Tips Cara Meningkatkan Semangat Kerja Agar Produktif

Tips Cara Meningkatkan Semangat Kerja Agar Produktif

Semangat kerja adalah kunci agar bisa terus produktif saat bekerja di kantor maupun di rumah. Mungkin jika kamu bekerja di rumah sendiri, tidak ada yang memperhatikan semangat bekerjamu. Namun kalau kamu bekerja di kantor ada supervisor yang akan menilai kinerjamu. Jika kinerja menurun, tentunya ini akan mempengaruhi penilaian mengenai etos kerjamu. 

Berjuang Bersama Anak-Anak Kanker Indonesia

Lalu bagaimana cara agar bisa meningkatkan kembali kinerja saat semangat sedang turun? Berikut ini tips untuk meningkatkan kembali semangat kerja yang dirangkum dari berbagai sumber. Simak, ya.

Belajar sesuatu yang baru

Apakah rutinitas harianmu mudah diprediksi? Apakah situasi ini membuat kamu menjadi bosan, menunda-nunda pekerjaan, dan menyerah? Situasi seperti ini dapat membuatmu tidak terkoneksi dengan pekerjaanmu dan membuat kamu jadi semakin menjauh dari tujuan kariermu. Salah satu cara untuk meningkatkan kembali semangat kerja yaitu keluar dari zona nyamanmu dengan mengambil peran baru. Mungkin bisa menawarkan membantu rekan kerja melakukan pekerjaan yang berbeda, atau mencurahkan waktu untuk mempelajari keterampilan baru yang menarik perhatianmu. Kamu bisa bertanya pada atasamu apakah ada peluang untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan diri.

Kamu perlu untuk selalu merasa tertantang di tempat kerja serta mendorong diri untuk mencoba sesuatu yang baru. Jika tidak, keterampilan dan pengetahuanmu mungkin mulai mandek sehingga bisa membuat atasanmu tidak memberikanmu tanggung jawab baru.

Temukan Inspirasi

Cobalah cari seseorang di tempat kerjamu yang kamu kagumi yang bisa menjadi mentor atau pembimbingmu walaupun secara informal. Cara untuk mendapatkan wawasan juga inspirasi yang baru adalah dengan belajar dari orang sukses. Memiliki panutan yang baik dapat membuat kamu menjadi fokus dan medorong dirimu untuk mencontoh mereka. Bisa juga menggunakan afirmasi positif jika kamu mengalami pikiran negatif yang berulang-ulang. Cara ini dapat membantu membuat penyesuaian positif pada hal yang ingin kamu ubah dalam hidupmu. 

Atur Ruang Kerja Senyaman Mungkin

Ruangan kerja bisa mempengaruhi semangat kerjamu. Jika kamu ingin bahagia di tempat kerja, kamu harus bahagia dengan ruang kerjamu, dan jika kamu saat ini harus WFH, itu berarti ruang kerja di rumah harus lebih menyenangkan. Kamu akan menghabiskan banyak waktu di ruang ini, jadi kamu harus merasa nyaman. 

Sebagai permulaan, pastikan ruang kerja terpisah dari bagian rumah yang lain. Kamu perlu memisahkan kehidupan kerjamu dari kehidupan rumah. Tentukan ruangan tertentu untuk digunakan hanya untuk bekerja atau pisahkan bagian ruangan dengan pintu atau tirai untuk memberikan privasi profesional bagi dirimu. Kemudian atur barang-barang di dalamnya. Pilih furnitur yang membuat kamu nyaman. Jika kamu bekerja di kantor, kamu bisa membuat sedikit perubahan pada pengaturan ruangamu. Tambahkan oil diffuser untuk memberikan aroma favoritmu. 

Rayakan Keberhasilan Sekecil Apapun

Hadiah, tidak peduli seberapa kecil, dapat membuat semua kerja kerasmu terasa berharga. Jadi ketika kamu berhasil mencapai tujuanmu, sekecil apapun, manjakan dirimu dengan secangkir kopi favoritmu atau makan siang di restoran favoritmu. Jika pekerjaan yang kamu kerjaan skalanya besar, mungkin kamu bisa memilih untuk berlibur agar semangat kerjamu meningkat kembali. Semakin kamu menghargai diri sendiri karena kemajuan yang dicapai dengan jujur, semakin kamu termotivasi untuk mencapai tujuan jangka panjangmu.

Temukan Teman di Tempat Kerja

Memilik sahabat di tempat kerja bisa membuat seorang pekerja bisa meningkatkan semangat kerja. Dengan memiliki teman untuk berbagi, pekerjaan akan terasa lebih ringan juga menyenangkan.  Tak hanya itu, memiliki teman dekat di tempat kerja juga bisa memberikan rasa kebersamaan, kepuasan kerja serta loyalitas. Saat kamu berhasil dalam pekerjaan, pasti kamu ingin merayakan keberhasilanmu dengan temanmu, kan?

Klik Untuk Donasi -


Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian nan%
  3. Donatur 0

Luangkan Waktu untuk Istirahat

Untuk menjaga produktivitas dan semangat kerja tetap tinggi penting untuk istirahat secara teratur.  Saat kamu mengambil cuti untuk berisirahat, berilah tanda di kalender atau tulis di status instant messenger atau memberi tahu tim bahwa kamu sedang libur sehingga tidak akan diganggu dengan pekerjaan. Ketika kamu mendapatkan istirahat yang cukup, maka kamu akan segar kembali dan produktivitas serta semangat kerjamu pun akan meningkat.

Olahraga

Berkomitmen untuk berolahraga 20 menit sehari dapat membantumu mengurangi stres, meningkatkan energi, dan menjaga kondisi mental yang baik. Lebih baik lagi, cobalah untuk berolahraga di tengah-tengah waktu kerjamu sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat jangka pendek dari aktivitas pendorong energi ini. Berolahraga sebelum bekerja untuk menambah energi atau setelah bekerja untuk menghilangkan stres mungkin juga cocok untukmu.

Itulah tips untuk meningkatkan kembali semangat kerja. Tips ini bisa kamu coba saat kamu merasa kehilangan motivasi atau merasa bosan. Mungkin kamu bisa mencoba berdonasi untuk membantu meningkatkan mood-mu sehingga semangatmu membaik. Kamu bisa meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Sedekah Beras dan Makanan Bergizi untuk Yatim Terlantar

Referensi

Maggie. (2013). 10 Ways to Boost Your Own Morale. Diambil kembali dari creativeincomeblog.com.

Miller, A. (2019). How to Improve Your Own Morale When Working From Home (and Why You Should). Diambil kembali dari calendar.com.

Quamila, A. (2016). 10 Tips Jitu Agar Tetap Semangat Kerja di Kantor. Diambil kembali dari hellosehat.com.Top 10 Personal Morale Boosters. (2017). Diambil kembali dari mindtools.com.

Sumber Featured Image : Freepik.com