Inilah 9 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan & Kulit

Inilah 9 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan & Kulit

Kamu pasti pernah merasakan manfaat daun mint yang digunakan dalam pasta gigi, obat kumur, juga permen penyegar mulut. Mint merupakan tanaman berdaun yang mungkin paling dikenal karena hubungannya dengan nafas segar yang menimbulkan sensasi sejuk di mulut. Selain menyegarkan nafas, mint juga digunakan untuk menambah rasa pada makanan dan minuman, seperti es krim atau cokelat. Selain yang disebutkan tadi, masih ada manfaat lain dari daunt mint. Yuk, cari tahu info lengkapnya di artikel ini.

Asri Alami Kanker Getah Bening Setelah Melahirkan Buah Hatinya

Manfaat Daun Mint

Selama bertahun-tahun daun mint sudah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Sayangnya, tidak banyak penelitian pada manusia yang mendokumentasikan dampak mint pada tubuh selain membantu pencernaan dan sindrom iritasi usus besar. Ternyata manfaat lain dari daun mint juga masih banyak, lho! Berikut beberapa di antaranya.

1. Kesehatan Otak

Manfaat daun mint yang pertama yaitu untuk kesehatan otak. Mengkonsumsi mint dapat meningkatkan kesehatan otak. Sebuah studi menemukan ekstrak mint berpotensi untuk mengobati gejala Alzheimer meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk itu. Studi lain menemukan bahwa mencium peppermint dapat meningkatkan memori dan meningkatkan kewaspadaan walaupun tidak diketahui apakah jika mengkonsumsinya akan memiliki efek yang serupa.

2. Kesehatan Pencernaan

Manfaat daun mint yang paling terkenal mungkin sebagai obat untuk masalah pencernaan. Mengonsumsi minyak peppermint mengurangi sakit perut dan membantu mengobati sindrom iritasi usus besar tanpa menimbulkan efek samping.

Penelitian pada hewan dan in vitro menunjukkan bahwa daun mint dapat memiliki pengunaan untuk pengobatan yang lebih luas daripada yang diketahui saat ini. Jenis penelitian ini telah menemukan bahwa mint mampu membunuh bakteri, mengurangi stres, dan melawan sel tumor kanker. Uji coba pada manusia akan diperlukan untuk menentukan apakah mint juga memiliki efek ini pada tubuh manusia.

3. Membantu Masalah Pernafasan

Daun mint sangat dianjurkan untuk pasien asma, karena berfungsi sebagai relaksan yang baik dan meredakan hidung tersumbat. Konsumsi daun mint setiap hari dapat memberikan efek menenangkan bagi penderita asma. Manfaat daun mint dikenal untuk membersihkan hidung tersumbat, mentol dapat membuat bernapas menjadi lebih mudah. Selain itu, daun mint juga mengurangi iritasi yang disebabkan oleh batuk kronis.

4. Perawatan Mulut

Pernah risih karena baru saja makan bawang putih jadi takut buka mulut? Beberapa orang akan mencoba mengunyah permen karet untuk menghilangkan baunya. Namun lain kali cobalah mengunyah daun mint untuk menghilangkan bau yang menyengat. Manfaat daun mint dapat membantu menyegarkan napasmu secara instan karena kandungan bahan pembasmi kuman.

Ekstrak daun mint bisa membantu membersihkan penumpukan plak pada gigi. Mentol yang terkandung dalam pasta gigi, obat kumur, atau permen karet dapat menghentikan pertumbuhan bakteri mulut dan menjaga kebersihan rongga mulutmu.

Klik Untuk Donasi - Bayar Fidyah untuk Lunasi Hutang Puasa Ramadhan
  1. Terdanai Rp.1,050,000
  2. Pencapaian 12.12%
  3. Donatur 2

4. Meningkatkan Imunitas

Mint penuh dengan vitamin dan antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin nabati ini membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Selain itu, manfaat daun mint lainnya yaitu bisa mencegah pembentukan tumor dengan cara menghambat beberapa enzim.

5. Mengatasi Stres dan Depresi

Mint adalah bagian penting dari aromaterapi. Aromanya yang kuat dan menyegarkan dapat membantu mengalahkan stres dan menyegarkan pikiran. Dengan menghirup aroma mint, pikiranmu langsung menjadi tenang. Untuk merasakan manfaat daun mint ini, kamu dapat menambahkan mint ke dalam teh, menggunakan ekstrak mint pada alat terapi uap atau mandi mint untuk menghilangkan stres dan depresi dengan segera.

6. Membantu Menyusui

Luka puting dan puting pecah-pecah sering terjadi pada ibu menyusui yang membuat menyusui lebih menyakitkan dan menyusahkan. Ibu-ibu bisa mendapatkan manfaat daun mint untuk menyusui. Bukti mengungkapkan bahwa mengoleskan minyak esensial mint bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan nyeri dan puting pecah-pecah. 

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Untuk yang ingin menurunkan berat badan bisa mencoba manfaat daun mint. Daun ini berperan penting dalam menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Daun mint meningkatkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme untuk membantu menurunkan berat badan. Teh mint adalah minuman bebas kalori yang menyegarkan dan bagus untuk menurunkan berat badan.

8. Perawatan Kulit

Mint adalah obat yang telah lama digunakan untuk mengobati masalah terkait kulit seperti jerawat, bekas luka. Daun mint memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antijamur yang kuat yang efektif untuk pengobatan jerawat dan pengurangan peradangan dan kemerahan yang terkait dengan kemunculan jerawat. Selain itu, daun mint mengandung asam salisilat tinggi dan vitamin A yang mengontrol sekresi minyak sebum di kulit dan membantu menyembuhkan jerawat. Kandungan mentol dan antioksidan alami dalam daun mint digunakan sebagai pembersih, toner, astringen dan pelembab yang luar biasa untuk kulit. Manfaat daun mint lainnya, yaitu memberi warna pada kulit, melembutkan kulit kering dan gatal.

Itulah manfaat daun mint untuk kesehatan dan kulit. Sambil menikmati secangkir teh mint, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

12 Health Benefits of Mint Leaves That You Should Know! (2020). pharmeasy.in.
Health Benefits of Mint Leaves. (2020). webmd.com.Pudina/Mint Leaves: Health Benefits Of Pudina Juice, Uses For Skin, Hair And Side Effects. (2019). netmeds.com.

Sumber Featured Image : icon0.com from Pexels

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *