5 Fakta Kanker Otak yang Jarang Diketahui

5 Fakta Kanker Otak yang Jarang Diketahui

Otak merupakan bagian tubuh yang paling rumit. Organ tubuh ini mengatur perilaku kita, kecerdasan, penerjemah indera, dan pemicu gerak tubuh. Tapi komputer dalam tubuh kita ini tidak selalu dapat berfungsi dengan baik karena berbagai hal. Salah satunya adalah timbulnya kanker otak.

Apa itu kanker otak?

Sepanjang hidup, sel-sel dalam tubuh kita selalu beregenerasi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun terkadang sel tubuh ini beregenerasi secara berlebihan dan tidak terkontrol. Kondisi pertumbuhan sel seperti inilah yang disebut dengan sel kanker.

Sel kanker dapat tumbuh di bagian mana pun dalam tubuh kita. Kanker otak terjadi karena terjadinya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol di bagian otak. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kerja otak. Bahkan seperti jenis kanker lainnya, kanker otak juga berpotensi tinggi pada kematian.

Berdasarkan data dari The Global Cancer Observatory pada tahun 2018, penyakit kanker telah menyebabkan 207.210 kematian. Sekitar 2% dari kematian tersebut diakibatkan oleh kanker otak. Karena itulah, jenis kanker yang satu ini berada di peringkat ke 13 sebagai salah satu kanker yang menyebabkan kematian di Indonesia. Dengan informasi dan penanganan yang tepat sejak dini bisa membantu pengidap kanker otak terhindar dari risiko kematian.

Fakta kanker otak

Banyak orang yang belum mendapatkan informasi yang jelas mengenai jenis kanker yang satu ini. Karena itu, WeCare mengumpulkan beberapa informasi dan fakta seputar kanker otak yang dilansir dari  The National Foundation for Cancer Research.

1. Penyebab kanker otak tidak diketahui

Orang-orang yang di diagnosa mengidap kanker ini sering kali tidak dapat dilacak penyebabnya. Tapi ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab kanker otak, yaitu:

  • Bertambahnya usia meningkatkan risiko kanker otak
  • Orang-orang yang terpapar radiasi ion
  • Kelainan genetik

2. Tidak memiliki gejala khusus

Sakit kepala yang semakin parah bisa menjadi gejala berbagai jenis penyakit, termasuk kanker otak. Gejala lainnya dapat berupa perubahan perilaku, kondisi mata yang melemah, pusing atau muntah, kesulitan berbicara dan hilangnya memori jangka pendek.

Jika Teman Peduli mengalami gejala diatas, sebaiknya konsultasikan langsung dengan dokter untuk mengetahu penyebab pastinya. Deteksi dini bisa menjadi penyelamat jiwa bagi para pengidap kanker ini.

Klik Untuk Donasi - Rumah Singgah Sahabat Ayah Sarah
Donasikan Rumah Singgah Sahabat Ayah Sarah

Oleh Medikator
  • Terdanai Rp.777,500
  • Pencapaian 0.27%
  • Donatur 22

3. Tidak terbatas usia

Kanker otak ternyata bisa terjadi pada usia berapa pun. Namun penyakit ini biasanya terjadi pada anak-anak dan orang lanjut usia. Kanker otak sering kali ditemukan pada anak-anak usia antara 0-14 tahun dan orang dewasa berusia 59 tahun.

4. Keterkaitan ponsel dan kanker belum diketahui pasti

Studi dan penelitian mengenai keterkaitan ponsel dengan penyebab kanker masih terus berjalan. Hingga saat ini, masih banyak studi yang memberikan teori berbeda terkait apakah ponsel dapat meningkatkan risiko, atau bahkan menyebabkan kanker otak. Karena itu, jika kamu, merasa khawatir, lebih baik cobalah mengurangi penggunaan ponsel. Hindari melihat layar gawai terlalu lama, cobalah gunakan fitur perangkat bebas genggam, dan cari kegiatan lain disamping membuka sosial media dan tab lain di dalam ponsel.

5. Tingkat kelangsungan hidup bervariasi

Ada berbagai (cancer.net, 2020) jenis kanker otak dan tingkat kelangsungan hidup dari pasien ini tergantung pada jenis kanker yang diidapnya. Beberapa jenis kanker otak seperti meningioma, anaplastic ependymoma dan oligodendroglioma masih dapat diobati dengan perawatan yang tepat. Namun pengidap jenis kanker lainnya memiliki harapan kecil untuk dapat sembuh.

Kanker otak memang menjadi salah satu penyakit yang berbahaya. Namun dengan deteksi dini, pasien yang mengidap penyakit ini bisa mendapatkan perawatan yang dibutuhkan. Dapatkan informasi lainnya seputar kanker dan penyakit berbahaya lainnya hanya di WeCare.id. Selain itu, mari kita ulurkan tangan untuk membantu pasien tidak mampu yang membutuhkan. Yuk, buka tautan dibawah untuk donasi atau gunakan aplikasi WeCare.id di App Store atau Google Play supaya donasi menjadi lebih mudah!

Klik Untuk Donasi - Bantu Fahri Melawan Kanker Darah DiTubuhnya
Donasikan Leukemia
Fahri Al Hafizd
Oleh Medikator
  • Terdanai Rp.1,211,000
  • Pencapaian 9.18%
  • Donatur 61

Referensi:

Cancer.net. (2020). Brain Tumor: Risk Factors.
NFCR. (2017). 7 Facts You Need to Know About Brain Tumors. NFCR.
Observatory, T. G. (2018). 360 Indonesia Fact Sheets. The Global Cancer Observatory .
WebMD. (2020). Understanding Cancer — the Basics.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *