Inilah 7 Tanda Kesehatan Mental Kamu Mulai Terganggu

Inilah 7 Tanda Kesehatan Mental Kamu Mulai Terganggu

Apakah kamu sering merasa cemas ketika menghadapi sesuatu? Atau tiba-tiba merasa sedih tanpa sebab? Jika iya, kemungkinan besar kesehatan mentalmu sedang terganggu. Perubahan perasaan dan sikap secara-tiba-tiba dan tak berkesudahan merupakan salah satu tanda adanya gangguan kesehatan mental. Lalu, apa saja indikator lainnya? Penasaran? Yuk, simak uraiannya berikut ini.

Klik Untuk Donasi - Alami Penumpukan Cairan di Kepalanya, Sea Butuh Biaya untuk Berobat ke Jakarta!
Hidrosefalus, Atrofi Otak
Sea Graceva Samudra
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,070,000
  2. Pencapaian 17.52%
  3. Donatur 52

7 Tanda Kesehatan Mental Mulai Terganggu

Ada saatnya kita merasa begitu sedih atau panik ketika menghadapi suatu masalah dalam hidup. Namun, jika perasaan tersebut berlangsung lama dan terus-menerus, maka besar kemungkinan telah terjadi gangguan pada mental. Terdapat 7 tanda yang menunjukkan kesehatan mental kita mulai terganggu, yaitu:

1. Perubahan perasaan atau sikap

Seperti halnya yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa perubahan sikap dan perasaan secara tiba-tiba dapat menandakan bahwa mental kita mulai terusik. Perasaan sedih yang berlarut-larut, selalu cemas ketika menghadapi banyak orang, ataupun putus asa yang tak berkesudahan, membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. 

2. Kehilangan gairah hidup

Seseorang yang mengalami mental down akan kehilangan gairah hidup. Umumnya lebih sering menyendiri dengan menarik diri dari keluarga, teman, lingkungan, bahkan dari aktivitas yang dulu terasa menyenangkan. 

3. Perubahan pola tidur

Perubahan ini bisa terjadi dengan kelebihan tidur atau kesulitan tidur. Ketika mental tidak sehat, maka fisik akan merespon dengan perubahan pola tidur. Sebagian orang akan menghabiskan energinya hanya untuk tidur, atau sebaliknya. 

4. Produktivitas menurun atau bahkan hilang

Karena telah kehilangan gairah hidup dan energi, maka tentu saja hal ini akan berdampak pula pada penuruna produktivitas. Misalnya saja seseorang yang biasanya selalu rutin mengerjakan olahraga setiap hari, setelah terkena gangguan mental maka semangat untuk berolahraga akan menurun. 

5. Kesulitan berinteraksi

Beberapa jenis gangguan mental akan mempengaruhi kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain. Tidak sedikit dari kita yang ketika memutuskan untuk menarik diri dari lingkungan sosial, sering disebabkan karena ketakutan serta kesulitan kita dalam berinteraksi. Misalnya bagi yang mengalami PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder) akibat bullying, trauma di masa lalu akan berdampak pada kesulitan berinteraksi dan bersosialisasi karena rasa takut yang masih dialami. 

6. Perubahan nafsu makan dan berat badan

Ketika kita sedang stres, tak jarang kita mencoba untuk mengalihkannya dengan mengonsumsi makanan. Namun, apabila porsi makan berubah, baik itu berlebihan atau bahkan terlalu sedikit, bisa menjadi salah satu tanda bahwa mental kita mulai tidak sehat. Contohnya adalah anoreksia yang memiliki gejala nafsu makan menurun drastis hingga berdampak pada penurunan berat badan yang ekstrem.

7. Emosi yang sulit terkendali

Kita pasti pernah bertemu dengan beberapa orang yang mengalami mood swing. Perubahan emosi dari senang menjadi sedih, begitu pun sebaliknya dan terjadi tanpa bisa dikendalikan bisa menjadi indikator. Seperti Bipolar yang memiliki tanda perubahan suasana hati yang berbeda dan cepat dari kesedihan ke kebahagiaan, ataupun sebaliknya.

Penyebab Kesehatan Mental Terganggu

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan mental, diantaranya:

  • Pengalaman hidup, salah satunya adalah kejadian di masa lalu berupa peristiwa traumatik
  • Faktor biologis seperti ketidakseimbangan kimia dan kerusakan di otak
  • Kondisi kesehatan secara medis yang dapat menyebabkan stres
  • Perasaan terisolasi dari lingkungan

Lantas, apa yang harus kita lakukan ketika mengalami tanda-tanda gangguan pada kesehatan mental? Kamu bisa segera menghubungi tenaga medis seperti psikiater atau psikolog untuk memperoleh penanganan yang paling tepat. Selain itu, kamu juga bisa melakukan upaya pribadi dengan mengubah gaya hidup. Misalnya dengan mulai untuk rutin olahraga, bangun lebih pagi, menggeluti bidang kamu sukai, dan membangun hubungan dengan orang lain melalui berbagi.

Berbagi kepada orang lain dapat membuat ketenteraman dalam jiwa. Berbagi bisa dengan banyak hal, salah satunya melalui donasi di Wecare.id, platform yang aman digunakan untuk menyalurkan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Donasi sekarang dan temukan kebahagiaanmu, yuk download Aplikasinya

Klik Untuk Donasi - Miris! Seorang Ibu Tak Punya Biaya Persalinan Buah Hatinya!
Persalinan Normal
Halimah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,097,200
  2. Pencapaian 100.00%
  3. Donatur 22

Referensi:

Mayo Clinic. 08 Juni 2019. Mental Illness. mayoclinic.org

Think Health. 12 Mei 2021. 7 Signs of a Mental Health Condition. thinkhealth.priorityhealth.com