Ini 5 Langkah untuk Dampingi Korban Kekerasan Seksual

Ini 5 Langkah untuk Dampingi Korban Kekerasan Seksual

Seperti yang kita tahu bahwa kasus kekerasan seksual marak terjadi di Indonesia sepanjang tahun 2021. Melansir dari CNN Indonesia, tercatat ada 8.800 kasus kekerasan seksual yang terjadi pada periode Januari 2021 hingga November 2021. Kasus-kasus tersebut terjadi di beragam tempat, mulai dari tempat umum hingga tempat yang dianggap aman, seperti sekolah, perguruan tinggi, dan pesantren. 

Yuk Bantu Ibu Sri Lawan Kanker Serviks!

Maraknya kasus tersebut terjadi di Indonesia, membuat kita harus menyadari bahwa dampak dari kekerasan seksual itu sangat nyata dirasakan oleh para korbannya. Tak hanya fisik, namun juga akan berdampak pada psikologis yang dapat berjangka panjang.

Daftar isi:

  1. 1. Dampak Kekerasan Seksual Pada Psikologis
  2. 2. Langkah Dukungan untuk Dampingi Korban Kekerasan Seksual

Dampak Kekerasan Seksual Pada Psikologis

Ada beragam reaksi emosional dan psikologis yang dialami oleh penyintas kekerasan seksual. Reaksi yang paling umum dan sering terjadi adalah depresi dan trauma. Namun tak sampai disitu saja, beberapa hal dibawah ini gangguan psikologis akibat kekerasan seksual. 

  1. Gangguan cemas

Cemas merupakan reaksi normal yang akan dirasakan seseorang ketika mengalami keadaan yang mencekam. Rasa cemas dan takut yang korban rasakan pada saat menerima pelecehan seksual bisa saja terjadi secara berkepanjangan. 

  1. Depresi

Tidak semua korban pelecehan berani untuk melapor ke polisi. Pun untuk berbicara dengan orang terdekat, ada korban yang merasa takut. Alhasil, korban memilih untuk diam. Akhirnya korban menjadi terpuruk dan rentan mengalami depresi. 

  1. Gangguan stres pasca trauma  (PTSD)

Kejadian besar yang tidak sesuai keinginan atau diluar kendali korban akan mengguncang psikisnya, sehingga rentan sekali mengalami trauma. Ketika mengalami trauma, korban seringkali terbayang-bayang kejadian pelecehan seksual yang dialaminya.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan ketika mendapati orang terdekat mengalami kekerasan seksual?

Langkah Dukungan untuk Dampingi Korban Kekerasan Seksual

Melihat dampaknya yang sangat serius dan dapat mengganggu kehidupan para korban, maka sebaiknya korban harus didampingi dengan baik. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendampingi korban pelecehan seksual. 

  1. Menjadi tempat untuk bercerita

Korban pelecehan seksual yang mengalami gangguan psikologis akan mengalami perubahan dalam sikapnya, seperti menjadi lebih diam, merenung, dan sering terpuruk. Maka dari itu, sebagai orang terdekat harus memberikan support terbaik. 

  1. Memberikan informasi

Korban pelecehan seksual biasanya tak mampu untuk berpikir panjang dan jernih karena dirundung  kalut dan gelisah. Maka dari itu, kita sebaiknya memberikan informasi terkait hal-hal yang tepat untuk dilakukan untuk mengatasi kejadian tersebut. 

  1. Melaporkan pada pihak berwenang

Proses hukum sangat dibutuhkan agar korban mendapatkan keadilannya. Namun beberapa korban merasa malu dan takut ketika harus ditanya banyak hal oleh pihak berwenang. Korban harus didampingi agar kasusnya dapat terselesaikan dengan baik. 

  1. Rumah aman

Perasaan cemas dan takut yang dialami korban mungkin terjadi karena ia selalu merasa was-was dan tak aman. Maka dari itu, perlu adalah rumah aman yang menjadi opsi agar bisa menumbuhkan kembali rasa aman pada diri korban. 

  1. Konsultasi dengan psikolog

Jika kondisi psikis korban tak kunjung baik, maka perlu bantuan profesional seperti psikolog. Hal ini akan membantu korban untuk kembali mendapatkan kepercayaan dirinya dan bisa memaafkan dirinya kembali. 

Kondisi psikis dan emosional korban setelah mengalami kejadian mengejutkan tersebut akan sangat tidak stabil. Maka dari itu, sangat penting dukungan dari orang terdekat. Nah bagi kamu yang ingin membantu saudara-saudara kita yang mengalami kekerasan seksual, yuk lakukan donasi melalui WeCare.id. Unduh aplikasinya di Google Play atau App Store untuk donasi yang mudah dan praktis. 

Klik Untuk Donasi - Mari Bantu Sahabat Difabel
  1. Terdanai Rp.5,773,298
  2. Pencapaian 27.23%
  3. Donatur 47

Referensi:

CNN Indonesia. (2021, December 29). Marak Kekerasan Seksual Sepanjang 2021. nasional. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211223151929-20-737872/marak-kekerasan-seksual-sepanjang-2021

Kekerasan Seksual. (2021, October 26). Merdeka Dari Kekerasan. https://merdekadarikekerasan.kemdikbud.go.id/kekerasan-seksual/

Nuramdani, R. (2021, December 20). DokterSehat – Info & Artikel Kesehatan, Dokter, Rumah Sakit, Obat. https://doktersehat.com/psikologi/kesehatan-mental/dampak-psikologis-phttps://doktersehat.com/psikologi/kesehatan-mental/dampak-psikologis-pada-korban-pemerkosaan/ada-korban-pemerkosaan/Putri, R. R. (2018, October 13). 4 Dampak Psikis Yang Dialami Korban Pelecehan Seksual. klikdokter.com. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3616236/4-dampak-psikis-yang-dialami-korban-pelecehan-seksual

Sumber Featured Image : Nadine Shaabana on Unsplash