5 Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

5 Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Bagi sebagian orang, bekerja adalah bagian dari hidup mereka. Terutama bagi para workaholic. Dengan bekerja, kamu mendapatkan penghasilan dan dapat menjalin relasi dengan rekan kerja. Sebab banyak orang yang tak menyadari bahwa selain kesehatan fisik, kita juga harus menjaga kesehatan mental saat berada di tempat kerja. 

Klik Untuk Donasi - Tidak dibiayai sang Ayah, Rafasha Menunggak Biaya Operasi, Bantuanmu Sangat diharapkan!
Abses Otak
Muhamad Rafasha
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.8,190,100
  2. Pencapaian 15.83%
  3. Donatur 147

Penyebab terganggunya kesehatan mental di tempat kerja

Stress akibat pekerjaan mungkin cukup umum terjadi, namun apabila dibiarkan terus menerus maka akan menyebabkan terganggunya kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi. Munculnya perasaan stress ini tak hanya dapat menurunkan produktivitas seseorang, namun juga dapat menciptakan emosi negatif bagi orang-orang di sekitarnya. Apa saja penyebab terganggunya kesehatan mental yang terjadi di tempat kerja?

1. Beban pekerjaan yang terlalu berat

Banyaknya beban pekerjaan dan tenggat waktu yang minim, tentu saja membuat kewalahan. Bila dibiarkan berkelanjutan, maka dapat menyebabkan stress. Untuk mengatasi hal in, kamu dapat menyortir kembali pekerjaanmu dan menyusunnya berdasarkan skala prioritas. 

2. Masalah dengan atasan

Atasan yang selalu memberi tuntutan dan tekanan kerja yang berlebihan, serta tak memberikan apresiasi kepada karyawannya dapat membuat kita merasa tak dihargai memang terbukti dapat menimbulkan stress di tempat kerja.

3. Masalah dengan rekan kerja

Tak semua rekan kerja cocok memiliki sifat yang cocok dengan kita. Ketidakcocokan inilah yang dapat menyebabkan permasalahan dengan rekan kerja hingga mempengaruhi performa pekerjaan.

4. Masalah personal

Masalah personal seperti masalah dengan keluarga, teman, atau pasangan juga dapat memicu stress saat di tempat kerja. Hal ini dapat membuat produktivitas menjadi terhambat.

Sebenarnya, stress di tempat kerja cukup umum terjadi, tetapi kita harus paham cara menanganinya agar tidak menyebabkan stress yang berkepanjangan. Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja.

Tips menjaga kesehatan mental di tempat kerja

1. Seimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi

Tips yang pertama untuk menjaga kesehatan mental adalah work life balance, atau keseimbangan antara pekerjaan kantor dan kehidupan pribadi. Caranya adalah dengan menghindari bekerja yang berlebihan dan mulai melakukan hal yang disukai untuk mengurangi stress usai bekerja.

2. Kelola stress

Kelola stress dengan cara mengubah pola hidupmu menjadi lebih baik, seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, rutin berolahraga, serta memiliki waktu yang cukup untuk istirahat. Hal ini berguna untuk membangun kekuatan mental serta menjaga kesehatan mental di tempat kerja.

Seorang Petani Mengidap Kanker Ganas di Lehernya, Bantuanmu Sangat Diharapkan!

3. Bicarakan dengan atasan

Apabila beban pekerjaan serta tekanan pekerjaan yang sudah melampaui batasmu, maka segera bicarakan dengan atasan atau HRD secara profesional. Berikan alasan yang kuat mengapa pekerjaan tersebut mulai memberatkanmu dan tawarkan solusinya. 

4. Ambil cuti

Tak ada salahnya untuk mengambil cuti dan istirahat sejenak dari kesibukan pekerjaan, dibandingkan bila kesehatan mentalmu terganggu dan berujung burnout. Tak perlu liburan jauh-jauh, kamu dapat staycation atau menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat.

5. Cari pekerjaan lain

Apabila kamu telah berusaha untuk menjaga kesehatan mental namun lingkungan kerja yang tidak mendukung dan beban kerja yang berlebihan meski telah dibicarakan dengan atasan, maka opsi terakhir adalah mencari pekerjaan di tempat yang baru. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja. Stress yang berkepanjangan di tempat kerja tak hanya dapat menurunkan produktivitas, namun juga berpengaruh terhadap kondisi tubuhmu. Untuk membuatmu tetap bahagia meski dengan hal kecil sekalipun, misalnya dengan membantu pasien tidak mampu untuk berobat. Donasi darimu tentu akan sangat berarti untuk mereka. Caranya mudah, kamu dapat mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk kemudahan berdonasi di mana pun dan kapan pun.

Klik Untuk Donasi - Tertabrak mobil saat hendak pergi bekerja, Pak Tukiman Alami Penyempitan Tulang Belakang
Stenosis Cervical
Tukiman
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,160,500
  2. Pencapaian 8.04%
  3. Donatur 30

Referensi:

  • CMPH UGM. (2020). Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja. Diakses pada 7 Desember 2021, dari https://cpmh.psikologi.ugm.ac.id/2020/09/28/menjaga-kesehatan-mental-di-lingkungan-kerja/
  • Halodoc.com. (2021). Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja? Diakses pada 7 Desember 2021, dari https://www.halodoc.com/artikel/bagaimana-cara-menjaga-kesehatan-mental-di-lingkungan-kerja 
  • Halodoc.com. (2021). Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Bekerja. Diakses pada 7 Desember 2021, dari https://www.halodoc.com/artikel/begini-cara-menjaga-kesehatan-mental-saat-bekerja 
  • Kumparan.com. (2017). 6 Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja. Diakses pada 7 Desember 2021, dari https://kumparan.com/jobplanet-indonesia/6-tips-menjaga-kesehatan-mental-di-tempat-kerja-1GpQPd