Kanker Kulit Melanoma: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Kanker Kulit Melanoma: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Di dalam tubuh manusia terdapat sel melanosit yang berfungsi sebagai pembentuk pigmen kulit pada manusia. Melanoma merupakan kanker kulit yang menyerang sel melanosit ini. Kanker ini tergolong kanker yang cukup jarang, namun berbahaya dan dapat menyebar ke organ lainnya.

Daftar isi:

  1. 1. Bagaimana Gejala Kanker Kulit Melanoma?
  2. 2. Penyebab Kanker Kulit Melanoma
  3. 3. Bagaimana Cara Mengobatinya?

Bagaimana Gejala Kanker Kulit Melanoma?

Gejala kanker kulit melanoma dapat bervariasi, namun secara umum gejala yang dialami penderita kanker kulit melanoma yaitu:

  1. Adanya tahi lalat yang mengalami perubahan warna, bentuk, dan ukuran.
  2. Tahi lalat terasa nyeri, gatal tidak tertahan, rusak, atau berdarah
  3. Munculnya pigmen tidak biasa pada kulit, biasanya berwarna cokelat dan sifatnya padat.
  4. Munculnya garis hitam cokelat di kuku
  5. Area kuku tangan maupun kaki mengalami perubahan warna kulit yang semakin gelap .
  6. Pembengkakan kelenjar.
  7. Sesak napas.
  8. Munculnya rasa nyeri pada tulang (Nareza, 2021).
Klik Untuk Donasi - Alami Pendarahan Hebat Akibat Kanker Darah, Nyawa Hafizh sangat Terancam!
Leukemia Mieloblastik Akut
Muhammad Hafizh Al Fajri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.39,787,500
  2. Pencapaian 76.55%
  3. Donatur 462

Penyebab Kanker Kulit Melanoma

Hingga saat ini belum ada penyebab pasti kanker melanoma, namun beberapa hal berikut dianggap sebagai pemicu munculnya penyakit ini:

  1. Memiliki Banyak Tahi Lalat

Memiliki banyak tahi lalat dianggap meningkatkan potensi munculnya kanker kulit melanoma. Namun, tidak serta merta semua orang yang memiliki banyak tahi lalat akan terkena kanker kulit ini, ada banyak faktor lain yang turut serta memicu munculnya kanker kulit ini.

  1. Memiliki Jumlah Pigmen Kulit yang Sedikit

Pigmen kulit yang sedikit membuat seseorang lebih mudah terkena paparan sinar UV. Hal inilah yang menyebabkan seseorang dengan jumlah pigmen kulit sedikit lebih rentan terkena kanker kulit.

  1. Adanya Riwayat Keluarga yang Menderita Kanker Melanoma

Adanya riwayat anggota keluarga yang menderita kanker, memberikan peluang lebih besar bagi seseorang untuk mengalami kanker juga. 

  1. Sering Terpapar Sinar UV

Paparan sinar ultraviolet yang terlalu sering juga dapat memicu terjadinya kanker kulit melanoma ini. Oleh karena itu, sebaiknya hindari sinar matahari saat kadar ultravioletnya tinggi seperti saat siang hari atau gunakan tabir surya.

  1. Imunitas Lemah

Imunitas tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari virus, bakteri dan penyakit. Imunitas yang lemah dapat meningkatkan peluang seseorang untuk terserang penyakit, termasuk kanker kulit melanoma(Hospital, 2021).

Mari Bantu Zerina Berjuang Lawan Kanker Darah!

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati kanker kulit melanoma yaitu:

  1. Operasi

Operasi dilakukan untuk mengobati kanker kulit melanoma yang ringan atau stadium awal. Jika kanker kulit ini telah menyebar ke area sekitar dan kelenjar getah bening, maka dokter juga akan melakukan pengangkatan atau operasi pada kelenjar getah bening.

  1. Kemoterapi

Cara berikutnya yang digunakan untuk mengobati kanker kulit melanoma yaitu kemoterapi. Kemoterapi merupakan pengobatan menggunakan obat-obatan kemo yang diberikan melalui infus yang berfungsi untuk menghancurkan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh.

  1. Terapi Radiasi

Terapi ini menggunakan sinar X dosis tinggi yang bertujuan untuk menghancurkan sel kanker. Biasanya terapi ini direkomendasikan setelah operasi kelenjar getah bening.

  1. Terapi Target

Terapi ini merupakan pengobatan yang menggunakan obat tertentu yang bertujuan menarget sel kanker dan protein penyusunnya. Terapi ini juga dapat menurunkan laju pertumbuhan kanker (Hapsari, no date).

Saat ini beberapa saudara kita masih berjuang untuk sembuh dari kanker kulit melanoma ini. Kamu bisa membantu mereka melalui donasi via Wecare.id, mudah, praktis, dan amanah.

Referensi

Hapsari, A. (no date) Kanker Melanoma: Gejala, Penyebab & Pengobatan – Hello Sehat, 2021. Available at: https://hellosehat.com/kanker/kanker-kulit/melanoma/ (Accessed: 14 February 2022).

Hospital, C. (2021) Kanker Kulit Melanoma Kenali Ciri-Cirinya Berikut Ini!, 2021. Available at: https://ciputrahospital.com/kanker-kulit-melanoma/ (Accessed: 14 February 2022).Nareza, M. (2021) Kanker Kulit Melanoma – Gejala, penyebab dan mengobati – Alodokter. Available at: https://www.alodokter.com/kanker-kulit-melanoma (Accessed: 14 February 2022).