlebihan. Sebaliknya, depressive episode adalah kondisi dengan suasana hati yang begitu sedih dan putus asa.

4. PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder)

Gangguan stres pasca-trauma (PTSD) adalah suatu kondisi yang muncul akibat peristiwa traumatis atau menakutkan di masa lalu. Seperti kematian tak terduga dari orang yang dicintai, pelecehan seksual, atau bencana alam. 

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan baik secara fisik maupun mental. Hal ini dilakukan agar hidup kita menjadi jauh lebih bahagia dan bermakna. Berikut ini terdapat 5 cara menjaga mental agar tetap sehat.

1. Bicara tentang perasaanmu

Membicarakan tentang perasaanmu saat menghadapi masalah, ternyata akan meringankan beban yang ada di hati. Tentu saja, ini akan berdampak baik untuk kondisi mentalmu. 

2. Aktif berolahraga

Olahraga teratur dapat meningkatkan konsentrasi, membangkitkan hormon kebahagiaan, bahkan membuat tidur kita jauh lebih nyenyak. Olahraga dapat membuat otak dan organ-organ tubuh kita menjadi sehat dan aktivitas ini juga berdampak positif terhadap mental. 

3. Makan dengan baik

Bahagia ternyata sederhana. Seringkali kita menemukan kebahagiaan hanya dengan makan sepotong kue favorit. Hal ini menunjukkan bahwa menjaga kesehatan fisik dan mental juga perlu dukungan dari makanan yang kita konsumsi, terutama dari kandungan nutrisi.

4. Melakukan sesuatu yang kamu suka 

Apa aktivitas yang paling kamu sukai? Menggambar, menulis, atau menonton film? Apapun itu, ternyata selain mengonsumsi makanan favorit, melakukan aktivitas yang kamu suka juga sangat membantu dalam menjaga kondisi mentalmu. 

5. Peduli kepada orang lain

Menjaga hubungan baik dengan orang lain, saling memberi hadiah, dan saling membantu satu sama lain juga mampu memberikan kebahagiaan tersendiri dalam hati. 

Melalui berbagi kepada sesama di aplikasi WeCare.id, maka otomatis tak hanya kesehatan mental saja yang terjaga, namun ada orang-orang di luar sana yang terselamatkan dengan kebaikan yang kamu lakukan.

Klik Untuk Donasi - Kebaikan Bermakna untuk Sesama
  1. Terdanai Rp.7,351,786
  2. Pencapaian 14.70%
  3. Donatur 203

Referensi:

Medlineplus. Mental Disorder. medlineplus.gov

Mental Health Foundation. How to look after your mental health. mentalhealth.org.uk

WHO. 30 Maret 2018. Mental health: strengthening our response. who.int.

WHO. 28 Novermber 2019. Mental disorder. who.int.

WebMD. 21 April 2021. Types of Mental Ilness. webmd.com.