Yuk Berbagi Kebaikan Dengan Sharing Happiness

Yuk Berbagi Kebaikan Dengan Sharing Happiness

Zain Hashmi mengatakan, “Happiness comes from helping others, by being with others, and by sharing, even if it’s only a smile.” Walaupun definisi bahagia berbeda-beda bagi tiap orang, tentu semua setuju dengan pernyataan Hashmi ini. Dengan membantu orang lain, berbagi dengan sesama walaupun itu hanya sebatas senyuman, seseorang bisa mendapatkan kebahagiaan. 

Klik Untuk Donasi - Mengidap Kanker Darah yang Mengancam Nyawanya, Adinda Butuh Pertolongamu Segera!
Leukemia Limfoblastik Akut (LLA)
Adinda Fauziah Rafifah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.522,600
  2. Pencapaian 1.14%
  3. Donatur 14

Berbagi mampu membuatmu bahagia. Bagaimana bisa? Supaya kamu tambah yakin bahwa sharing happiness mampu meningkatkan tingkat kebahagiaan dirimu sendiri, simak terus artikel ini.

Manfaat Membantu Sesama

Lebih Banyak Bersyukur

Ketika membantu orang lain, kamu akan melihat dan menyadari bahwa dirimu lebih mampu dibandingkan beberapa orang. Hal tersebut membuat kamu jadi semakin bersyukur. Sonja Lybomirsky dalam bukunya The Myth of Happiness menyebutkan bahwa rasa syukur membuat seseorang merasa lebih baik dan bahagia.

Lebih Dihargai dan Dihormati

Kalau kamu merasa kurang dihargai, mungkin itu salah satu tanda kamu kurang berbagi dengan orang-orang di sekitarmu. Dengan sharing happiness, orang akan lebih menghormati dan menyayangimu. Namun, tetaplah ikhlas dalam berbuat baik tanpa mengharapkan imbalan apapun ya.

Membuatmu Merasa Lebih Baik

Bukan hanya membuat orang yang dibantu merasa lebih baik, sharing happiness bisa membuat dirimu sendiri merasa jauh lebih baik. Founding Director of The Center for Neuroeconomics Studies dari Claremont Graduate University, Paul Zak mengutarakan ketika kamu sedang berbagi kebaikan, tubuh melepaskan hormon oksitoksin yang mampu mengurangi stres.

Membangun Persaudaraan

Dengan saling membantu tanpa memandang ras, suku, dan agama, kamu akan semakin tahu bahwa kita tidak bisa hidup di dunia ini sendiri tanpa pertolongan orang lain. Pada akhirnya, saling menolong akan menumbuhkan rasa persaudaraan antar sesama. 

Wujudkan Pendidikan yang Layak

Tubuh Semakin Sehat

Berbagi membuat kamu semakin bahagia. Dan perasaan bahagia tadi mampu membuat organ tubuh bagian dalam bekerja lebih baik dan imunitas meningkat. Hal ini dikarenakan pada saat merasa bahagia, otak dengan mudah memanifestasikan energi positif ke seluruh tubuh.

Platform Berbagi Kebaikan

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berbagi kebaikan. Mulai dari membantu saudara atau teman di sekitar yang mengalami kesulitan, hingga melalui berbagai yayasan amal. Nah berikut ini adalah situs penggalangan dana di mana kamu bisa berdonasi dan menentukan sendiri kampanye atau individu yang hendak kamu bantu.

WeCare.id

WeCare.id merupakan platform penggalangan dana untuk pasien-pasien yang mengalami kesulitan finansial, tinggal di daerah yang masih terpencil, dan tidak memiliki fasilitas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). 

Melalui WeCare, banyak dokter di berbagai rumah sakit secara tidak langsung akan mempertemukan pasien yang membutuhkan dana tadi dengan para calon donatur. Setelah menentukan kepada pasien mana kamu mendonasikan dana, pasien akan mendapat pengobatan yang mereka butuhkan dan fasilitas kesehatan yang lebih mendukung.

Selain membantu pasien rumah sakit, melalui WeCare kamu juga bisa berdonasi untuk non pasien, seperti membayar zakat, sedekah, hingga donasi rutin Sehati.

SharingHappiness.org

Sama halnya dengan WeCare.id, Sharing Happiness juga merupakan situs donasi dan penggalangan dana untuk berbagai kegiatan mulai dari bantuan ke personal hingga organisasi. Program-program yang ada di Sharing Happiness mulai dari galang dana, zakat, hingga berbagai kampanye kemanusiaan.

Kampanye yang diadakan juga sangat beragam, seperti renovasi gubuk lansia tidak mampu, pengobatan pasien, pembangunan masjid, dan pemberian modal usaha untuk penyandang disabilitas. 

Nah, supaya kamu tahu bahwa berbagi kebaikan, akan secara langsung memberikan kebaikan dan kebahagiaan buat diri kamu sendiri, yuk sisihkan uangmu sekarang. Kunjungi WeCare.id, Sharing Happiness atau platform donasi lainnya.

Klik Untuk Donasi - Beasiswa Pendidikan yang Putus Sekolah
  1. Terdanai Rp.140,000
  2. Pencapaian 0.28%
  3. Donatur 11

 

Kamu juga bisa mengunduh WeCare.id di PlayStore secara gratis. Ada banyak orang menunggu uluran tangan kamu. Jadi, jangan tunda lagi dan berikan sedekah terbaikmu. 

Referensi:

Neneng Asaniyah. 31 Juli 2021. Manfaat Saling Tolong-Menolong Antar Sesama. Direktorat Pendidikan dan Pembinaan Agama Islam. https://dppai.uii.ac.id/

Pelangi Karismakristi. 23 Juni 2017. 5 Manfaat Berbagi yang Tak Banyak Diketahui Orang. Medcom.id

Sharinghappiness.org. Tentang Kami. https://sharinghappiness.org/ 

Zurich.co.i.d. 14 Oktober 2019. Selain Disukai Banyak Orang, Ini 5 Manfaat Lainnya Berbuat Baik yang Perlu Diketahui