Gejala, Penyebab, dan Cara Menjaga Kesehatan Mental

Gejala, Penyebab, dan Cara Menjaga Kesehatan Mental

Emosi yang tidak stabil, perubahan suasana hati yang turun naik, hingga munculnya perasaan putus ada dapat menyebabkan kesehatan mental terganggu. Masalah kesehatan tersebut dapat timbul diakibatkan oleh masalah keluarga, tekanan pekerjaan, hingga lingkungan sosial yang toksik. Yuk, intip informasi seputar kesehatan jiwa, gejala, penyebab, dan cara menjaganya di artikel ini.

Klik Untuk Donasi - Dani Alami Kelainan pada Bentuk Kakinya Akibat Penyakit Blount!
Penyakit Blount
Dani Lizdiansyah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.170,000
  2. Pencapaian 7.04%
  3. Donatur 9

Daftar isi:

  1. 1. Pengertian Kesehatan Mental
  2. 2. Gejala Kesehatan Mental
  3. 3. Faktor Penyebab Gangguan pada Kesehatan Mental
  4. 4. Cara Menjaga Kesehatan Mental

Pengertian Kesehatan Mental

WHO (2018) mendefinisikan kesehatan mental sebagai keadaan baik seseorang di mana dia dapat mengenali kemampuannya sendiri, mengatasi tekanan hidup yang normal, bekerja secara produktif, dan mampu berkontribusi yang positif kepada komunitasnya. 

Ketika mental dalam kondisi sehat, perasaan bahagia dan berpikiran positif pun muncul. Sebaliknya, ketika kondisi mental tidak sehat, mental dapat terganggu dan mengakibatkan depresi. Tak jarang emosi menjadi sulit terkontrol dan mengarah pada tindakan menyakiti diri sendiri (self-harm).

Gejala Kesehatan Mental

Beberapa gejala di bawah ini biasanya mengawali kondisi ketika mental tidak sehat. Adapun gejala-gejalanya dapat dijelaskan sebagai berikut: 

  • Kemampuan konsentrasi yang hilang
  • Delusi dan halusinasi
  • Munculnya perasaan bersalah, takut, dan khawatir yang tinggi
  • Tidak dapat mengontrol emosi dan rentan melakukan kekerasan
  • Merasa tak berdaya atau putus asa
  • Suka berteriak atau mengajak ribut keluarga dan teman-teman
  • Menghindari diri dari orang-orang sekitar dengan tidak mengikuti berbagai kegiatan 
  • Suasana hati sering cepat berubah
  • Merasa lelah dan memiliki masalah tidur
  • Bekerja kurang fokus dan produktif
  • Tidak memiliki energi untuk melakukan apa pun
  • Kenaikan atau penurunan pada kebiasaan makan

Faktor Penyebab Gangguan pada Kesehatan Mental

Ketika gejala-gejala pada kesehatan mental muncul, pastinya disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut ini merupakan beberapa faktor penyebab terjadinya gangguan pada kesehatan jiwa.

1. Faktor sosial

Salah satu penyebab terjadinya gangguan pada mental disebabkan oleh faktor sosial. Penyebabnya pun bermacam-macam. Mulai dari perubahan lingkungan sosial yang cepat, tekanan pekerjaan yang berat, diskriminasi gender, pengasingan oleh masyarakat, gaya hidup yang tidak sehat, pelanggaran terhadap hak asasi manusia, hingga permasalahan yang terjadi dalam keluarga. 

2. Faktor psikologis

Faktor psikologi seseorang juga dapat memengaruhi kesehatan jiwa. Misalnya, trauma terhadap sesuatu, terjadinya pelecehan, kecelakaan, pertempuran militer, kekerasan, isolasi sosial, dan perundungan (bullying). 

3. Faktor biologis

Selain kedua faktor di atas, faktor biologis juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada mental. Misalnya, warisan genetik, cedera otak traumatik, epilepsi, dan ketidakseimbangan kimiawi pada otak.

Buruh Setrika Alami Tumor di Wajahnya, Yuk Ulurkan Tanganmu untuk Bantu Bu Nina!

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Ada masa di mana kondisi mental tidak dalam keadaan baik. Tekanan kerja hingga masalah keluarga sering mengakibatkan perubahan suasana hati yang cepat dan stres. Oleh karena itu, kita perlu menjaga mental atau jiwa kita agar selalu sehat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk terhindar dari masalah gangguan mental. 

  • Menciptakan lingkungan yang mendukung terjaganya kesehatan jiwa
  • Menghindari pergaulan yang membawa pada lingkungan toksik
  • Tetap aktif dengan menjaga kebugaran tubuh
  • Berpikiran positif
  • Memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan dengan cara bersedekah
  • Beristirahat dengan cukup
  • Mengonsumsi makanan yang bergizi
  • Memelihara hubungan baik dengan banyak orang
  • Meminta bantuan profesional ketika merasa memiliki gejala gangguan mental

Inilah informasi tentang kesehatan jiwa, gejala, penyebab, hingga cara menjaganya. Penyakit tidak hanya mengganggu kesehatan mental saja, tetapi juga dapat menggerogoti tubuh. 

Banyak dari saudara kita di seluruh Indonesia yang menderita berbagai penyakit berbahaya. Sekarang saatnya kita berbagi kebaikan dengan berdonasi. Pertolongan kita dapat membantu mengurangi penderitaan mereka. Mari kita bantu kesembuhan mereka dengan berdonasi melalui aplikasi atau situs web WeCare.id.

Yuk,  donasi bisa dilakukan sebesar Rp1.000 saja di WeCare.id. Jangan lupa, unduh aplikasinya di App Store atau Google Play , ya.
Kepedulian kita bersama memberikan secercah harapan bagi mereka.

Klik Untuk Donasi - Academics in Australia Supporting Indonesia's Covid-19 Response
  1. Terdanai Rp.20,400,000
  2. Pencapaian 18.55%
  3. Donatur 26

Referensi

who.int. (2018, 30 Maret). Mental health: strengthening our response. Diakses pada 24 Mei 2021, dari https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/mental-health-strengthening-our-response

Limbong, Sepriani Timurtini. (2021, 23 Maret). Cara Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Mental. Diakses pada 24 Mei 2021, dari https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3628033/cara-menjaga-dan-memperbaiki-kesehatan-mental

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *