Mengenal Kelenjar Getah Bening dan Pengobatannya

Mengenal Kelenjar Getah Bening dan Pengobatannya

Selain darah dan sistem peredarannya, tubuh kita juga punya jaringan pembuluh getah bening dan kelenjar getah bening. Jaringan ini berperan dalam mempertahankan imunitas atau kekebalan tubuh. Tugasnya adalah mengumpulkan cairan, zat yang tidak berguna dan komponen asing lain (seperti virus dan bakteri) yang ada di dalam tubuh dan di luar sistem aliran darah. Letak kelenjar getah bening adalah di bagian kanan dan kiri leher.

Penyakit kelenjar getah bening mungkin sudah sering kita dengar. Kondisi ini biasanya terjadi ketika kelenjar getah bening mengalami pembengkakan. Membengkaknya kelenjar getah bening biasanya terjadi karena adanya infeksi bakteri atau virus. Kalaupun ada yang disebabkan oleh kanker, kasusnya sangat jarang terjadi.

Derita kanker di kelenjar getah bening, Ryan butuh uluran tanganmu!

Daftar isi:

  1. 1. Penyebab Kelenjar Getah Bening
  2. 2. Gejala Pembengkakan Kelenjar Getah Bening
  3. 3. Obat Kelenjar Getah Bening yang Membengkak

Penyebab Kelenjar Getah Bening

Infeksi akibat bakteri atau virus serta stress yang tinggi adalah beberapa pemicu yang dapat menyebabkan kelenjar getah bening membengkak. Bengkaknya kelenjar getah bening menunjukkan bahwa sistem limfatik kita sedang berusaha untuk menyingkirkan material yang membahayakan tubuh. Namun, ini juga menjadi pertanda ada yang salah dengan tubuh kita.

Klik Untuk Donasi - Keluar Darah dari Hidung dan Telinganya, Cantika Alami Kelainan Darah Langka
Bernard Soulier Syndrome (BSS)
Cantika Aura Putri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,319,000
  2. Pencapaian 1.43%
  3. Donatur 42

Bengkaknya kelenjar getah bening di leher biasanya termasuk infeksi telinga, flu, infeksi sinus, infeksi pada gigi, infeksi kulit hingga HIV. Masalah kesehatan lain yang cukup pelik seperti gangguan sistem kekebalan tubuh atau kanker, juga bisa menyebabkan kelenjar getah bening membengkak. Masalah kekebalan tubuh yang bisa menyebabkan bengkaknya kelenjar getah bening termasuk lupus dan artritis reumatoid.

Gejala Kelenjar Getah Bening

Gejala yang muncul dari penyakit ini biasanya beragam, tergantung pada tingkat keparahan pembengkakannya dan penyebabnya. Beberapa gejala yang mungkin kamu alami ketika terserang penyakit kelenjar getah bening antara lain:

  • Hidung berair, sakit tenggorokan, demam dan gejala lain dari infeksi saluran pernapasan atas
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di seluruh tubuh menandakan adanya infeksi seperti HIV, gangguan sistem kekebalan tubuh (seperti lupus dan artritis rheumatoid)
  • Kelenjar yang terasa keras, tidak bergerak ketika disentuh dan semakin membesar dengan cepat merupakan indikasi adanya kanker atau limfoma (kanker yang menyerang jaringan kelenjar getah bening)
  • Demam
  • Berkeringat di malam hari.

Klik Untuk Donasi - Menderita Kanker Langka Stadium 4, Devino Butuh Pertolonganmu!
Neuroblastoma
Devino Athala Ardhani
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,156,000
  2. Pencapaian 7.82%
  3. Donatur 28

Dalam beberapa kasus yang kurang umum, infeksi TBC, penyakit seksual (seperti sifilis) atau toksoplasmosis juga bisa memicu bengkaknya kelenjar getah bening. Infeksi dari bekas cakaran atau gigitan kucing juga bisa mengakibatkan efek yang sama pada jaringan kelenjar getah bening di tubuh kita.

Selain memperhatikan gejala dan ciri-ciri membengkaknya kelenjar getah bening, kamu sebaiknya melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan diagnosis yang benar.

Obat Kelenjar Getah Bening yang Membengkak

Kelenjar getah bening yang membengkak umumnya akan mengecil dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan khusus. Beberapa pasien yang mengalami kondisi ini biasanya hanya diawasi oleh dokter. Namun jika dari hasil pemeriksaan menunjukkan adanya infeksi, pasien akan diberi resep obat berupa antibiotik dan antivirus (tergantung penyebab infeksinya). Ketika penyebab dari infeksi berhasil diatasi, maka bengkak akan menghilang dalam beberapa hari. Obat-obatan lain seperti aspirin dan ibuprofen juga mungkin akan diresepkan untuk membantu mengatasi nyeri dan mengurangi inflamasi.

Selain pengobatan yang sifatnya kimiawi, penderita juga bisa mengurangi pembengkakan dengan menggunakan obat herbal. Contoh tanaman herbal yang dapat mengatasi infeksi kelenjar getah bening adalah bawang putih dan kunyit.

Klik Untuk Donasi - Nyawa Arkhan Terancam karena Kanker Darah, Yuk Bantu Arkhan Bertahan Hidup!
Leukemia
Arkhan Rizqhi Hasan
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.10,086,509
  2. Pencapaian 14.62%
  3. Donatur 87

Meski kasus pembengkakan kelenjar getah bening umumnya tidak berbahaya, namun tidak sedikit pasien yang justru harus divonis kanker karena gejala yang mirip. Jika sudah sampai ke tahap ini, biaya pengobatan yang dibutuhkan tentu tidak sedikit. Karena itu, mereka memerlukan bantuan dari kamu untuk bisa sembuh. 

Buat kamu yang ingin ikut berdonasi untuk pasien dengan pembengkakan kelenjar getah bening atau kanker, kamu bisa ikut berdonasi bersama WeCare.id. Download aplikasi WeCare.id sekarang juga dan salurkan bantuanmu agar mereka yang membutuhkan bisa segera sembuh!

download_app

Referensi:

Kahn, A. (2019). What’s Causing My Swollen Lymph Nodes? healthline.com.

Mayo Clinic (2019). Swollen Lymph Nodes. mayoclinic.org

American Cancer Society (2020). Lymph Nodes and Cancer. cancer.org

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *