Penyebab dan Gejala Penyakit Kanker yang Harus Diketahui

Penyebab dan Gejala Penyakit Kanker yang Harus Diketahui

Penyakit kanker merupakan penyakit akibat pertumbuhan sel abnormal yang tidak bisa dikendalikan. Jika tidak segera ditangani, sel ganas tersebut akan menyebar ke jaringan tubuh lainnya. Penyebaran sel ganas iniakan merusak jaringan dan membentuk tumor.

Ada banyak jenis dari penyakit ini yang tidak hanya menyerang orang dewasa namun juga anak-anak. Beberapa jenis kanker yang paling sering terjadi adalah kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, kanker hati, kanker darah, kanker otak, dan masih banyak lagi.

Daftar isi:

  1. 1. Penyebab Penyakit Kanker
  2. 2. Gejala Penyakit Kanker
  3. 2. Pengobatan Kanker

Penyebab Penyakit Kanker

Secara spesifik, kita belum bisa mengetahui secara pasti penyebab penyakit ini. Namun, penyebab pertumbuhan sel yang mengganas tersebut akibat mutasi genetik pada sel tersebut. Tubuh kita sebenarnya mempunyai sistem untuk menghancurkan sel yang abnormal tersebut. Akan tetapi jika sistem tersebut gagal, pertumbuhan sel menjadi semakin tak terkendali.

Ada beberapa faktor yang memperbesar risiko mutasi genetik pada sel. Faktor risiko tersebut meliputi kebiasaan merokok, adanya riwayat, serta terpapar zat kimia dan radiasi.

Selain itu, risiko terserang penyakit ini akan semakin tinggi jika kamu mengalami obesitas dan terinveksi virus hepatitis. Penderita HIV atau AIDS juga berpotensi untuk terserang penyakit mematikan ini.

Klik Untuk Donasi - Alami Pendarahan Hebat Akibat Kanker Darah, Nyawa Hafizh sangat Terancam!
Leukemia Mieloblastik Akut
Muhammad Hafizh Al Fajri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.39,725,000
  2. Pencapaian 76.43%
  3. Donatur 459

Gejala Penyakit Kanker

Perlu kita ketahui bahwa gejala penyakit genetik bervariasi berdasarkan jenisnya atau bagian tubuh yang terserang. Selain itu, penderita biasanya belum merasakan gejala saat masih dalam stadium awal. 

Biasanya, tanda-tanda khusus penyakit ini baru muncul saat penderita memasuki stadium dua, tiga, maupun empat. Secara umum, gejala penyakit ini ditandai dengan menurunnya berat badan secara drastis, mudah lelah, nyeri di bagian tubuh tertentu, dan demam yang sering kambuh.

Selain itu, jika semakin parah, penderita akan mengalami luka pada bagian tubuh tertentu yang sulit sembuh. Pada stadium akhir, penderita akan mengalami benjolan yang semakin membesar dan terasa nyeri. Untuk gejala yang lebih spesifik, simak penjelasan berikut.

Penyakit Kanker Otak

Gejala penyakit ini adalah sakit kepala , menurunnya fungsi ingatan serta sulit berjalan. Selain itu, penderita mungkin juga akan mengalami kesulitan bicara dan penglihatan menjadi tidak normal

Penyakit Kanker Leher Rahim

Gejala penyakit ini meliputi pendarahan vagina serta keluarnya flek berwarna kekuningan. Biasanya, pendarahan terjadi sesudah berhubungan seksual. Gejala lain dari penyakit ini adalah nyeri punggung dan pembesaran ginjal.

Penyakit Kanker Payudara

Ciri penyakit yang banyak menyerang perempuan ini adalah muncul benjolan pada payudara atau ketiak. Selain itu, biasanya terjadi perubahan bentuk putting, payudara, serta penebalan kulit pada daerah sekitar payudara.

Leukimia

Penderita akan mengalami kelelahan kronis, kulit pucat, serta berat badan menurun. Tidak hanya itu, penderita mudah mengalami mimisan, luka dan infeksi.

Penyakit Kanker Kulit

Penyakit ini ditandai benjolan mengeras di kulit, munculnya bintik-bintik, perubahan warna kulit, serta infeksi.

Derita Kelainan Kulit yang Tak Kunjung Sembuh, Eka Butuh Pertolongan Segera!

Pengobatan Penyakit Kanker

Metode untuk mengobati penyakit mematikan ini berbeda-beda tergantung pada jenisnya, pola penyebaran, serta kondisi pasien. Cara pengobatan yang paling umum dilakukan dengan cara operasi untuk mengangkat sel penyebab penyakit kanker dan mencegah penyebaran. 

Selain itu, ada juga metode radioterapi dengan memanfaatkan penyinaran radiasi. Metode pengobatan lainnya adalah melalui kemoterapi atau dengan mengkonsumsi obat-obatan. Ada juga metode terapi hormonal yang bertujuan untuk meningkatkan imunitas penderita.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai penyakit kanker, jenis, gejala khusus, serta metode pengobatannya. Meskipun tidak menular, penyakit ini berbahaya dan mematikan. Untuk itu, marilah kita memberikan uluran tangan bagi penderita kanker yang kurang mampu.

Kamu bisa menyalurkan donasi melalui situs WeCare.id. Selain itu, kamu juga bisa membuat campaign untuk menggalang dana melalui campaign donasi inisiatif. Agar lebih mudah untuk berdonasi kapanpun dan dimanapun, kamu bisa mengunduh aplikasi WeCare.id yang tersedia di App Store dan juga Google Play Store.

Referensi:

Puji, Aprinda. 29 Januari 2022. Pengertian Kanker. Hallosehat.com.

Willy, Tjin. 3 Juli 2019. Penyakit Kanker. Alodokter.com.

P2PTM Kemenkes RI. 5 Februari 2019. Apa itu Kanker. p2ptm.kemkes.go.id

SUmber Featured Image : marijana1 dari Pixabay