5 Tips Mengurangi Insecure dengan Bersyukur

5 Tips Mengurangi Insecure dengan Bersyukur

Tiap orang pasti pernah merasa insecure yaitu perasaan tidak aman sehingga orang menjadi merasa takut, cemas juga tidak percaya diri. Perasaan insecure itu  normal karenanya merasa insecure itu tidak apa-apa hingga batas tertentu. Namun terkadang, perasaan insecure membuat orang jadi iri dan cemburu pada orang lain, bahkan keluarga atau orang yang dicintai. Dengan berjalannya waktu kecemburuan ini bisa berubah jadi kebencian yang tak beralasan. Namun penelitian terbaru membuktikan bersyukur dapat membantu mengatasi insecure. Kurangi Insecure dengan bersyukur.

Belajar Bersyukur untuk Membantu Mengatasi Insecure

5 Tips Mengurangi Insecure dengan Bersyukur | WeCare.id

Bersyukur merupakan salah satu strategi yang kuat yang bisa membantu meminimalkan stres dalam hidup.  Apa itu rasa syukur? Menurut Psychology Today (“Gratitude”, 2009) rasa syukur adalah “emosi yang mengekspresikan penghargaan atas apa yang dimiliki”.  

Sebuah penelitian terbaru tentang hubungan antara rasa syukur dan kecemasan kematian (Cheng, 2011) hasilnya menunjukkan bahwa peserta kelompok pertama yang menulis catatan syukur menunjukkan gejala kecemasan kematian yang lebih sedikit dibandingkan dengan dua kelompok lainnya. Hasil pemeriksaan ulang menunjukkan bahwa dengan sikap bersyukur dalam hidup, orang memperoleh penerimaan dan menjadi tidak takut akan masa depan.

Lalu, apa yang harus dilakukan supaya bisa lebih bersyukur dan mengurangi perasaan insecure? Berikut ini tips untuk membantu mengatasi perasaan insecure dengan cara bersyukur yang dirangkum dari beberapa sumber.

Klik Untuk Donasi - Tingkatkan Gizi dan Imunisasi Anak Panti Asuhan di Ende dan Sumba
  1. Terdanai Rp.9,594,497
  2. Pencapaian 16.69%
  3. Donatur 117

1. Hargai Diri Sendiri

Cobalah untuk berdiri di depan cermin kemudian ucapkan lima hal baik tentang diri sendiri. Bisa tentang pencapaian masa lalu atau usaha yang sedang dilakukan saat ini, bakat dan kebajikan yang dilakukan. Ucapkan dengan lantang. Puji diri sendiri dengan kata-kata seperti cantik, setia, disiplin, baik hati, penuh kasih, dan lain-lain. Perhatikan, apakah kata-kata itu berdampak pada diri dan membuat diri merasa lebih baik? Aktivitas ini bisa dilakukan berulang-ulang sesering yang diinginkan.

2. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri

Insecure sering kali muncul saat seseorang membandingkan dirinya dengan orang lain. Kamu harus belajar untuk  menerima bahwa orang lain berhasil karena disiplin, etos kerja, atau tak pernah melakukan apapun tapi hal itu ditakdirkan menjadi milik mereka.

Jalan hidup kamu berbeda dengan orang lain sehingga tak ada gunanya untuk menangisi apa yang menjadi milik orang lain. Hal yang terbaik untuk dilakukan adalah membandingkan kamu saat ini dengan kamu di masa lalu. Itulah cara agar kamu bisa maju dalam hidup.  

3. Jangan Ragu untuk Bahagia

Jika kamu merasa bahagia, rasakanlah dan jangan menghindarinya. Ingatkan diri sendiri bahwa kamu sudah bekerja keras untuk mencapai yang diperoleh sekarang dan kamu berhak untuk mendapatkannya. Bergembiralah untuk setiap pencapaian baik kecil atau besar kemudian bersyukurlah untuk saat ini. Dengan menerima kebahagiaan, kamu akan lebih bersyukur atas apa yang dimiliki.  

4. Berkumpulah dengan Orang-Orang yang Suportif

Berada bersama orang-orang yang mau menerima dan memahami kamu  dapat membantu mengurangi insecure karena mereka akan mengingatkan kamu tentang apa yang baik dan unik tentang kamu. Mereka ini adalah suara kebenaran dan kamu membutuhkan sebanyak mungkin suara kebenaran tersebut.

5. Bersyukur

Jika kamu  sangat ingin membandingkan diri dengan orang lain, bandingkanlah dengan seseorang yang berada di bawah kamu. Jangan pernah merasa sombong atau berhak atas apapun, kamu harus merasa bersyukur atas segala sesuatu yang telah diberikan pada diri kamu.

Klik Untuk Donasi - Sehat Bersama Indonesia Sanus Volunteers
  1. Terdanai Rp.592,690
  2. Pencapaian 0.56%
  3. Donatur 2

Selalu bersyukur agar kita dapat semakin tenang dan berkembang menjadi pribadi yang berkecukupan. Sebagai salah satu bentuk bersyukur, mari kita sisihkan sebagian dari kepunyaan yang diberi kepada kita untuk membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Borchard, T. J. (2018). 5 Things to Do When You Feel Insecure. Psychcentral.
M.P.H., N. K. (2020). Gratitude Helps Minimize Feelings of Stress. Pschology today.
Madhuleena Roy Chowdhury, B. (2020). The Neuroscience of Gratitude and How It Affects Anxiety & Grief. Positive psychology.
Ways to Overcome your Insecurities. (2019). Make me better.